Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punthuk Setumbu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 2021

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu Harga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000 Jam Buka: 04.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Borobudur Ngadiharjo KM 4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Indonesia, 56553.

Punthuk Setumbu - Magelang merupakan kota yang terkenal dengan julukan sebagai kota bunga. Berbicara magelang tentu identik dengan Candi Borobudur yang termasuk dalam salah satu 7 keajaiban dunia. Tak jauh dari candi terdapat salah satu wisata yang menyuguhkan pemandangan dari perbukitan yaitu Puntuk Setumbu.

Punthuk Setumbu merupakan perbukitan yang berada di pegunungan menoreh. Bukit tersebut memiliki ketinggian 1.300 mdpl, dari bukit ini wisatawan dapat melihat pemandangan candi borobudur dengan jelas.

Punthuk Tumbu dahulu merupakan perbukitan biasa yang digunakan sebagai lahan bertani. Namun, setelah beberapa fotografer mengunjunginya, tempat ini mulai viral di media sosial. Atas kejadian tersebut banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.

Punthuk Setumbu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 2021
Pnthuk Setumbu Jogja (Image Source: Instagram)

Pengunjung yang akan merasakan udara khas perbukitan yang segar harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 15 menit. Setibanya di puncak bukit, anda akan disambut dengan kemegahan Candi Borobudur yang diselimuti dengan kabut tipis saat pagi hari.

Baca Juga: Hutan Pinus Kragilan Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 2021

Lokasi Punthuk Setumbu

Alamat Punthuk Setumbu berada di Jl Borobudur Ngadiharjo KM 4, Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata ini lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur.

Akses jalan menuju objek wisata juga sudah sangat mendukung dan lokasinya mudah ditemukan. Namun, bagi anda yang kebingungan dapat menggunakan bantuan Goggle Maps.

Rute Menuju Punthuk Setumbu

Wisatawan dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke objek wisata. Pertama, jika anda berasal dari jogja arahkan kendaraan anda menuju Candi Borobudur. Setelah itu ambil jalan menuju ke arah Hotel Manohara.

Tak jauh dari Hotel Manohara terdapat papan penunjuk arah menuju lokasi wisata, ikuti saja papan tersebut hinngaa memasuki perkampungan milik warga. Anda juga dapat bertanya langsung kepada warga setempat untuk menunjukan arah menuju tempat wisata.

Setibanya di tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak selama 15 menit.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Pengunjung yang akan memasuki wisata magelang punthuk setumbu jogja akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang dan Rp25.000 untuk wisatawan asing.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Punthuk Setumbu

Pihak pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas yang sangat lengkap. Oleh sebab itu, anda tidak perlu khawatir lagi. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Mushola
  • Gardu Pandang
  • Spot foto
  • Penginapan
  • Camping ground
  • Warung makan

Jam Buka Punthuk Setumbu

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari senin sampai minggu. Sedangkan jam bukanya mulai dari pukul 4 pagi sampai jam 5 sore.

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Pemandangan Candi Borobudur

Punthuk Setumbu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 2021
Pemandangan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu (Image: Instagram)
Setelah melakukan pemandakian menuju puncak bukit, wisatawan akan disambut dengan kemegahan Candi Borobudr. Saat pagi hari suasana akan lebih syahdu karena candi akan diselimuti dengan kabut tipis.

Perpaduan kabut tipis dan sinar matahari pagi membuat foto akan semakin indah. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa kamera atau smartphone ketika mengunjungi objek wisata magelang yang satu ini.

Sejuknya Udara Perbukitan

Berada di perbukitan dengan ketinggian 1.300 mdpl membuat Punthuk Setumbu Magelang memiliki udara yang sejuk. Wisatawan dapat menikmati keasrian alam yang sangat syahdu. Saat pagi hari nuansa pedesaan sangat terasa dengan ditemani suara burung dan serangga liar yang menambah kesan alami.

Camping Ground

Bagi anda yang memiliki waktu luang, objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk menghabiskan waktu dengan camping. Disini juga sudah disedikan tempat untuk camping yang sudah diatur dengan bagus. Bahkan lokasinya memiliki pemandangan matahari terbit atau sunrise yang sangat indah.

Pemandagan Sunrise

Wisatawan yang akan mendapatkan sunrise bisa datang lebih awal sebelum pukul 5 pagi. Biasanya saat mendekati waktu sunrise, objek wisata ini selalu di padati oleh wisatawan yang ingin berofoto. Oleh sebab itu, tak heran jika punthuk setumbu menjadi salah satu wisata terbaik untuk menikmati sunrise di magelang.

Wisata Dekat Punthuk Setumbu

Bukit Rhema Gereja Ayam

Gereja Ayam Bukit Rhema merupakan salah satu tempat yang digunakan suting film AADDC 2. Banyak wisatawan yang menyebut bahwa tempat ini berbentuk ayam, namun aslinya berbentuk burung merpati yang memiliki mahkota.

Bukit Barede

Bukit Barede merupakan salah satu bukit di magelang yang mengusung konsep garu pandangan. Setibanya di objek wisata, wisatawan dapat melihat pemandangan pegunungan dengan latar belakang gunung merapi.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata punthuk setumbu jogja. Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata magelang selanjutnya bisa mencari refrensi di website kami. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.