Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

60 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Terhits 2021

Tempat Wisata di Bantul Terbaru

Tempat Wisata di Bantul - Bantul memang banyak memiliki destinasi wisata yang bagus untuk di kunjungi saat berada di jogja, berbicara tentang wisata kali ini admin yanacircle.com akan membahas seputar tempat wisata yang berada di kulon progo.

Objek wisata di Bantul terbaru memang sangat lengkap, wisatawan dapat memilih wisata mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan, wisata air terjun sampai dengan wisata sejarah, semua sudah tersedia dalam rangkuman disini. berikut di bawah adalah tempat wisata Bantul favorit pada  tahun 2021:

1.Kebun Buah Mangunan

Spot Foto Kebun Buah Mangunan, Dlingo (Picture Ig / kebun_buahmangunan)

Wisata Kebun Buah Mangunan ini berada di kawasan wisata mangunan yang sangat terkenal. pengunjung dapat menikmati berbagai wisata alam yang menarik, kebun ini berada di ketinggian 200 mdpl.

Taman buah mangunan sendiri merupakan wisata yang di bangun oleh pemerintah kabupaten bantul pada tahun 2003 silam. Dahulu wilayah ini hanyalah perkebunan buah biasa yang menjadi suplier berbagai buah seperti mangga, rambutan, jambu air, jambu biji dan berbagai buah lainya.

Lokasi Kebun Buah Mangunan berada di Jl Imogiri - Dlinggo, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

2.Puncak Becici

Puncak Becici Bantul (Picture Ig / afiyahhasna0811)

Salah satu wisata alam yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke jogja adalah Puncak Becici. Puncak ini berada di atas lahan seluas 4,4 hektare.

Puncak Pinus Beicici memiliki arti dari gabungan kata "ambeg" yang memliki arti berdiam diri dan kata suci. Kata tersebut memiliki cerita tersendiri bagi masyarakat sekitar. Cerita tersebut menceritakan tentang putra pendiri Desa Munthuk yang konon beliau bertapa di bukit sebelah barat hutan pinus hingga akhir hayatnya.

Lokasi Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

3.Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo Dlingo, Bantul (Picture Ig / Explorealamjogja)

Grojogan dalam bahasa jawa memiliki arti air terjun dalam ukuran kecil. Sama halnya dengan Air Terjun Lepo yang memiliki air terjun tetapi lebih kecil, jadi warga Dusun Pokoh menyebutnya dengan Grojogan Lepo. Penaamaan air terjun ini karena lokasinya yang berada di Dusun Pokoh.

Salah satu air terjun yang masih alami dan jarang dikunjungi oleh wisatawan adalah Air Terjun Ledok Pokoh, masyarakat sekitar biasanya menyebut dengan Grojogan Lepo.Wisata Air Terjun Lepo Dlingo merupakan wisata yang menyuguhkan air tejun yang masih alami. Wisata ini dibuka pada tahun 2013.

Lokas Air Terjun Lepo Dlingo berada di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4.Seribu Batu Songgo Langit

Serbu Batu Songgo Langit, Mangunan, Bantul (Picture Ig/rainy._)

Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata Rumah Hobbit yang berada di daerah mangunan. Rumah hobbit tersebut menyerupai salah satu wisata yang berada di New Zealand. 

Alamat wisata Seribu Bau Songgo Langit berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. wisata ini masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan.

Baca Juga: Wisata Seribu Batu Songgo Langit

5. Bukit Pangguk Kediwung

Puncak Bukit Panguk Kediwung (Picture Ig/ bukitpanguk_jogja)

Wisata ini mungkin masih terdengar asing di telinga para wisatawan khusunya wisatawan luar daerah. Wisata ini dulunya adalah sebuah perbukitan biasa yang di sulap oleh masyarakat sekitar pada tahun 2016 dan menjadi salah satu wisata yang potensial di daerah bantul.

Pengunjung mengunjungi wisata ini dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu sunrise di atas awan. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat sunrise dengan jelas. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan sunrise alangkah baiknya untuk datang pada saat subuh sekitar pukul 5 pagi.

Wisata Bukit Panguk Kediwung berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Bukit Panguk Kediwung

6. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di jogjakarta. Pantai ini identik dengan penunggu pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul sebagai penguasa lautan. Ukuranya pantai yang cukup luas membuat wisatawan bebas bermain apa saja. 

Pesona yang indah tidak lepas dari legenda pantai parangtritis yang sangat terkenal di indonesia. Dimana laut selatan termasuk pantai parangtritis terdapat sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul.

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: 48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Terhits 2021

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan gundukan pasir yang lokasi berada didekat pantai, gumuk pasir ini terbentuk secara alami dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Didunia hanya terdapat 2 saja yaitu di mexiko dan di Indonesia.

Konon menurut cerita yang beredar, keberadaan gumuk ini berkaitan langsung dengan keberadaan gunung merapi yang berada di utara kota jogja. Ternyata pada zaman dulu gunun merapi pernah meletus dahsyat sehingga mengluarkan bebatuan dan pasir yang tersebar di wilayah jogjakarta.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Baca Juga: 5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba!

