Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telaga Madirda: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Telaga Madirda Karanganyar

Telaga Madirda Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Area Sawah, Berjo, Kec.Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 557793.

Telaga Madirda - Karanganyar merupakan daerah yang terkenal dengan wisata alamnya yang masih asri. Misalnya saja seperti Grojogan Sewu Karanganyar. Tak jauh dari lokasi tersebut terdapat sebuah telaga yang memiliki pemandangan hijau yang menarik. Wisata tersebut adalah Danau Madirda.

Wisata ini terkenal dengan pemandangan pepohonan hijaunya yang sangat rimbun. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu membuat udara disekitar telaga terasa lebih sejuk.

Telaga Madirda: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Pemandangan Pepohonan Hijau (Image Source: wahyu.id)

Selain memiliki pemadangan yang indah dan udara yang sejuk, air telaga tersebut juga sangat jernih. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung juga dapat melihat Gunung Lawu dengan jelas.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kayang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Telaga Madirda

Wisatawan dapat menemukan objek wisata karanganyar ini dengan mudah karena berada dekat dengan Candi Sukuh. Alamat Telaga Madirda berada di Area Sawah, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute Telaga Madirda

Wisatawawan dapat menggunakan berbagai transportasi kecuali transportasi umum untuk menjangkau objek wisata ini. Hal tersebut karea tidak ada yang melintas ke sini.

Untuk rute menuju Telaga Madirda dapat menuju ke Jalan Solo - Tawangmangu, setelah itu arahkan kendaraan anda menuju kecamatan Karangpandan. Dari kecamatan arahkan kendaraan anda menuju ke Tawangmangu. Setelah itu belok ke kiri menuju objek Wisata Candi Sukuh atau Candi Cetho.

Setelah tiba di Candi Sukuh, belok ke kanan kemudian lurus melewati beberapa persimpangan. Setelah sampai pertigaan, ambil arah menuju Situs Panggatan kemudian ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk arah menuju telaga.

Tiket Masuk Telaga Madirda

Wisatawan yang akan memasuki Telaga Madirda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

HARGA TIKET TELAGA MADIRDA
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Telaga Madirda

Wisatawan tidak perlu khawatir lagi mengenai fasilitas. Sebab pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain.
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Perahu Bebek
  • Tempat Camping
  • Spot foto
  • Aula

Daya Tarik Telaga Madirda

Suasana Telaga

Telaga Madirda: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Gambar Telaga Madirda Karanganyar (Image Source: Instagram)
Sumber air dari telaga ini berasal dari Gunung Lawu. Oleh karena itu, tak heran jika airnya sangat jernih dan bersih. Selain sebagai sumber mata air oleh masyarakat setempat, telaga ini juga dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik.

Sejarah Telaga Madirda ternyata tidak lepas dari sebuah tutup pustaka yang berna Cupumanik Astagina. Pustaka ini konon terjatuh dan berubah menjadi telaga yang indah seperti sekarang ini.

Legenda tersebut merupakan cerita turun-temurun yang terjadi di Dusun Tlogo. Nama Madirda sendiri memili arti memabukan.

Tempat Santai

Selain memiliki pemandangan yang indah, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di sekitar telaga. Pengunjung dapat menggelar tikar di sisi danau yang memiliki rumput hijau atau di Gazebo yang tersebar di sekitar danau.

Bagi anda yang tak sempat menyiapkan berbekalan, anda juga bisa membeli makanan di warung sekitar danau.

Camp Telaga Madirda

Bagi anda yang menyukai kegiatan outdoor, anda juga bisa menikmati keindahan telaga dengan camping. Kawasan sekitar danau jiga bisa anda manfaatkan untuk berkemah. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mendirikan hammock sambil merasakan suasana pengungan yang sangat asri.

Pemandangan Sunrise dan Sunset adalah moment yang sangat dinantikan. Saat pagi hari, kabut akan berada diatas telaga. Kemudian saat sore hari cahaya matahari akan terpantul di pemukaan telaga yang indah.

Wisata Dekat Telaga Madirda

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Kabupaten Karanganyar. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun. Objek wisata yang berada didekat Gunung Lawu ini dibuka untuk umum pada tahun 2004 lalu.

Alamat Air Terjun Jumog berada di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan salah satu wisata yang berada di Karanganyar. Wisata ini berada di lereng Gunung Lawu. Air Terjun ini memiliki ketinggian 81 meter yang memiliki pemandangan indah.

Alamat Air Terjun Grojogan Sewu berada di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata danau madirda karanganyar. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.