Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs Warungboto Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk Terbaru

Situs Warungboto Jogja

Situs Warungboto Jogja Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55164.

Situng Warungboto - Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Kota yang terkenal dengan julukan kota budaya ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Salah satu wisata peninggalan sejarah yang cukup terkenal yaitu Situs Warungboto

Situs Warung Boto merupakan salah satu bangunan pesangrahan milik keraton yogyakarta. Sekarang, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisatawan karena memiliki spot foto yang instagramable.

Situs Warungboto Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk Terbaru
Situs Warungboto Taman Sari (Image Source: Instagram)

Sejarah Situs Warungboto

Keberadaan tempat peninggalan bersejarah yang berada di yogyakarta memang tidak dipisahkan dari Keraton Yogyakarta. Adanya Perjanjian Giyanti pada tanggal 13 Februari 1755 membuat kerajaan mataram terbagi menjadi dua bagian yaitu Kasunanan Surakarta yang dipimpon oleh Sunan Paku Buwana III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi yang biasa dikenal dengan Sultan Hamengku Buwana Senapai-Ing-Ngalaga Abudaraahman Sayidin Panatagama Khalifatullah..

Tak lama setelah perjanjian giyanti ditetapkan kemudian Sultan Hamengkubuwana I membangun kerajaan Kraton Yogyakarta dengan berbagai sarana untuk mendukung eksittensi kerajaan meliputi Pesanggrahan (Taman), Banteng (Cepuri) dan Baluwarti.

Di lansir dari sumber Tidhchriff voor Nederlandsch Indie yang ditulis oleh J.F. Walrofen van Nest tahun 1884 bahwa pesengrahaan Rejowinangun dibangun pada tahun 1711.

Di dalam pesangrahan tersebut terdapat sumber air yang membuat tempat tersebut menjadi tempat peristirahatan sekaligus pemandian bagi para keluarga kerajaan. (Sumber: kebudayaan.kemdikbud.co.id)

Baca Juga: The Lost World Castle Tiket, Spot Foto, Lokasi & Rute Terbaru 2021

Lokasi Situs Warungboto

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata sejarah yang satu ini dapat menemukan lokasinya dengan mudah karena lokasinya berada di pusat kota jogja.

Alamat Situs Warungboto berada di Jalan Veteran No 77, Warungbroto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Jogja, Yogyakarta.

Rute Menuju Situs Warungboto

Bagi anda yang sedang berada dipusat kota jogja seperti malioboro dan nol kilometer dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi wisata situs warungboto.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Mirota Galarey kemudian ambil arah ke kiri menuju Jl Suryamatjan dan lanjutkan perjalanan menuju Jl Juminahan.

Dari Jl Juminahan arahkan kendaraan anda hingga menemukan perempatan, lalu lurus hingga melewati Jl Bausuran kemudian lanjutkan perjalanan hingga menuju Jl Gayan dan Jl Bung Tarjo. Setibanya di depan SMK Negeri 5 Yogyakarta, ambil arah ke kanan menuju Jl Kenari.

Perjalanan dilanjutkan dengan menuju Jl Veteran lurus hingga melewati Kebun Binatang Gembira Loka Zoo kemudian ambil arah umbulharjo hingga menemukan Gang Umbul, Objek wisata berada di kiri jalan.

Baca Juga: Museum Ullen Sentalu : Sejarah, Harga Tiket Masuk, Dan Lokasi 2021

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Jogja

Wisatawan yang ingin mendapatkan foto yang instagramable tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, sebab untuk memasuki situs warungboto jogjga wisatawan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Situs Warungboto Jogja

Berbicara tentang fasilitas, objek ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola wisata sudah membangun beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Spot foto

Daya Tarik Situs Warunboto

Keindahan Arsitekture Bangunan

Situs Warungboto Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk Terbaru
Situs Warungboto Taman Sari (Image Source: Instagram)
Situs Warungboto Jogja merupakan tempat bersejarah yang sudah di renovasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) pada tahun 2016 lalu. Pesangrahan ini memang sengaja dibuat untuk keluarga kerajaan keraton yogyakarta dahulu kala, dimana didalamnya terdapat taman dan tempat pemandian.

Saat pertama kali ditemukan, taman ini berupa puing-puing yang sudah hancur dan sudah tidak tertata. Kemudian dilakukan pemebersihan dan penataan ulang agar bisa digunakan seperti sedia kala.

Saat ini Situs Warungboto jogja menjadi salah satu tempat tujuan favorit wisatawan untuk mendapatkan foto yang Instagramable, tak tangung-tangung putri bapak Presiden Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu pernah menjadikan tempat ini untuk foto pre-wedding.

Keunikan Situs Warungboto

Dahulu tempat pesangrahan ini sengaja sebagai tempat beristirahat dan bersantai keluarga keraton mataram yogyakarta, Karena difungsikan sebagai tempat peristirahan, tempat ini memang sengaja dibangun dengan konsep seperti taman. Oleh karena itu, didalamnya terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti taman, seharam, kolan, hingga kebun.

Situs Warungboto ini dibangun disebelah timur Sungai Gajah Wong. Disektiaran komplek terdapat pagar yang menegelilingi pesangrahan ini. Disebelah barat terdapat bangunan yang difungsikan sebagai kamar, halam, dan kolam pemandian. Dimana kolam pemandian tersebut memiliki ukuran berdiameter 4,5 meter dan terdapat pancuran air ditengahnya.

Sedangkan untuk kolam pertama memiliki bentuk lingkaran dan yang kedua berbentuk bujur sangakar.

Spot Foto Instagramable

Hal yang menjadi tujuan utama para wisatawan adalah tempat bersejarah ini memiliki spot foto yang Instagramable. Berofoto untuk mengisi jejaring sosial media hingga foto pre-wedding sangat cocok dilakukan ditempat ini.

Spot utama terdapat pada taman yang dikelilingi oleh bangunan kamar. Jika anda berfoto ditengah-tengah bangunan tersebut, tentu akan mendapatkan hasil foto yang sangat indah serta arsitetik.

Wisata Dekat Situs Warungboto

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu bangunan bersejarah milik keraton yogyakarta yang sudah difungsikan menjadi salah satu destinasi wisata di yogyakarta. Bangunan ini dulunya merupakan tempat kegiatan keraton jogja dulu kala.

Harga tiket masuk taman sari yogyakarta sebesar Rp5.000-Rp15.000 per orang.

Museum De Mata

Museum De Arca merupakan salah satu museum pertama yang berada di Indonesia. Museum ini merupakan museum patung yang menyuguhkan berbagai jenis patung dengan tokoh yang berbeda-beda. Patung-patung tersebut dibuat oleh seorang seniman yang bernama Dunadi.

Harga tiket masuk Museum De Mata sekitar Rp15.000-Rp25.000 per orang.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo merupakan wisata kebun binatang yang berada di jogja. Wisata ini selalu ramai setiap harinya. Pengunjung bisa melihat dan berintraski langsung dengan berabgai macam satwa. Pada tahun 2019, kebun binatang ini menambah wahan baru yang bernama Zona Cakar.

Harga tiket masuk gembira loka zoo sebesar Rp60.000 - Rp75.000 per orang.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat tinggal sultan yogyakarta. Kompleks ini memiliki benda-benda bersejarah peninggalan dulu koleksi milik kasultanan

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata situs warungboto yogyakarta. Bagi anda yang ingin menikmati susana wisata baru bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di jogja selanjutnya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.