8. Pantai Depok

Pantai Demok merupakan wisata pantai yang cukup unik, pasalnya pengunjung dapat melihat sevara langsung pasir berwarna hitam dan putih secara bersamaan. Sejarah pantai depok sendiri berasal dari nelayan dari cilacap yang menemukan pantai ini untuk berlabuh dan membawa hasil tangkapan laut dan ditawarkan kepada masyarakat sekiar pantai depok bantul.

Wisatawan dapat menemukan berbagai wahana yang bisa dicoba mula idari pusat aerospot atau olahraga dirgantaraan yang diselenggarakan pada event-event tertentu.

Lokasi Pantai Depok terletak di Desa Parangtritis. Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

9. Pantai Pandansari


Pantai Pandansari merupakan pantai dengan pasir hitam yang berada di Bantul. Pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan lautan saja, namun juga terdapat menara mercusuar pantai pandansari dengan ketinggian 40 meter. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1996 dan berfungsi sebagai tanda kapal berlayar pada saat malam hari.

Wisatawan yang penasaran juga dapat menaiki menara tersebut, anda harus menaiki beberapa tangga untuk sampai dipuncak menara. Dari atas, anda dapat melihat pesona keindahan pantai pandansari jogja yang cukup memukai.

Lokasi Pantai Pandansari terletak di Wononoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Pandansari Bantul, Spot Foto Menara Mercusuar

10. Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan air terjun yang berada di kabupaten bantul. Air terjun ini memiliki pesona pemandangan yang sangat indah dengan nuasana alam. Pengunjunng yang datang juga dapat menikmati udara khas pegunungan disekitar curug.

Air Terjun Pulosari memiliki ketinggian kurang lebih 5 sampai 8 meter. Pembernian nama pulosari sendiri berasal dari ketinggian air terjunya yang berukuran kecil dan Pulosari merupakan nama tempat ait terjun itu berada.

Lokasi Curug Pulosari terletak di Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

11. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Parang Wedang Bantul (Source: yogyawarta.com)

Pemandian parang wedang merupakan pemandian air panas alami di jogja. Letaknya tidak jauh dari pantai parangtritis, hal uniknya pemandian air panas ini lokasinya di daratan rendah dan airnya mengandung belerang.

Sejarah pemandian parang wedang, konon tempat ini terbentuk akibat kesaktian dari Sri Sultan Hamengkubuwono ke VI. saat itu rajaan mataram ini hendak mandi di pemandian Balekncur, namun ternyata airnya cukup dingin kemudian beliau ingin menemukan pemandian air panas dan munculah pemandian air panas parang wedang.

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang terletak di Jln Parangtritis, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul

12. Air Terjun Randusari


Air Terjun Randusari merupakan salah satu air terjun di jogja. Dinamakan randusari karena didekat air terjun terdapat pohon randu atau pohon kapuk yang cukup besar. Sedangkan kata sari berasal daeri bahasa jawa yang berarti utama. 

Wisatawan yang bekrunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam dan suara air terjun yang menambah kesan alamti. Ketinggian air terjun randusari kurang lebih 15 meter dan memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter.

Lokasi Air Terjun Randusari beralamat di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Harga Tiket dan Lokasi Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Kembar

13. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung merupakan wisata edukasi yang dibangun pada tahun 2003 oleh Muhammad Boy Rifa'i. Konsep dari wisata edukasi jogja ini melekat dengan alam dan berada di antara pepohonan jati dan gubuk-gubuk. Wisatawan dapat menikmati udara segar di atas pohon ini.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat pemandangan kali opak dan jembatan opak yang sangat indah untuk dinikmati bersama teman, sahabat dan keluarga.

Lokasi Kampung Edukasi Watu Lumbung terletak di Duwuran, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul

14. Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah mangunan merupakan goa yang terbentuk secara alami. Nama goa ini diambil dari batu yang memiliki bentuk menyerupai gajah yang sedang berada di dalam goa. Goa gajah bantul memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter.

Diujung goa terdapat sebuah pohon yang memiliki ukuran besar serta menjulang tinggi hingga keluar goa, sehingga goa ini menerupai hutan yang berada di dalam goa.

Lokasi Goa Gajah Mangunan terletak di Dusun Lemah Abang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Goa Gajah Mangunan, Cahaya Surga Alami

15. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan tempat wisata di bantul yang sangat terkenal dikalangan masyarakat khusunya warga jogja. Hutan ini dikelola langsung oleh RPH Mangunan (Resort Pengelolaan Hutan). Dengan luas sekitar 500 hektare anda dapat berkeliling sambil menikmati suasana hutan yang sangat asri.

