Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Kedung Kayang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 05.00-17.00 No. Telepon: 0857-2698-2801 Alamat: Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56441.

Air Terjun Kedung Kayang - Magelang merupakan daerah yang memiliki banyak wisata alamnya yang sangat menarik. Salah satu wisata air terjun yang terkenal karena pemandanganya yaitu Air Terjun Kedung Kayang Magelang.

Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Magelang. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 1200 mdpl.

Air Terjun Kedung Kayang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pemandangan Gunung Merapi (Image Source: Instagram/sandha.sakti)

Objek wisata dengan latar belakang alam menjadi favorit para wisatawan khusunya kalangan anak muda. Oleh sebab itu, tak heran jika rata-rata pengunjungnya didominasi oleh generasi milenial.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Gunung Kidul Bernuansa Ubud

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini dapat menggunakan Goggle Maps untuk mempermudah lokasinya. Setibanya di tempat parkir, pengunjung harus melewati beberapa jalan yang sedikit menanjak sebelum sampai di air terjun.

Alamat Air Terjun Kedung Kayang berada di Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kayang

Jarak yang akan tempuh dari pusat kota magelang hingga lokasi wisata sekitar 34 kilometer dan membutukan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setibanya di tempat parkir, anda harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak dengan medan menanjak. Terdapat papan penunjuk jalan yang dapat anda ikuti. Anda bisa memilih dua opsi sekaligus yaitu langsung ke lokasi air terjun atau di atas air terjun.

Baca Juga: Air Terjun Sekar Langit: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata air terjun kedung kayang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan dari gardu pandang akan dikenakan biaya Rp5.000 dan fotografer Rp2.500 per file.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Kedung Kayang

Karena lokasinya yang berada cukup jauh dari gerbang masuk, wisatawan dapat membawa perbekalan sendiri dari rumah. Bisa juga anda membeli perbekalan diwarung dekat tempat parkir. Beberapa fasilitas diantaranya yaitu.
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Tempat parkir
  • Spot foto
  • Gardu Pandang

Jam Buka Air Terjun Kedung Kayang

Objek wisata ini buka setiap hari kecuali hari jumat. Sedangkan jam oprasionalnya mulai dari pukul 05.00 - 17.00.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Banyak wisatawan yang menyebutnya dengan air terjun, curug, atau coba. Sumber mata air tersebut berasal dari perbukitan dekat gunung merapi. Menurut tokoh masyarakat setempat, Kedung Kayang sendiri berasal dari dua kata yaitu Kedung yang berarti Air Terjun dan Kayang yang berarti langit.

Memiliki dua Spot Foto

Air Terjun Kedung Kayang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Magelang (Image Source: Instagram/piknikdong)

Hal yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang memilih objek wisata ini adalah memiliki banyak spot foto. Spot foto yang pertama wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dari gardu pandang. Dari atas gardu pandang ini, nada dapat melihat landscape pemandangan alam yang indah.

Namun, untuk menuju ke gardu pandang tersebut anda harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak. Bagi anda yang mengunjunginya saat musim hujan harus sedikit berhati-hati karena jalan sedikit licin.

Spot foto yang kedua berada di bawah air terjun. Saat di bawah, anda dapat melihat betapa tingginya air terjun. Dengan ketinggian 40 meter membuat air terjun kedung kayang menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Pemandangan Alam

Keberadaan gardu pandang yang menghadap langsung ke Gunung Merapi menambah daya tarik lagi bagi pengunjung. Saat sore hari, pemandangan sunset dari tempat ini sangat indah dengan sinar matahari yang berwarna oren.

Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass merupakan salah satu satu wisata alam yang berada di Magelang. Wisata ini menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Salah satu pemandangan utamanya yaitu Gunung Merapi.

Alamat Ketep Pass Magelang berada di Jl Blabak-Boyolali No. KM. 16, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Kebun Strawberry Banyuroto Magelang

Kebun Strawberry Ardhana merupakan salah satu agrowisata yang berada di Magelang. Di kebun buah ini, wisatawan dapat memetik secara langsung buah strawberry yang sudah matang.

Alamat Agrowisata Strawberry Aradhana berada di Banyuroto, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang air terjun kedung kayang magelang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata magelang lainya. Tetap menggunakan masker dan menjaga keberishaan saat liburan. Selamat Berlibur.


Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.