Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Balekambang Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Taman Balekambang Tawangmangu

Tman Balekambang Tawanmangu Harga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00  No. Telepon: 0813-2826-3500 - Alamat: Jl Balaikambang, Kalisoso, Kec. Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 557792.

Taman Balekambang Tawangmangu - Karanganyar terkenal dengan tempat wisata alamnya yang masih alami. Tidak hanya itu saja, lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu membuat udara disekitar wisata terasa sejuk. Salah satu wisata tawangmangu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Taman Wisata Balekambang Tawangmangu.

Tempat ini merupakan wisata yang terkenal dengan landmark dunia di Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu. Taman minatur ini lokasinya tidak jauh dari wisata Grojogan Sewu. Objek wisata ini menyuguhkan berbagai spot foto dengan berbagai landmark-landmark di dunia.

Taman Balekambang Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Spot Foto Taman Balekambang Tawangmangu (Image Source: Gogglemaps)

Oleh sebab itu, taman rekreasi keluarga karanganyar yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta. Dengan berbagai wahana serta udara yang sejuk tentu akan membuat liburan anda semakin seru.

Baca Juga: Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Taman Balekambang 

Alamat Taman Balekambang Tawangmangu berada di Jalan Balekambang, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari objek wisata air terjun Grojogan Sewu.

Rute Menuju Taman Balekambang Tawangmangu

Bagi anda yang sedang berada di Semarang, Purwodadi, dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Purwodadi - Sragen - Karanganyar.

Setelah memasuki Kabupaten Karanganyar, arahkan kendaraan anda menuju objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu.

Setelah itu, lokasi wisata balekambang tawangmangu berada setelah Grojogan Sewu, tepatnya berada di sebelah Hotel Komajaya Komaratih dan Pondok Wisata Tlogo Duwur dan Balai Besar Peneltian Obat Tradisional Tawangmangu.

Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan bantuan Goggle Maps untuk mempermudah menemukan lokasinya.

Baca Juga: Sakura Hills Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Tawangmangu

Bagi anda yang ingin memasuki kawasan wisata Javenir Park sangat lah murah dan bersahabat dikantong. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Setelah itu, pengunjung akan mendapatkan gelang tanda masuk yang bisa ditukurakan dengan es krim di pintu keluar wisata.

HARGA TIKET BALEKAMBANG TAWANGMANGU
Tiket Masuk (Senin - Jumat) Rp 20.000
Tiket Masuk (Sabtu - Minggu) Rp 25.000
Wahana Permainan Rp 5.000 - Rp 50.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Taman Balekambang Tawangmangu

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata tawamangu ini tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas. Sebab pihak pengelola wisata sudah menyediakan berbagai fasilitas guna menunjang aktivitas para wisatawan. Beberapa fasiltias tersebut diantaranya.
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Paint Ball
  • ATV
  • Landmark Dunia
  • Outbood
  • Water Bridge

Wahana Permainan Taman Balekambang Tawangmangu

Tidak hanya memiliki fasilitas yang lengkap, objek wisata ini juga menyediakan berbagai jenis wahana yang dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Beberapa wahana permainan tersebut diantaranya

WAHANA BALEKAMBANG TAWANGMANGU
Paint Ball
ATV
Wahana Outbond
Water Bridge
High Rope
Water Boom
Sepeda Lipat

Jam Buka Taman Balekambang Tawangmangu

Taman rekreasi miniatur dunia di buka setiap hari bagi wisatawan. Namun, terdapat perbedaan untuk jam buka pada hari biasa dan akhir pekan.

JAM BUKA
Senin - Minggu09.00 - 17.00 WIB

Daya Tarik Taman Balekambang Tawangmangu

Arti nama Balekambang

Bagi wisatawan tentu sudah tidak asing dengan nama Balekambang. Nama tersebut juga digunakan di beberapa tempat seperti Pantai Balekambang dan Taman Balekambang Solo.

Objek wisata keluarga ini memiliki banyak spot foto Instagramable. Saat pertama kali masuk, pengunjung akan disambut dengan spot foto patung dinasaurus yang berukuran raksasa. Terdapat juga patung naga dan patung sandal raksasa.

Landmark Dunia

Taman Balekambang Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gerbang masuk seperti di Jepang (Image Source: Gogglemaps)
Setelah melewati gerbang masuk, wisatawan akan disambut dengan pemandangan berupa tumbuhan yang berada di sepanjang jalan. Keberadaan tumbuhan hijau tersebut membuat suasana semakin alami. Tak hanya itu saja, terdapat 3D art studio.

Setelah memasuki kawasan landmark dunia, terdapat gerbang kecil yang bertuliskan "I LOVE BK". Dari sini wisatawan dapat melihat landmark dunia dengan lebih jelas.

Beberapa landmark dunia seperti Spinx dan Piramida, Menaara Pisa, Eiffer, Patung Merlion, Tembok Besar China, Patung Liberty dan masih banyak lainya.

Waterboom Mini

Selain memiliki berabgai landmark dunia, objek wisata balekambang tawangmanu juga memiliki wahana permainan air. Terdapat beberapa kolam yang dangkal dengan berbagai wahanan permainan anak. Diantaranya seperti seluncuran, air mancur, dan wahana lainya.

Hal berbeda dapat anda rasakan ketika memasuki badan ke kolam. Lokasi wisata yang berada di kaki gunung lawu membuat air kolam renang terasa lebih dingin.

Wahana Outbond

Taman rekreasi ini juga memiliki beberapa wahana permainan outbond yang seru. Wisatawan yang ingin memacu adrenaline dapat mencoba wahana seperti Flying fox, High Rope, dan ATV. Bagi anda yang ingin mencoba Flying Fox dapat memilih kategorinya mulai dari yang panjang hingga pendek.

Bisa juga anda mencoba wahana ketangkasan atau yang santai seperti sepeda listik, shooting target, sepeda ria, dan becak.

Wisata Dekat Taman Balekambang Tawangmangu

Air Terjun Kedung Sriti

Air Terjun Kedung Sriti merupakan salah satu wisata air terjun tawangmangu. Karena lokasinya yang berada di pedesaan yang cukup dalam, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 30 menit. Alangkah baiknya menggunakan sepatu dan membawa persediaan air untuk menuju ke lokasi wisata ini.

Alamat Air Terjun Kedung Sriti berada di Pancot, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan anda. Lokasinya yang berada di dekat Gunung Lawu membuat air terjun ini terasa dingin. Menariknya lagi, wisatawan harus berjalan kaki melewati 1.250 anda tangga yang menurun.

Alamat Air Terjun Grojogan Sewu berada di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun balekambang tawangmangu. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalah bagus. Tetap patuhi protokol kesehatan saat liburan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.