Hutan Pinus Mangunan juga terkenal dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri, karena lokasi hutan ini berdekatan langsung dengan Makam Raja Imogiri. Selain menjadi hutan lindung, kawasan ini juga dijadikan sebagai objek wisata.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan berada di Sukorame, Mangunan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Hutan Pinus Mangunan Jogja, Wisata Alam yang Mempesona

16. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan (Source: eimungaire)

Berada diketinggian 200 mdpl, kebun buah mangunan mendapat julukan sebagai negeri di atas awan. Dengan pemandangan lautan awan pada saat pagi hari, wisata ini menjadi primadona bagi wisatawan jogja dan sekitarnya.

Kebun Buah Mangunan dibangun pada tahun 2003 menempati di atas tanah seluas 23 hektar. Dengan tanah seluas ini, berbagai jenis buah dapat anda temukan mulai dari buah mangga, jeruk, durian manggis dan berabgai buah lainya.

Lokasi Kebun Buah Mangunan berada di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Kebun Buah Mangunan Jogja, Sensasi Negeri Di Atas Awan

17. Goa Cerme Mangunan Jogja

Goa Cerme Mangunan merupakan salah satu goa yang berada di bantul. Nama goa ini diambil dari kata ceramah yang berarti pembicaraan. Karena dahulu goa ini menjadi tempat persingahaan wali songo untuk menyiarkan agama islam di tanah jawa.

Goa ini dahulu juga digunakan sebagai tempat diskusi rencana pendirian masjid agung demak. Pada setiap hari selasa wage, ditempat ini biasanya diadakan syukuran untuk meminta berkapa kepada tuhan yang maha esa. goa cerme berada diketinggian 500 meter diatas permukaan laut.

Lokasi Goa Cerme Mangunan berda di  Jalan Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Goa Cerme Jogja, Wisata Sejarah yang Berbalut Mistis

18. Makam Raja Imogiri

Makam Raja Imogiri Bantul (Source: happytour.id)

Makam Raja Imogiri merupakan makam yang dikhusukan untuk kerajaan mataram jogja. Wisata religi ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah. Awal mula tempat ini dijadikan sebagai makam raja bermula dari sejarah beridirnya Sultan Agung Hanyokrokusumo yang melakukan pencarian tanah untuk makam keluarga.

Pata tahun 1623 masehi makam tersebut mulai dibangun dan di arsiteki oleh Kyai Tumenggung Tijtrokoesoemo. Sultan merupakan raja pertama yang dimakamkan di pemakaman raja imogiri.

Lokasi Makam Raja Imogiri terletak di Karangkulon, Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

19. Jembatan Selopamioro

Jembatan Selopamiro Bantul (Source: dolandolen.com)

Jembatan Selopamiro merupakan jembatan yang berada di kabupaten bantul. Jembatan ini menjadi penghubung antara desa Selopamioro dan Desa Sriharjo yang terpisah oleh sungai Oya.

Wisatawan juga dapat menikmati panorama keindahan dengan mencoba wahana tubbing dan rafting dengan ban. Untuk menikmati wahana tersebut wisatawan akan dikenakan biaya Rp35.000 per orang.

Alamat Jembatan Selopamioro berada di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

20. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem Bantul (Source: dakatour.com)
Objek Wisata Bukit Mojo Gumelem merupakan wisata yang berada di kawasan mangunan dan berdekatan dengan wisata bukit panguk kediwung. Pengunjung dapat menikmati pemandangan kali oya dari ketinggian. Berbeda dengan Bukit Panguk Kediwung, wisata ini menawarkan spot foto berupa hati dan perahu yang cantik.

Dua spot foto tersebut menjadi cukup terkenal akibat jejaring media sosial. Objek wisata bantul yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Waktu yang tepat untuk berkunjung ketempat ini adalah saat sore hari. Saat sore hari, pengunjung dapat menikmati sunset ditemani dengan nuasa perbukitan yang alami.

Alamat Bukit Mojo Gumelem terletak di Kanigoro, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Bukit Mojo Gumelem, Spot Foto Arsitetik di Jogja

21. Bukit Bego Imogiri

Bukit Bego Imogiri Bantul (Source: tuguwisata.com)
Bukit Bego merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal didaerah mangunan. Wisata bantul yang berada diketinggian ini memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan yang sedang berlibur ke jogja, salah satunya adalah pemandangan matahari tenggelam atau sunset.

Bukit Bego merupakan sebuah bukit yang memiliki batu, istilah bego sendiri diambil dari nama alat berat Eksavator. Dari puncak ini, wisatawan dapat melihat perbukitan indah yang memulai. Bersantai sambil menikmati matahari tenggelam dengan warna jinga memberi kesan tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Lokasi Bukit Bego berada di Desa Kedung Buweng, Desa Wukisari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

22. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur Bantul (Source: antreajatour.com)

Wisata Tebing Watu Mabur Bantul merupakan salah satu wisata bantul yang menyuguhkan pemandangan alam yang memukau. Dari puncak ini, pengunjung dapat melihat pegunungan yang berada di kabupaten Gunung Kidul disebelah timur. Sedangkan dibawahnya terdapat sawah dengan terasering yang eksotis.

