Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Grojogan Jurang Jero: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Air Terjun Grojogan Jurang Jero Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kalongan, Gardu, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 55881.

Air Terjun Grojogan Jurang Jero - Karanganyar terkenal dengan tempat wisata alamnya yang memiliki panorama indah. Misalnya saja wisata tawangmangu seperti Grojogan Sewu, Sakura Hill, dan Bukit Sekipan yang terkenal dengan keindahanya. Tak jauh dari tempat tersebut terdapat wisata alam yaitu Air Terjun Grojogan Jurang Jero Karanganyar.

Air Terjun Jurang jero merupakan salah satu wisata air terjun yang memiliki keindahan yang memukai. Sebelum mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati jalan setapak dan persawahan yang dikelilingi oleh pohon durian miliki warga setempat.

Namun anda tidak perlu khawatir, sebab perjalanan yang cukup jauh terdapat tempat istirahat yang nyaman. Wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis, namun harus membayar parkir dan sumbangan seiklasnya guna kebersihan yang sudah disiapkan oleh masyarakat sekitar.

Air Terjun Grojogan Jurang Jero: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Grojogan Jurang Jero Karanganyar (Image Source: Instagram)

Pemandangan air terjun ini sangat indah dengan keberadaan pepohonan hijau yang berada disekitarnya. Air terjunya cukup tinggi dengan bentuk bertingkat. Hal tersebut yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Baca Juga: Bukit Sekipan Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Alamat Air Terjun Grojogan Jurang Jero berada di Gerdu, Karangpandan, Kalongan, Gerdu, Kec. Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata ini tidak jauh dari wisata tawangmangu lainya.

Rute Menuju Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Bagi anda yang sedang berada di kota solo dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju lokasi. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Sasono Mulyo kemudian menuju Jl Supit Urang.

Perjalanan dilanjutkan menuju Jl Ir Juanda lalu menuju Jl Raya Solo - Tawangmangu. Setelah itu arahkan kendaraan anda menuju Jl Lawu kemudian menujuu Jl Rm Said. Setelah itu menuju Jl Alternatif Matesih atau Jl Ngarwoh - Matesih Karanganyar.

Ikuti saja Jl Alternatif Matesih sejauh kurang lebih 9,6 kilometer, kemudian belok ke kiri menuju Jl Karangpandan - Matesih. Ikuti Jl Bukit Pablengan hingga menemukan lokasi wisata.

Jarak yang akan anda tempuh dari surakarta hingga air terjun grojogan jurang jero sekitar 32,4 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kendaraan motor.

Baca Juga: Bukit Hope Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Wisatawan yang akan memasuki wisata air terjun jurang jero tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun wisatawan akan dikenakan biaya kebersihan sekilasnya.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Wisata ini masih tergolong wisata baru, namun fasilitas yang dapat anda gunakan cukup lengkap. Beberapa fasilitas baru mulai dibangun oleh pihak pengelola untuk menunjang aktivitas wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Jembatan
  • Gazebo
  • Warung kecil

Daya Tarik Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Keindahan Air Terjun

Lokasinya yang berada di pedesaan cukup terpencil membuat kondisi lingkungan sekitar air terjun sangat bersih. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat bersantai di gazebo yang sudah disediakan untuk menikmati panorama air terjun. Hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Keindahan Sekitar Air Terjun

Tidak hanya terkenal dengan keindahan air terjunya saja. Objek wisata ini juga terkenal karena pemandangan popohonan yang rimbun yang berada disekitar air terjun. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat udara sekitar sangat sejuk. Bersantai di alam bebas dengan kondisi yang masih alami tentu akan menambah ketentraman tersendiri.

Wisata Dekat Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Telaga Madirda

Telaga Madirda Karanganyar merupakan sebuah telaga alami yang berada di kaki Gunung Lawu. Lokasinya yang berada di dekat gunung lawu membuat udara sekitar sangat sejuk, serta air yang sangat jernih. Keberadaan pepohonan disekitar telaga membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke karanganyar.

Alamat Telaga Madirda berada di Area Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan wisata karanganyar yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang masih asri. Selain itu terdapat beberapa wahana anak seperti kolam renang, rumah makan, serta panggung hiburan.

Alamat Air Terjun Jumog berada di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun Grojogan Jurang Jero Karanganyar. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berlibur dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Selamat Berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.