Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Depok Parangtritis: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Terbaru

Pantai Depok Parangtritis

Pantai Depok Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Depok Parangtritis - Yogyakarta merupakan daerah yang menyimpan banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata alam yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika sedang berada di Yogyakarta. Salah satu wisata pantai yang cukup terkenal di jogja yaitu Pantai Depok Parangtritis.

Pantai Depok Jogja merupakan salah satu pantai yang memiliki jenis pasir hitam. Pantai ini berjarak kurang lebih 1 jam ddari Yogyakarta. Walapun memiliki pasir hitam, namun pesona yang ditawarkan pantai ini tidak kalah bagus dengan wisata alam jogja lainya.

Pantai Depok Parangtritis: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Terbaru
Gambar Pantai Depok Jogjakarta (Source Image: Instagram)

Pantai Depok Parangtritis sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati kuliner khusunya kuliner seafood. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat membeli secara langsung hasil tangkapan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Oleh sebab itu, wisata ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan wisata sekaligus kuliner.

Baca Juga: Pantai Baru Bantul, Pemandangan Kincir Angin Raksasa

Sejarah Pantai Depok

Pantai Depok Bantul dahulu hanyalah pantai biasa yang tidak sepopuler seperti sekarang ini. Dahulu awal penemuan pantai ini berawal dari seorang nelayan dari Cilacap yang sengaja menemukan tempat berlabuh. Kemudian para nelayan tersebut menawarkan hasil tangkapan laut kepada masyarakat sekitar pantai depok bantul jogja.

Seiring berkembangnya zaman, para penduduk sekitar mulai beralih profesi yang dulunya merupakan petani berubah menjadi nelayan. Seiring berkembanya waktu dibangunlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Depok

Wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir karena lokasinya sangat mudah ditemukan menggunakan goggle maps. Akses jalanya juga sudah sangat mendukung berupa jalan yang sudah beraspal halus.

Alamat Pantai Depok berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Depok

Wisatawan yang sedang berada dipusat kota jogja seperti malioboro, nol kilometer dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi pantai.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Parangtritis lalu ke selatan kemudian lurus hingga melewati jalan yang cukup panjang. Setelah itu anda kan dikenakan biaya retribusi Pantai Parangtritis. Sebelum memasuki pos retribusi tersebut anda belok ke kanan dan akan menjumpai papan selamat datang, ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di lokasi.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga ke objek wisata sekitar 28 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 50 menit dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Baca Juga: Pantai Samas Jogja, Pesona Laguna yang Mempesona

Harga Tiket Masuk Pantai Depok

Bagi wisatawan yang akan memasuki objek wisata pantai bantul ini tidak perlu khawait karena harga tiketnya masih terjangkau. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. 

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Faslitas Pantai Depok Parangtritis

Berbicara mengenai fasilitas, pihak pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Berabagai wahana pun juga sudah disediakan untuk menunjang para wisatawan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Spot foto
  • ATV
  • Wahana bermain

Daya Tarik Pantai Depok

Sejarah Pantai

Pantai Depok Parangtritis memiliki sejarah yang cukup menarik untuk disimak. Berawal dari kerajaan Majapahit yang mengalami kekalahan yang membuat para prajuritnya mulai mendirikan beberapa perguruan yang kemudian diberi nama Depok.

Kemudian tempat ini menjadi keturunan mereka yang bernama Aris Baya. Tidak lama setelah itu, wilayah ini menjadi perebutan oleh beberapa prajurit. Akibat dari perebutan tersebut tempat ini dibagi menjadi dua wilayah yaitu 24 ruah depok dan 25 grogol. Kemudian terciptalah pantai ini.

Keindahan Pantai Depok

Tidak hanya terkenal dengan tempat pelelanganya saja, pantai ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan yang sedang berlibur ke jogja. Terdapat berbagai kuliner yang bisa anda coba mulai dari kuliner laut seperti ikan, udang, kepiting dan berbagai kuliner laut lainya.

Anda dapat menikmati hidangan seafood di warung-warung sekitar pantai yang bernuansa khas jogja. Tersedia juga berabgai olahan maknan seperti ikan bakar, ayam bakar dan menu-menu lainya.

Semua olahan makanan di jamin segar, karena kondisi ikanya masih fresh langsung dari tangkapan nelayan. Bersantai sambil menikmati keindahan laut tentu menjadi liburan yang sangat seru.

Landasan Pacu

Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, pantai depok bantul memiliki landasan pacu dengan panjang 500 meter. Biasaya mereka memanfaatkan tempat ini menjadi salah satu spot foto yang instagramable.

Pemandangan sunset dari landasan pacu menjadi alasan utamanya karena jarak didapatkan di tempat yang lain.

Penginapan Pantai Depok

Wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai depok tidak perlu khawatir karena disekitar pantai memiliki banyak penginapan dengan harga murah sebesar Rp100.000 per malam.

Wisata Dekat Pantai Depok

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan sebuah hamparan pasir yang terbentuk secara alami dengan jangka waktu yang cukup lama. Uniknya lagi, gumuk pasir tersebut hanya terdapat dua didunia yaitu di Yogyakarta dan Mexico.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan fenomena alam yang cukup banyak memikat para wisatawan. Bagimana tidak, karena anda seolah-olah sedang berada di hamparan pasir seperti di timur tengah.

Harga tiket masuk gumuk pasir parangkusumo sebesar Rp5.000 per orang dan beralamat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi ketika musim liburan, pengunjungnya bisa menyentuk 95 ribu orang perharinya.

Sepanjang pantai parangtritis bantul wisatawan dapat mencoba berabagai wahan seperti kolam renang, pemandian air hangat, penyewaan payung, wahan atv, motor trail dan satu lagi yaitu berkeliling pantai menggunakan delman.

Harga tiket masuk pantai parangtritis sebesar Rp10.000 per orang sedangkan alamat pantai parangtritis berada di Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Pantai Baru

Pantai Baru Bantul merupakan pantai yang paling muda di jogjakarta, wisata ini diresmikan pada tahun 2010 lalu. Dahulu pantai ini hanya dikunjungi oleh beberapa wisatawan dan para nelayan. Terdapat inisifatif dari nelayan untuk memanfaatkan pantai ini mennjadi sumber penghasilan.

Hal uniklainya yang akan anda jumpai adalah keberadaan Kincir Angin PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid) merupakan tenaga surya dan angin yang berada di pinggir jalan sebelum memasuki pantai.

Harga tiket masuk pantai baru sebesar Rp4.000 per orang, alamat pantai baru berada di Puncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

Pantai Baros

Pantai Baros merupakan pantai yang berada di tepian sungai opak. Pantai ini menawarkan keindahan laut sekaligus hutan mangrove baros. Hutan mangrove ini menjadi kawasan ekowisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Harga tiket masuk pantai baros sebesar Rp10.000 per orang dan alamat pantai baros berada di Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata Pantai Depok Parangtritis. Bagi anda yang ingin suasana baru bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul selanjutnya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.