Wisatawan juga dapat melihat sungai oyo dari puncak ini. Dahulu tempat ini merupakan lokasi camping, tempat ini juga mampu menampung puluhan tenda sekaligus.

Lokasi Tebing Watu Mabur berada di Kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Tebing Watu Mabur Mangunan, Pesona Negeri di atas Awan

23. Goa Selarong

Goa Selarong Bantul (Source: elshinta.com)
Goa Selarong Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu goa yang cukup terkenal. Goa ini dulunya digunakan oleh Pangeran Diponegoro sebagai tempat pertahanan bersama pasukanya. Digoa ini juga terdapat patung Diponegoro yang berada di gerbang masuk sebagai pahlawan Goa Selarong Jogja.

Dalam patung tersebut, pangeran diponegoro memakai jubah yang berwarna hitam dengan menaiki seekor kuda. Patung tersebut memiliki makna, bahwa beliau memiliki keberanian yang tinggi untuk melawan tentara belanda pada saat perang.

Lokasi Goa Selarong berada di Desa Waktu Gudeg, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Goa Selarong, Sejarah Pangeran Diponegoro

24. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara Bantul (Source: happytour.id)
Pantai Goa Cemara Bantul merupakan salah satu pantai dengan pasir hitam yang cukup indah. Alasan utama diberikan nama cemara karena sepanjang jalan menuju pantai dipenuhi oleh pohon cemara yang sangat rimbun.

Keberadaan cemara tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain memiliki pasir hitam yang unik, sepanjang jalan menuju pantai sering digunakan sebagai latar belakang foto.

Lokasi Pantai Goa Cemara Jogja berada di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta.

25. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung Bantul (Source: hargatiket.net)
Bukit Panguk Kediwung Dlingo merupakan salah satu wisata yang menyuguhkan pemandangan dengan berbagai spot foto yang sangat unuk. Wisata yang dibuka pada pertengahan tahun 2016 oleh masyarakat sekitar ini menjadi daya tarik bari didaerah mangunan.

Dari puncak ini wisatawan dapat melihat pemandangan sunrise dan sunset yang terlihat sangat jelas. Biasanya mereka mengunjungi wisata bantul terbaru 2020 ini pada saat musim kemarau atau sehari setelah hujan reda.

Lokasi Panguk Kediwung berada di Dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Bukit Panguk Kediwung, Pesona Negeri di Atas Awan

26. Kedung Pengilon Bantul

Wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun kedung pengilon bantul dapat merasakan sejuknya udara alam ditambah dengan keberadaan kedung yang memiliki iar sangat jernih hingga bisa bercermin. 

Penamaan Kedung Pengilon berasal dari "Kedung" yang berarti kolam, dan "Pengilon" yang berati bercermin. Penamaan tersebut tak lain karena air terjun pengilon ini dapat pengunjung gunakan untuk bercermin, mungkin karena airnya sangat jernih.

Alamat Kedung Pengilon berada di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Kedung Pengilon Bantul, Wisata Air Terjun Terdekat di Jogja

27. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog Bantul (Imgage Source: blog.jadipergi.com)
Bukit Parang Endong memang tidak sepopuler di bandingkan dengan Bukit Paralyang. Bukit ini bersebalahan langsung dengan Pantai Parang endog dan Pantai Parangtritis. 

Tempat wisata bantul ini juga menjadi tujuan wisatawan yang sedang berlibur di jogja. Hal unik di bukit ini adalah dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan jelas, bisa di katakan tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik di jogja untuk menikmati senja.

Wisatawan dapat menyaksikan langsung pemandangan matahari tenggelam dengan latar belakang pantai laut selatan yang begitu luas. Untuk mencapai puncak bukit pengunjung harus melalui anak tangga yang cukup tinggi. 

Alamat Bukit Parang Endog Berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca Juga: Bukit Parang Endog, Wisata Penikmat Senja

28. Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan Bantul (Image Source: yogjes.com)
Pasar Seni Gabusan Bantul merupakan salah satu pasar yang menjual aneka ragam pernak-pernik. Aneka kerajinan mulai dari kerajinan yang bermtotif bunga hingga naga dapat anda jumpai dipasar yang berada di bantul ini.

Pasar Seni Gabusan dapat menampung kurang lebih 8015 untuk kerajinan dari bantul dan jogjakarta. Pasar ini pernah mengalami kerusakan yang cukup berat pada gempa Yogyakarta 27 Mei 2006 lalu, namun pemerintah terkait sudah melakukan perbaikan dan menata ulang pasar dengan lebih rapi.

Alamat Pasar Seni Gabusan berada di Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

29. Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi Bantul (Image Source: samleinad.com)
Desa Wisata Tembi merupakan salah satu destinasi wisata bantul yang bertemakan wisata alam, budaya serta wisata edukasi. Wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi saat sedang berlibur di jogja. Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan di desa wisata ini mulai dari bersantai, bercocok tanam hingga membatik.

