Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punthuk Mongkrong: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon:0821-3822-0482 - Alamat: Giritengah, Olgung, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553.

Punthuk Mongkrang - Magelang merupakan kota yang terkan sebagai kota bunga. Daerah ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Salah satu tempat wisata magelang yang cukup terkenal karena pemandanganya yang indah yaitu Punthuk Mongkrang.

Punthuk Mongkrang merupakan bukit yang berada di ketinggian sekitar 624 mdpl. Dari bukit ini pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang indah. Hampir sama dengan dengan Punthuk Setumbu dan Punthuk Kendhil.

Punthuk Mongkrong: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Salah satu pemandangan yang menjadi daya tarik utama yaitu pemandanan gunung. Gunung yang dapat diamati dari puncak itu yaitu Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunun Merbabu, dan Gunung Andong.

Baca Juga: Punthuk Kendil: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Punthuk Mongkrong

Alamat Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Olgung, Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Wisatawan dapat menemukan lokasi objek wisata ini dengan mudah. Hal tersebut karena lokasinya berada di sebelah barat Candi Borobudur di perbukitan Menoreh.

Rute Menuju Punthuk Mongkrong

Anda dapat menemukan lokasi wisata ini dengan menggunakan rute berikut ini. Pertama, jika anda sedang berada di Borobudur arahkan kendaraan anda menuju Hotel Manohara. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Hotel Aman jiwo hingga menemukan perempatan SDN Tuksongo I. Kemudian anbi arah ke kanan menuju perempatan Gunden.

Setelah itu, perempatan belok ke kiri hingga sampai di Desa Giritengah. Ikuti saja papan penunjuk arah menuju Punthuk Mongkrong. Hal yang perlu anda wasapadai adalah jalan menuju lokasi berupa tanjakan dan tikungan yang cukup tajam.

Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong

Wisatawan yang akan menikmati keindahan alam dari punthuk mongkrang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Punthuk Mongkrang

Selain memiliki spot foto yang cukup lengkap, pihak pengelola juga sudah menyediakan fasilitas yang memadai. Oleh sebab itu anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya
  • Gardu Pandang
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Kamar mandi
  • Spot Foto
  • Gazebo

Daya Tarik Punthuk Mongkrong

Jembatan Bambu

Pengunjung akan menemukan jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut memliki bentuk huru F dan menghadap langsung ke jurang. Spot foto yang satu ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan.

Pemandangan Alam

Dari puncak ini, wisatawan dapat merasakan udara pegunungan yang sangat segar. Selain itu, pemandangan sunrise juga sangat menawan. Tak hayal jika tempat ini menjadi salah satu spot terbaik menikmati Sunrise.

Wisata Dekat Punthuk Mongkrang

Punthuk Setumbu

Bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan Candi Boroburu dari ketinggian, anda juga bisa ke Punthuk Setumbu. Dari sini anda dapat menikmati udara segar sambil menikmati pemandangan Candi Borobudur.

Punthuk Kendil

Punthuk Kendil merupakan wisata yang berada di dataran tinggi. Objek wisata ini hampir mirip dengan Punthuk Mongkrang. Hal yang dapat anda rasakan di objek wisata ini yaitu, anda dapat melihat pemandangan kota magelang dengan lebih jelas.

Punthuk Sukmojoyo

Punthuk Sukmojoyo merupakan wisata yang lokasinya tidak jauh dari Punthuk Mongkrang. Wisata ini memiliki konsep yang sama dengan kedua wisata diatas. Perbedaanya hanyalah fasilitas dan spot fotonya lebih lengkap.

Penutup
Berikut diatas ulasan artikel dari yanacircle.com tentang wisata Punthuk Mongkrang Magelang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata magelang lainya. Tetap menggunakan masker dan menjaga jarak mengunjungi obejek wisata tersebut. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.