Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu: Lokasi, Rute, Harga Tiket

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 42454.

Agrowisata Sondokoro - Karanganyar merupakan daerah yang terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Misalnya saja wisata tawangmangu seperti grojogan sewu dan telaga madirda yang terkenal dengan keasrianya. Salah satu agrowisata karanganyar yang terkenal yaitu Agrowisata Sondokoro Karanganyar.

Agrowisata Sondokoro merupakan wisata keluarga yang sangat cocok untuk anda sambangi. Wisata ini menyuguhkan konsep agrowisata, dimana wisatawan yang berkunjung dapat berwisata sekaligus belajar.

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu: Lokasi, Rute, Harga Tiket
Wisata Tasikmadu Sondokoro (Image Source: Gogglemaps)

Wisata ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai anak kecil, sebab disini terdapat beberapa wahana seperti kereta zaman kolonial, pabrik gula, hingga berbagai wahana permainan air yang sangat bagus.

Baca Juga: Puri Taman Saraswati: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sejarah Agrowisata Sondokoro

Dahulu, tempat ini merupakan salah satu pabrik gula yang beroprasi sejak tahun 1871 hingga saat ini. Namun, pada tahun 2006 parbik ini dubuka untuk umum dan menjadi salah satu objek wisata Karanganyar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sejak dibuka pertama kali, objek wisata ini terus mengalami pertumbuhan cukup pesat, baik dari segi fasilitas maupun wahana permainan. Uniknya lagi, pengunjung dapat melihat benda-benda bekas pabrik gula yang masih ada hingga saat ini.

Sedangkan untuk nama Sondokoro sendiri berasal dari sebuah desa. Menurut masyarakat setempat, dahulu terdapat burung yang berkelahi selama 40 hari 40 malam. Nama burung tersebut yaitu Sondo dan Doro yang merebutkan seorang wanita untuk dijadikan sebagai menantu.

Setelah pertempuran kedua burung tersebut, akhirnya diambilah nama dua burung tersebut menjadi nama sebuah desa yang bernama Sondoko. Kemudian di ganti namanya menjadi Tasikmandu oleh KGPAA Mangkunegoro IV.

Lokasi Agrowisata Sondokoro

Alamat Agrowisata Sondokoro berada di Jl Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute Menuju Agrowisata Sondokoro

Bagi wisatawan yang sedang berada di Solo dan sekitarnya dan menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Karanganyar hingga melewati sungai Bengawan Solo. Terdapat pertigaan palur lurus saja menuju Tawangmangu. Kemudian ambil ke kiri menuju arah Surabaya.

Sebelum memasuki wilayah Karangananyar, anda akan dihadapkan perempatan dengan dua tugu berwarna hitam. Kemudian ambil arah putar ke kiri lalu mengikuti petunjuk arah jalan.

Setelah berjalan kurang lebih 500 meter anda akan sampai di Kawasan Wisata Agrowisata Sondokoro yang satu kompleks dengan Pabrik Gula Tasikmadu.

Baca Juga: Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Agrowisata Sondokoro

Untuk memasuki kawasan wisata sondokoro wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan wahana permainan lainya. Anda dapat melihat daftar harga wahana permainan berikut ini
                    
HARGA TIKET WAHANA PERMAINAN
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Bianglala Rp 6.000
Kolam Renang Rp 7.000
Wisata Parbrik Gula Rp 12.000
Motor Listrik Rp 5.000
Area Keluarga Rp 150.000

Fasilitas Agrowisata Sondokoro

Selain menjadi wisata edukasi, objek wisata sondokoro juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Tak hanya fasilitas namun berbagai wahana dapat anda jumpai di objek wisata ini. Beberapa fasiltas dan wahana permainan sebagai berikut ini.
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Flying Fox
  • Panjat tebing
  • Jembatan Gantung
  • Warung makan
  • Biangla
  • Kereta uap

Jam Buka Agrowisata Sondokoro

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 14.30 WIB.

Daya Tarik Agrowisata Sondokoro

Kereta Uap

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu: Lokasi, Rute, Harga Tiket
Wisata Sondokoro Karanganyar (Image Source: gogglemaps)

Hal pertama kali yang akan anda lihat saat berada di wisata tasikmadu adalah keberadaan kereta uap. Kereta uap tersebut merupakan salah satu kereta peninggalan kolonial belanda yang dulunya digunakan sebagai transportasi pengangut barang berupa kayu, gula, dan rempah-rempah lainya.

Kolam Renang

Karena mengusung konsep agrowisata, pihak pengelola juga sudah menyediakan kolam renang yang dapat digunakan oleh berbagai golongan. Namun, beberapa kolam renang lebih dominan untuk anak-anak dengan berbagai wahana air yang cukup lengkap.

Biangalala dan Flying Fox

Masih dengan wahana permainan, disebelah kanan kolam renang terdapat dua wahana bermain untuk anak-anak. Pertama biangala yang berukuran sedang kemudian flying fox yang memiliki panjang kurang lebih 25 meter. Kedua wahana tersebut dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Wisata Dekat Agrowisata Sonodokoro

Edupark Dirgantara Karanganyar

Edupark Dirgantara Karanganyar menyuguhkan berbagai wahana seru yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Uniknya lagi pesawat yang digunakan tersebut merupakan pesawat asli yang memang sudah dimuseumkan.

Alamat Edupark Dirgantara Karanganyar berada di Jl Gatot Subroto, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Alun-Alun Karanganyar

Alun-Alun Karanganyar merupakan salah satu pusat keramaian yang berada di Kabupaten Karanganyar. Hamparan rumput hijau yang berada di sekitar alun-alun membuat siapa yang datang merasa nyaman. Selain itu, keberadaan pepohonan hijau disekeliling alun-alun membuat suasana semakin syahdu.

Alamat Alun-Alun Karanganyar berada di Jl Lawu, Badran Asri, Cangakan, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata tasikmadu yang dapat anda nikmati. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.