Untuk menuju desa wisata bantul ini anda harus menempuh perjalanan yang cukup seru, karena disepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah hijau yang sangat indah.

Alamat Desa Wisata Tembi berada di Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

30. Pantai Samas

Pantai Samas Bantul (Image Source: alodiatour.com)
Pantai Samas Yogyakarta ini memliki panorama yang cantik di tambah dengan keberadaan danau air tawar yang membentuk telaga, danau ini biasanya di gunakan oleh nelayan untuk budidaya ikan dan udang galah.

Sejarah Pantai Samas juga terkenal dengan penagkaran penyu-penyu mulai dari penyu blimbing, penyu sisik hingga penyu hijau. Garis pantai ini memiliki medan yang cukup curam sehingga para wisatawan harus berhati-hati jika ingin berenang karena berbahaya, apalagi kebedaraan ombak boleran.

Alamat Pantai Samas berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Samas Jogja, Pesona Laguna yang Mempesona

31. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru Kulon Progo (Image Source: Travlspromo.com)

Pantai Kuwaru menjadi salah satu destinasi tempat wisata bantul yang banyak digemari oleh wisatawan lokal. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup tinggi dan pasir hitam yang sedikit menjorok ke lautan. Hal ini tidak beda jauh dengan Pantai Parangtritis, namun pantai tersebut sedikit lebih luas.

Pantai Kuwaru juga memiliki pohon cemara udang yang dapat anda jumpai sepanjang perjalanan menuju pantai. Keberadaan pohon cemara udang ini membuat suasana lebih sejuk apalagi ditambah dengan angin sepoi-sepoi.

Alamat Pantai Kuwaru berada di Desa Ponosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Kuwaru, Wisata Pantai Terdekat

32. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo Bantul (Image Source: jejakpiknik.com)

Pantai Pandansimo merupakan salah satu pantai yang memiliki kincir angin yang cukup besar ini berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Jogja. Wisata bantuk ini letaknya tidak jauh dengan muara sungai Progo.

Sejarah Pantai Pandansimo cukup berkaitan dengan Sri Sultan Hamengkuburowno VIII. Pantai ini diresmikan sebagai tempat tirakatan, pantai ini memiliki arti tersendiri dalam bahasa jawa "Pandan" berarti daun Pandan, sedangkan "Simo" berarti macam. Pantai ini menjadi tempat acara tirakat Keraton Jogja, biasanya acara tersebut dilalukan pada saat malam jumat kliwon.

Alamat Pantai Pandansari berada di Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Pandansimo Bantul, Tedapat Kincir Angin

33. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro Bantul (Image Source: Instagram)

Bagi anda yang bosan dengan wisata perkotaan bisa mengunjungi wisata ini. Jurang Tembelan Kanigoro merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan hutan bantul. Dari puncak ini pengunjung juga dapat melihat Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo yang seolah-olah membelah perbukitan.

Wisata ini lokasinya tidak jauh dari wisata mangunan. Keindahan Jurang Tembelan Kanigoro Bantul terletak pada salah satu spot foto yang berada di garu. Dari gardu pandang ini wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan hijau.

Alamat Jurang Tembelan Kanigoro Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Jurang Tembelan Kanigoro, Spot Indah Menikmati Kali Oyo

34. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger (Image Source: Instagram)

Hutan Pinus Pengger Bantuk dulunya hutan ini merupakan hutan pinus biasa yang hanya di jadikan tempat pelestarian pohon pinus. Beberapa masyarakat mempunyai inisiatif untuk menjadikan hutan ini menjadi wisata, dan kini menjadi salah satu wisata favorit di daerah mangunan. 

Wisatawan dapat mengunjungi hutan pinus ini kapan saja, saat siang hari wisatawan akan di suguhkan dengan pemandangan ratusan pohon pinus yang tertata dengan rapi. Sedangkan saat malam hari, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan gemerlap lampu kota jogjga yang sangat cantik.

Alamat Hutan Pinus Pengger berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Hutan Pinus Pengger, Berburu Spot Foto Instagramable

35. Watu Goyang 

Watu Goyang Bantul (Image Source: Instagram)

Watu Goyang merupakan wisata dengan objek utama berupa batu yang berada dipuncak. Watu Goyang sendiri memiliki arti dalam bahasa jawa, Watu yang berarti Batu dan Goyang yang berarti goyang. Artinya, batu ini dapat bergoyang saat didorong maupun disentuh.

Pengelola wisata juga menjelaskan, bahwa watu ini tidak pernah roboh walaupun didorong sekalipun. Walau begitu, pihak pengelola wisata melarang wisatawan untuk menaiki watu tersebut untuk berfoto. oleh sebab itu watu goyang menjadi salah satu wisata bantul terbaru 2021.

