Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Air Terjun Pringgodani: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 06.00-18.00 No. Telepon: - Alamat: Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec.Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah Indonesia, 55881.

Air Terjun Pringgodani - Karanganyar merupakan salah satu tempat yang cukup populer dengan keberadaan wisata alamnya yang indah. Salah satu wisata yang berada di dekat lereng Gunung Lawu adalah Air Terjun Pringgodani Tawangmangu.

Air Terjun Pringgodani Tawangmangu merupakan salah satu air terjun yang memiliki pemandagan menawan. Lokasinya yang berada di dekat Gunung Lawu membuat udara sekitar air terjun terasa sejuk. Selain itu, pemandangan hijau juga menyejukan mata.

Wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat akibat bekerja seharian. Namun kekurangan dari air terjun ini adalah, pengunjung hanya bisa menyaksikanya dari kejahuan karena akses menuju air terjun masih dipenuhi oleh hutan yang cukup rimbun.

Air Terjun Pringgodani: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Pringgodani (Image Source: ranggawisata.com)

Menurut masyarakat setempat, terdapat sebuah petilasan yang konon milik Eyang Kacanagera. Disebelah petilasan terdapat sebuah mata air yang bernama Sendang Pengantin. Lokasi tersebut juga sering dijadikan sebagai tempat untuk memulai ritual tertentu.

Baca Juga: Kebun Teh Kemuning: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Pringgodani

Wisatawan dapat menemukan wisata air terjun tawangmangu ini dengan mudah karena lokasinya hanya berjarak 4 kilometer saja dari terminal Tawangmangu.

Alamat Air Terjun Pringgodani berada di Area Hutan Lindung, Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Bila anda kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan patokan basecamp gunung lawu via Cemoro Sewu atau bisa menggunakan bantuan goggle maps.

Rute Menuju Air Terjun Pringgodani

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata ini dapat anda tempuh dengan roda dua maupun roda empat dari arah Surakarta.

Dari jalan utama, anda akan melewati permukiman warga setempat. Berapa profesi warga tersebut sebagai Petani, Peternak, dan Berkebun. Oleh karena itu, pemandangan perkbunan sayuran sudah tidak asing lagi bagi mereka. 

Perjalanan dilanjutkan dengan menenuruni perkebunan milik warga. Saat melewati perkebunan tersebut anda dapat melihat kera-kera liar yang sering turun ke perkebunan.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sudah bersemen. Setelah menyesuri jalan tersebut, anda akan dihadapapkan dengan papan penunjuk arah menuju petilasan dan menuju Sendang Temanten, Telaga Wali, dan juga lokasi air terjun.

Baca Juga: Telaga Madirda: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pringgodani

Wisatawan yang akan melihat keindahan air terjun ini tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis. Namun, wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Air Terjun Pringgodani

Berbicara mengenai fasilitas, air terjun ini belum mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Hal tersebut karena lokasi air terjun berada di tengah hutan dan akeses menuju lokasinya cukup sulit. Oleh sebab itu, pihak pengelola masih mengunggu arahan dari pemerintah terkait untuk membangun objek wisata ini secara utuh.    

Sejarah Air Terjun Pringgodani

Menurut certia masyarakat setepmat, dahulu lokasi ini menjadi tempat pertapaan sesorang. Konon orang tersebut dapat mengalahkan Prabu Baka yang hidup pada zaman Kerajaan Kaling.

Namun ada juga yang mempercayai bahwa lokasi tersebut menjadi wilayah kekuasaan Prabu Brawijaya V yang merupakan raja dari kerajaan Majapahit terakhir. Setelah itu dari Prabu Brawijaya V diserahkan kepada Eyang Kacanegara.

Menurut perkataan masyarakat setempat, Eyang Kancanegara bertapa dengan menancapkan tongkat kedalam tanah. Tujuanya adalah agar bisa hidup abadi. Tongkat Eyang Kacanegara konon dipercaya berada di salah satu pohon. Pohon tersebut sekarang diberi nama Kayu Lewung.

Wisata Dekat Air Terjun Pringgodani

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan Tawangmangu merupakan salah satu tempat wisata dengan spot foto yang Instagramable. Wisata juga sangat cocok untuk wisata keluarga maupun anak muda. Selain spot foto yang bagus, wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan untuk anak-anak dan keluarga.

Alamat Bukit Sekipan berada di Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Air Terjun Jurang Sundo

Air Terjun Jurang Sundo merupakan salah satu wisata yang berada di Tawangmangu. Wisata ini masih termasuk wisata baru dan dalam tahap peningkatan akses menuju lokasi, sarana prasarana. Kondisi sektiarnya yang masih alami membuat wisatawan penasaran akan keasrian air terjun ini.

Alamat Air Terjun Jurang Sundo berada di Desa Nglurah, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun pringgodani tawangmangu. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata tawangmangu lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dan selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.