Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tenggir Park Karanganyar

Tenggir Park Karanganyar Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Tambak, Berjo, Kec.Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793.

Tenggir Park Karanganyar - Bericara tentang Karanganyar memang tidak akan pernah habisnya. Kota ini terkenal dengan tempat wisatanya yang terkenal seperti wisata tawangmangu. Salah satu wisata alam dengan perpaduan karya yang indah dapat anda temukan di Tenggir Park Karanganyar.

Tenggir Park Karanganyar merupakan salah satu wisata yang berada di kaki Gunung Lawu. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Perpaduan pepohonan yang hijau serta sejuknya udara pegunungan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Tidak hanya itu saja, pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan beberapa spot foto yang Instagramable.

Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Taman Bunga Karanganyar (Image Source: Instagram)

Wisata ini sangat cocok buat anda yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman, saudara, keluarga dan orang-orang tercinta. Jika anda bosan dengan suasan perkotaan. Wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

Baca Juga: Telaga Madirda: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Tenggir Park Karanganyar

Objek wisata karanganyar ini lokasinya berada di Tambak, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari kota Solo dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dengan berkendara.

Jalan Menuju Tenggir Park

Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dapat menggunakan rute ini untuk menuju ke lokas wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Karanganyar atau Tawangamangu hinnga sampai di Terminal Tirtonadi.

Perjalanan dilanjutkan menuju Teriminal Karangpandang Tawanngmangu, setelah itu arahkan kendaraan anda menuju pertiggan Nglorog, kemudian menuju Candi Sukuh.

Baca Juga: Lembah Sumilir Kemuning: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Tenggir Park Karanganyar

Objek wisata yang berada di dekat gunung lawu memilki harga tiket yang cukup terjangkau. Wisatawan yang akan memasuki tenggir park karanganyar akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang akan menikmati spot foto akan dikenakan biaya sendiri. Begitupun juga dengan biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Tenggir Park Karanganyar

Tidak hanya terkenal dengan konsep wisatanya yang Instagramable. Objek wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola sudah menyediakan fasiltias yang bagus guna menunjang aktivitas wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Wahana Bermain

Jam Buka Tenggir Park Karanganyar

Objek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Daya Tarik Tenggir Park Karanganyar

Objek wisata Tenggir Park berada di kaki Gunung Lawu. Lokasinya tidak jauh dari Taman Hutan Raya (Tahura) dan Candi Cetho. Tak heran jika wisata ini memiliki udara yang sejuk khas pegunungan.

Suasana yang akan anda dapatkan ketinga mengunjungi objek wisata ini sangat berbeda dengan yang lainya. Pepohonan rimbun yang menjulang tinggi dapat anda temukan dengan mudah.

Saat anda sampai di objek wisata, anda langsung dihadapkan dengan taman bunga, spot foto, rumah honai, sepeda layang, dan masih banyak.

Spot Foto Sepeda Melayang

Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Sensasi spot foto sepeda melayang (Image Source: Instagram)

Terdapat sebuah wahana yang unik yaitu sepeda terbang. Wahana ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba adrenalin. Dimana, wisatawan dapat menaiki sepeda di ketinggian. Anda tidak perlu khawatir sebab sudah dilengkap dengan pengaman yang sangat aman.

Bagi anda yang takut, bisa mencoba wahana karpet terbang terlebih dahulu. Disini pengunjung dapat melihat ketinggian dengan menaiki karpet. Karpet tersebut diletakan diatas papan kayu besi yang sudah diberi tali atasnya. 

Berbeda dengan karpet terbang, sepeda terbang hanya dapat dinaiki oleh satu orang saja. Pengunjung dapat menaiki sepeda diatas tali yang sudah ada. Anda tidak perlu khawatir sebab wahana tersebut sudah memiliki standart pengaman yang sangat bagus.

Spot Foto Rumah Honai

Bagi anda yang ingin menikmati sensasi rumah honai seperti yang berada di Papua tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana. Karena di Tenggir Park, terdapat spot foto rumah khas papua. Rumah Honai tersebut sengaja dibuat seperti dengan yang aslinya seperti bahan dan dinding rumah.

Meski bentuknya tidak seperti aslinya, namun konsepnya tetap mengadaptasi dengan yang aslinya. Namun perbedaanya terletak pada atap kerucut dan penyangga yang terbuat dari kayu. Sementara dipapua memiliki atas tumpuh.

Sarang Burung dan Pohon

Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Spot Foto Tenggir Park (Image Source: Instagram)

Terdapat juga spot foto yang sering digunakan oleh wisatawan, yaitu spot foto sarang burung dan pohon. Jika anda melihat sedikit ke atas, anda dapat melihat spot foto yang berbentuk sarang burung. Untuk mencoba spot foto tersebut, pengunjung harus menaiki tangga terlebih dahulu.

Spot Foto tersebut dibuat menggunakan ranting pohon dan beberapa kayu. Tak jauh dari sarang burung terdapat spot foto berupa gardu pandang. Gardu tersebut berada di sebuah pohon yang cukup tinggi. Untuk mencoba spot foto tersebut, pengunjung harus menaiki tangga yang terbuat dari kayu.

Wisata Dekat Tenggir Park Karanganyar

Candi Cetho

Candi Cetho merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Candi ini letaknya berada di lereng Gunung Lawu. Candi ini dibangun pada tahun 1451-1470 pada masa kerajaan Mahapahit.

Alamat Candi Cetho berada di Cetho, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah.

Taman Hutan Raya (Tahura)

Taman Hutan Raya atau yang biasa disebut dengan Tahura merupakan salah satu wisata alam yang berada di Karanganyar. Ketika menapakan kaki di objek wisata ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang rumbun.

Alamat Taman Hutan Raya berada di Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata tenggir park karanganyar. Anda juga bisa mengunjungi wisata karanganyar lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.