Alamat Watu Goyang berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

36. Watu Ngadek

Wisata Bantul Terbaru 2020 selanjutnya adalah Watu Ngadek. Watu Ngadek merupakan wisata yang berada perbukitan serta satu kawasan dengan hutan pinus pengger jogja. Jika diartikan, watu ngadek berarti sebuah batu yang berdiri.

Pesona yang ditawarkan dari puncak ini adalah berupa pemandangan alam yang sangat eksotis. Apalagi anda mengunjunginya saat malam hari, tidak salah jika wisata ini menjadi salah satu tempat wisata bantul terbaik yang pernah ada.

Alamat Watu Ngadek berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Watu Ngadek Bantul, Spot Menikmati kota Jogja dari Ketinggian

37. Gardu Pandang Pinus Asri

Wisata Pandang pinus Asri masih sama dengan wisata bantul mangunan lainya yang berlatar belakang pepohonan pinus. Wisata bantul terbaru yang terkenal dengan pemandangan yang eksotik dan sejuknya udara pegunungan. Banyak wisatawan lokal maupun mancarnegara yang mengunjungi wisata pandang pinus.

Kerjasama antara warga sekitar dengan pemerintah terkait membuat wisata ini berkembang cukup pesat. Akhir-akhir ini terdapat spot foto baru berupa gardu pandang, spot foto ini di harapkan membuat wisatawan lebih leluasa untuk berfoto

Alamat Gardu Pandang Pinus Asri berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Muthuk Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Gardu Pandang Pinus Asri Karangasem, Spot Foto Favorit di Jogja

38. Watu Amben

Watu Amben ini memiliki bentuk batu yang sangat unik seperti ranjang tidur. Batu ini berada di ujung jurang yang berada di ketinggian ratusan meter. Wisata Alam Watu Amben masih tergolong wisata bantul terbaru dan belum banyak di ketahui oleh para wisatawan lokal maupun mancarnegara. .

Dahulu tempat ini merupakan salah satu tempat perisitirahatan Kerajaan Mataram Jogja, di tempat ini anggota kerajaan dapat melihat pemandangan yang berada di bawahnya. 

Alamat Wisata Watu Amben berada di Jl Dlingo - Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Watu Amben Bantul, Tempat Santai Terbaik di Jogja

39. Bukit Lintang Sewu

Pemandangan hamparan perbukitan di wisata ini sudah tidak perlu di ragukan lagi. Bukit Lintang Sewu menjadi salah satu tempat wisata bantul yang sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan pemandangan alam yang hijau. 

Sesampainya di lokasi, hal pertama yang akan anda jumpai adalah pemandangan Pohon Kayu Putih, keberadaan pohon tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Alamat Bukit Lintang Sewu berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bnatul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Bukit Lintang Sewu Glamping, Panorama Jogja dari Ketinggian

40. Jembatan Soka Pundong

Jembatan Soka Pundong ini sebenarnya merupakan jembatan biasa yang menghubungkan antara Desa Srihardono dan Desa Selorejo. Hal yang membuat tempat ini menarik adalah bentuk aritektur jembatan dan pemandangan almnya yang berada disekitar jembatan.

Alamat Jembatan Soka berada di Soko, Seloharjo, Kecamtan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Jembatan Soka Pundong, Spot Foto Instagramble di Bantul

41. Taman Tino Sidin

Taman Tino Sidin merupakan salah satu taman yang dibuka oleh Prof. Mohammad Nuh (Mentri Pendidikan) pada 4 Oktober 2014 lalu. Taman ini terletak di rumah milik Pak Tino yang berada di Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. 

Museum ini menyimpan banyak memorabilla milik Pak TIno Sidian mulai dari koleksi baretnya yang khas, kacamata, cat, hingga kuas yang pernah beliau gunakan. Museum ini juga memiliki koleksi foto, kliping media massa, dan surat-surat pribadi.

Alamat Taman Tino Sidin berada Jl Tino Sidin No297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

42. Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo merupakan salah satu wisata air terjun bantul yang masih asing ditelinga para wisatawan. Penamaan Air Terjun Tuwondu sendiri berasal dari kata "TU" yang berarti watu (Batu) dan "Ondo" yang berarti tangga. Penamaan wisata tersebut karena air terjun ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan tangga yang terbelah menjadi dua aliran.

Selain itu, disekitar air terjun juga terdapat pepohonan jati serta beberapa tanaman hijau lainya. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, anda akan melewati bebatuan andesti dan bebatuan kapur yang cukup terjal.

Alamat Air Terjun Tuwondo berada di Dusun Banyakan, Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Air Terjun Tuwondo, Wisata Air Terjun Musiman Bantul

43. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo merupakan salah satu tempat wisata bantul terbaru 2020 yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan. Lokasinya yang berada ditengah hutan serta belum mendapatkan perhatian dari instani terkait, sehingga akses menuju lokasi belum bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Curug Banyunibo memiliki ketinggian sekitar 10 meter, debit airnya tidak terlalu deras dan memiliki air yang sangat jernih. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari bermain air hingga bersantai-santai.

