Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puri Taman Saraswati: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Puri Taman Saraswati 

Puri Taman Saraswati Harga Tiket: Rp7.000 Jam Buka: 09.30 No. Telepon: 0823-2610-3366 Alamat: Cetho, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57794.

Puri Taman Saraswati - Karanganyar merupakan daerah yang bebatasan langsung dengan Surakarta. Daerah ini terkenal dengan wisata tawangmangu yang terdiri dari berbagai objek wisata mulai dari air terjun, argowista, pemandnagan alam, hingga candi. Salah satu wisata karanganyar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Puri Taman Saraswati Karanganyar.

Puri Taman Saraswati Karanganyar merupakan sebuah komplek yang berada di Candi Cetho. Taman wisata ini merupakan destinasi wisata baru yang diresmikan tahun 2007 oleh Bupati Karanganyar dan Bupati Gianyar Bali.

Menurut hakikatnya, masyarakat gianyar dan warga desa Gumeng memiliki garis leluhur yang sama. Bagi masyarakat yang beragama Hindu, Taman Saraswati berfungsi sebagai tempat pemujaan sekaligus menjadi destinasi wisata.

Puri Taman Saraswati: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kompleks Taman Saraswati (Image Source: gogglemaps)

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu membuat objek wisata ini memiliki udara yang sejuk sekalgus pemandangan alam yang indah. Dengan ketinggian 1.470 mdpl pengunjung dapat melihat kebun teh dan perkebunan milik warga yang berada di bawahnya.

Baca Juga: Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Puri Taman Saraswati

Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata candi ini tidak perlu khawatir, sebab lokasinya satu arah dengan wisata Candi Cetho. Lebih tepatnya berada di sebelah kanan Candi Cetho.

Alamat Puri Taman Saraswati berada di Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute Menuju Puri Taman Saraswati

Objek wisata ini lokasinya tepat berada di belakang Candi Cetho. Akses menuju lokasinya berupa jalan setapak. Pengunjung akan menemui pertigaan jalan, lalu ambil arah menuju Taman Saraswati.

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata karanganyar ini diharuskan untuk menaiki tangga terlebih dahulu. Tak hanya itu saja, pihak pengelola juga mengharuskan wisatawan harus melepaskan alas kaki terlebih dahuu sebelum memasuki lokasi wisata.

Setibanya di komplek sarasawati, pengunjung akan merasakan suasana yang tentram dan sunyi. Biasanya hanya terdengan suara burung dan hembusan angin yang mengarah ke pepohonan. Bagian puri juga di kelilingi oleh bangunan penting seperti Sendang Pundi Sari.

Baca Juga: Air Terjun Pringgodani: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Puri Taman Saraswati

Wisatawan yang akan memasuki puri taman saraswati karanganyar akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp7.000 per orang. Harga yang sangat murah dan sebanding dengan suasana yang akan didapatkan nantinya.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Taman Puri Saraswati

Tidak hanya memiliki suasana yang menangkan, objek wisata ini juga sudak menyediakan fasilitas yang cukup lengkap guna menunjang aktivitas wisatawan yang datang. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut.
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung
  • Papan informasi
  • Candi
  • Toilet

Jam Buka Taman Puri Saraswati

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.30 sampai 18.00 WIB.

Sejarah Taman Puri Saraswati

Puri Taman Saraswati: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Upacara adat Umat Hindu di Puri Saraswati (Image Source: gogglemaps)

Puri Saraswati merupakan salah satu wisata yang berada di kompleks Candi Cetho. Candi Cetho sendiri ditemukan pertama kali oleh bangsawan belanda yang bernama Van De Vlies pada tahun 1842. 

Wisata ini resmikan pada tahun 2007 oleh Bupate Karanganyar yang bernama Rina Iriani dan Bupati Gianyar yang bernama AA Gede Agung Baratha sebagai tana bentuk kerjasama antar daerah, hal tersebut karena penduduk Desa Gumeng dan Gianyar memiliki leluhur yang sama.

Pura ini berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi umat Hindu sekaligus menjadi objek wisata. Menurut kepercayaan umat Hindu, Dewi Sarasawati merupakan dewi yang memiliki wajah cantik dengan perilaku yang lembut serta berbusana indah. Konon bersinggasana di atas Padma atau kelopak Bunga teratai yang diusung oleh dua angsa.

Dewi Saraswati tersendiri digambarkan dengan wujud memiliki 4 tangan sekaligus. Meskipun seorang peremupan, namun pengetahuan beliau memiliki 4 ilmu dengan 4 alat. 4 alat tersebut meliputi wina yang berarti kekuatan indah, lemah lembut, menarik, dan mulia. Damarau merupakan simbol dari seni dan budaya yang sangat agung.

Sedangkan Aksamala merupakan simbol kekekalan yang tidak ada batasnya. Perayaan untuk Dewi Saraswati sendiri diadakan setiap 6 bulan sekali.

Wisata Dekat Puri Taman Saraswati

Candi Cetho

Candhi Cetho merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Candi ini lokasinya berada di Lereng Gunung Lawu. Saat menuju ke lokasi, pengunjung dapat melihat perkebunan teh dan sejuknya udara pegunungan. Candi ini berada di ketinggian 1.496 mdpl dan memiliku luas 190 m dan lebih 30 meter.

Alamat Candi Cetho berada di Cetho, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Tenggir Park

Tenggir Park Karanganyar merupakan salah satu wisata yang berada di dekat Gunung Lawu. Wisata ini menyuguhkan konsep alam dengan perbaduan spot foto yang Instagramable. Tak heran jika objek wisata ini selalu ramai oleh wisatawan terutama anak muda.

Alamat Tenggir Park berada di Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata puri taman saraswati karanganyar. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalah bagus. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.