Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Air Terjun Parang Ijo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 09.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Munggur Raya, Mlingur, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793.

Air Terjun Parang Ijo - Karanganyar merupakan daerah yang berada tak jauh dari Surakarta. Daerah ini terkenal dengan beberapa wisata alamnya yang indah seperti Air Terjun Tawangmangu dan Telaga Madirda. Tak jauh dari kedua objek wisata tersebut tedapat objek wisata air terjun yang bernama Air Terjun Parang Ijo Karanganyar.

Air Terjun Parang Ijo sendiri lokasinya berada di kaki Gunung Lawu. Konon air terjun ini mempunyai cerita yang cukup menarik. Penamaa Parang Ijo sendiri berasal dari air terjunya yang berada di antara parang yang berwarna hijau.

Sejarah Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Air Terjun Parang Ijo Karanganyar (Image Source: Instagram)

Objek wisata karanganganyar ini berasal dari sebuah nama Baru Klinting. Baru Klinting sendiri merupakan peristiwa banjir bandang yang menerjang empat desa sekaligus. Pada tahun 1942, terdapat sebuah pohon tua yang berukuran raksasa. Pohon tersebut dikeramatkan oleh warga setempat karena tidak bisa ditebang.

Banjir bandang yang terjadi pada tahun 1942 silam hampir menumbangkan pohon keramat ini. Akhirnya, pohon hanyut dan terbawa oleh banjir bandang tersebut.

Nah, setelah kejadian tersebut akhirnya pohon keramat ini berada di sekitar air terjun. Sehingga menyebabkan kondisi alam disekitar air terjun ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau. Kejadian tersebut juga terulang lagi pada tahun 1982.

Pada akhirnya pohon tersebut tumbang, sehingga aliran air yang dulunya diantara pohon menjadi air terjun seperti sekarang itu. Atas peristiwa tersebut air terjun ini diberi nama Parang Ijo.

Baca Juga: Kebun Teh Kemuning: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Parang Ijo

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata yang satu ini dapat menemukan lokasinya dengan mudah. Alamat Air Terjun Parang Ijo berada di Jl Munggur Raya, Mlinggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganar, Jawa Tengah.

Air terjun ini berjarak kurang lebih 33 kilometer dan pusat kota solo. Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor atau mobil untuk menuju ke lokasi objek wisata.

Rute Menuju Air Terjun Parang Ijo

Objek wisata yang satu ini berjarak 33 kilometer dan pusat kota Solo. Anda bisa mengarahkan kendaraan anda menuju arah Karanganyar. Saat melewati Fly Over Palur harap sedikit berhati-hati karena jalanya sedikit membingungkan.

Dari Fly Over Palur arahkan kendaraan anda ke Karanganyar, setelah itu belok ke kiri menuju arah ke Sragen dan Surabaya. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Terminal Karangpandan.

Setelah melewati Terminal Karangpandan, anda akan dihadapatkan dengan jalan yang berjabang. ambil saja jalan menuju arah Kebun Teh Kemuning. Ikuti saja jalan tersebut sampai di pos retribusi.

Tak jauh dari pos retribusi terdapat jalan menuju AIr Terjun Jumog dan Air Terjun Parang Ijo. Ambil arah menuju parang ijo, lalu melewati perkampungan, tak jauh dari perkampungan terdapat papan penunjuk arah menuju lokasi wisata.
 
Baca Juga: Telaga Madirda: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Wisatawan yang akan memasuki wisata parang ijo yang satu ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bemotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Parang Ijo

Berbicara mengenai fasilitas, pihak pengelola wisata sudah menyediakan fasilitas yang diperuntunkan untuk aktivitas pengunjung. Beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati diantaranya sebagai berikut.
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Pemandangan alam
  • Spot foto

Daya Tarik Air Terjun Parang Ijo

Tumbuhan Hijau

Setelah melewati pintu masuk kurang lebih sejauh 500 meter, anda akan menuruni tangga. Tak jauh dari tangga terdapat pemandangan hijau yang akan menemani anda saat menuju ke lokasi air terjun. Beberapa jenis pohon dapat nada temui seperti pohon Aksia yang menjulang tinggi.

Setelelah menuruni anak tangga, anda dapat melihat dua patung. Lingga Yoni dengan papan petunjuknya.

Keindahan Air Terjun

Terdapat banyak bebatuan dan air yang mengalir cukup deras. Karena lokasinya berada di lereng Gunung Lawu, Air ini cukup dingin. Tak jauh dari air terjun terdapat beberapa warung yang menjajakan berbagai kuliner seperti Sate Kelinci, Sate Landak, Sate Ayam, dan Sate Sapi.

Tempat Santai

Didepan warung makan terdapat beberapa gubug kecil yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Gubug ini memang disediakan untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan air terjun.
 
Debit air terjun ini tak sederas air terjun grojogan sewu. Namun anda dapat menikmati pemandangan hijau yang berada di dekat air terjun.

Gardu Pandang

Tak jauh dari air terjun, terdapat sebuah Gardu Pandang yang memiliki pemandangan indah. Pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk memasuki spot foto ini. Di atas Garu Pandang juga terdapat beberapa gazebo yang dapat pengunjung gunakan.

Wisata Dekat Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan air terjjun yang memiliki 2 buah aliran sekaligus. Karena pemandangan tersebut, wisata ini dijuluki sebagai Air Terjun Pengantin. Air Terjun Jumog sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Selain itu, terdapat juga jembatan yang biasa di jadikan spot foto oleh pengunjung.

Alamat Air Terjun Jumog berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu wisata tawangmangu yang paling banyak dikunjungi. Wajar saja karena wisata ini memiliki panorama yang membuat decak kagum para wisatawan yang melewatinya. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 81 meter.

Alamat Air Terjun Grojogan Sewu berada di Desa Sepanjang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun parang ijo tawangmangu. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karangananyar lainya. Tetap patuho protokol kesehatan saat berlibur ya teman-teman traveller.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.