Alamat Curug Banyunibo berada di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Panjangan, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Curug Banyunibo Bantul, Segarnya Mata Air Alami

44. Grojogan Pucung

Grojogan Pucung Pundong merupakan salah satu wisata air terjun bantul yang masih jarang diketahui oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Lokasi air terjun ini berada di pepohonan yang cukup rimbun yang membuat anda seolah-olah berada di negeri dongeng.

Grojogan Pucung Pundong memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan air terjun yang melebar. Di bawah air terjun juga terdapat kolam dengan kdealaman 7 meter yang dapat wisatawan gunakan untuk berenang maupun bermain air.

Alamat Grojogan Pocung berada di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

45. Pantai Baru

Pantai Baru Bantul merupakan pantai yang paling muda di jogjakarta, wisata ini diresmikan pada tahun 2010 lalu. Dahulu pantai ini hanya dikunjungi oleh beberapa wisatawan dan para nelayan. Terdapat inisifatif dari nelayan untuk memanfaatkan pantai ini mennjadi sumber penghasilan.

Sepulang dari melaut mereka ingin mengawetkan ikan segar hasil tangkapanya di ruangan es. Namun, untuk menyediakan persedian es sangatlah sulit, karena tidak adanya akses listrik untuk menjadikan tempat tersebut dibangun pabrik es.

Alamat Pantai Baru berada di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Baru Bantul, Pemandangan Kincir Angin Raksasa

46. Pantai Baros

Pantai Baros Bantul (Image Source: alodiatour.com)

Pantai Baros merupakan pantai yang berada di tepian sungai opak. Pantai ini menawarkan keindahan laut sekaligus hutan mangrove baros. Hutan mangrove ini menjadi kawasan ekowisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Wisatawan biasanya memadatai pantai ini pada akhir pekan dan libur panjang, biasnya mereka lebih memilih waktu saat sore hari. Selain memiliki udara yang segar, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sunset saat sore hari. Apalagi jika cuaca sedang cerah, aliran sungai opak akan terlihat sangat jelas.

Alamat Pantai Baros berada di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Baros Bantul, Wisata dengan Hutan Mangrove

47. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog Bantul (Image Source: Instagram)

Bukit Parang Endong memang tidak sepopuler di bandingkan dengan Bukit Paralyang. Bukit ini bersebalahan langsung dengan Pantai Parang endog dan Pantai Parangtritis. Wisata ini juga menjadi tujuan wisatawan yang sedang berlibur di jogja. Hal unik di bukit ini adalah dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan jelas, bisa di katakan tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik di jogja untuk menikmati senja.

Wisatawan dapat menyaksikan langsung pemandangan matahari tenggelam dengan latar belakang pantai laut selatan yang begitu luas. Untuk mencapai puncak bukit pengunjung harus melalui anak tangga yang cukup tinggi. di sepanjang perjalanan menuju puncak pengunjung dapat melihat hamparan pepohonan di tambah dengan birunya pantai selatan.

Alamat Bukit Parang Endog berada di Sebelah timur pantai parangtritis, tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Gunung Kidul.

Baca Juga: Lokasi Bukit Parang Endog, Wisata Penikmat Senja

48. Karst Tubing Sedayu

Karst Tubing Sedayu Bantul (Image Source: Instagram)

Karst Tubing Sedayu merupakan salah satu wisata air bantul yang banyak digemari oleh wisatawan. Tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat buat anda yang ingin merasakan wisata tubung. Apalagi akhir-akhir ini karst tubing menjadi wisata yang banyak digemari di yogyakarta.

Wisata ini buka mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Pengunjung bisa bermain air yang cukup menantang adrenaline, selain itu area sungainya yang sangat sejuk ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang sangat rindang. Dijamin anda puas saat berkunjung ke wisata ini.

Alamat Karst Tubing Sedayu berada di Jl Raya Wates - Yogyakarta KM 9,5, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

49. Water Byur Tirta Tamansari

Waterbyur Tirta Tamansari Bantul (Image Source: Instagram)

Wisata Tamansari Water byur Bantul adahalah wahana tempat bermain air yang berada di bantul. wisata ini menyerupai taman bermain air yang berada di ancol tetapi sedikit lebih kecil. Objek wisata Wahana tirta tamansari waterbyur memiliki beraneka ragam tempat bermain air mulai dari taman mini, warung makan dan area bermain untuk anak.

Wisata ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang sudah mempunyai keluarga, tidak hanya orang dewasa saja yang dapat menikmati wisata ini tetapi anak-anak pun juga bisa. wisata tirta tamansari ini ramai setiap harinya, apalagi ketika akhir pekan dan saat musim liburan tiba. banyak pengunjung yang memadatinya.

Alamat Water Byur Tirta Tamansari berada di Jln.Pramuka, No 30, Area Sawah, Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Kolam Renang Waterbyur Tirta Tamansari Bantul, Wahana Bermain Air

50. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo Bantul (Image Source: Instagram)

Wisata Pintu Langit Dharmono dahulu merupakan biasa yang di alih fungsikan menjadi lahan pertanian. Namun pada saat wisata bantul sedang berkembang pesat, pada tahun 2017 banyak masyarakat dan warga sekitar mempunyai inisiatif untuk merubahnya menjadi destinasi wisata.

Pintu Langit Dahromo berada di kawasan hutan pinus mangunan tepatnya disebalah timur Kabupaten Bantul. Rute menuju pintu langit sangat mudah untuk dijangkau karena lokasinya berada di kawasan wisata seperti Bukit Mojo Gumelem, Bukit Lintang Sewu dan Hutan Pinus Pengger.

Alamat Pintu Langit Dahromo berada di Jln Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga:Pintu Langit Dahromo, Spot Menikmati Kota Jogja Dari Ketinggian

51. Puncak Sosok Bawuran

Puncak Sosok Bawuran Bantul (Image Source: Instagram)

Puncak Sosok merupakan wisata baru yang di buka pada tahun 2018 lalu. Nama sosok sendiri digunakan karena tempat ini terkenal dengan pangilan Sosok. Hal lainya adalah letaknya yang berada di puncak yang membuat nama tersebut menjadi Puncak Sosok Jogja

Alamat Puncak Sosok Bawuran berada di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Puncak Sosok Bawuran: Lokasi, Daya Tarik, & Harga Tiket 2021

52. Puncak Gebang

Puncak Gebang Bantul (Image Source: Instagram)

Puncak Gebang merupakan perbukitan yang berada di Pleret Bantul. Dahulu, tempat ini hanyalah jalur menuju pemukiman penduduk yang melewati perbukitan. Namun, karena memiliki pemandangan yang bagus, tempat ini disulap menjadi destinasi wisata.

Alamat Puncak Gebang berada di Jl Dadap Kulon, Tegalrejo, Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Baca Juga: Puncak Gebang Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

53. Puncak Bucu


Puncak Bucu merupakan perbukitan biasa yang berada didaerah Piyungan. Wisata ini bisa menjadi alternatif selain Bukit Bintang dan Watu Amben Pandeyan. Objek wisata ini masih dalam pengembangan oleh masyarakat setempat.

Biasanya tempat ini dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam saat sore hari. Namun, saat akhir pekan beberapa wisatawan juga cering camping disekitar puncak.

Alamat Puncak Bucu berada di Dusun Ngelosari, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul.

54. Bukit Cinomati


Bukit Cinomati merupakan perbukitan yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi ketika sedang berada dibantul. Wisata ini menawarkan pemandangan dengan konsep pesona alam dengan spot foto yang cukup menarik.

Alamat Bukit Cinomati berada di Jl Pleret - Pathuk, Kebo Kuning, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

55. Watu Lawang

Bukit Watu Lawang (Image Source: Instagram)

Watu Lawang Mangunan merupakan sebuah perbukitan yang berada di Mangunan. Bukit ini masih dalam pengembangan menjadi objek wisata bersama dengan pengembangan desa wisata mangunan.

Alamat Watu Lawang Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

56. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang Jogja (Image Source: sewamobiljogja.id)

Bukit Paralayang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di bantul. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan pantai laut selatan dari perbukitan. Tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di jogja.

Alamat Bukit Paralayang berada di Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

57. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri Bantul (Image Source: suarajoglo.com)

Taman Bunga Asri merupakan taman yang sengaja dibuat oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan atau memperbaiki perekonomian masyarakat setempat. Taman ini menyuguhkan berbagai macam bunga yang menarik.

Alamat Taman Bunga Asri berada di Jalur Jalan Lintas Selatan, Tegalrejo, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Taman Bunga Asri: Alamat, Rute, dan Harga Tiket Masuk

58. Galaxy Waterpark Jogja

Galaxy Waterpark Jogja (Image Source: hargatiket.net)

Galaxy Waterpark Jogja merupakan salah satu wahana air jogja yang berada di atas lahan seluas 2,5 hektare. Wisata ini memilki banyak kolam renang yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Wahana bermain air ini mengusung konsep "Your Family Adventure".

Baca Juga: Galaxy Waterpark Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

59. Balong Waterpark

Balong Waterpark Bantul (Image Source: visitingjogja.com)

Balong Waterpark Yogyakarta merupakan salah satu wahana permainan air yang memiliki konsep Full of Splash. Wahana ini menyejaikan berbagai wahana permainan air yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Alamat Balong Waterpark berada di Jl Pleret KM 15, Porotono, Banjardadap, Bangutapan, Bantul, Yogyakarta.

60.Telogo Potorono


Telogo Potorono merupakan salah satu embung yang berada di bantul. Wisata sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai di pinggiran embung. Selain itu, terdapat berbagai aneka kuliner yang berada di sekitar embung.

Alamat Telogo Potorono berada di Salakan, Potorono, Bangutapan, Bantul, Yogyakarta.

Penutup

Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang tempat wisata di bantul. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.