Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Jumog: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Harga Tiket: Rp10.000 - Rp25.000 Jam Buka: 07.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 55881.

Air Terjun Jumog - Karanganyar merupakan daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang tak ada habisnya. Disini, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi dengan tumbuhan hijau yang masih asri. Nama wisata tersebut yaitu Air Terjun Jumog Karanganyar.

Objek wisata air terjun ini berada di kaki Gunung Lawu yang telah dibuka untuk umum pada tahun 2004 lalu. Berjarak kurang lebih 30 menit dari Kota Karanganyar, pengunjung dapat menggunakan berbagai kendaraan untuk menuju ke objek wisata ini.

Bereda di dekat Gunung Lawu membuat udara sekitar air terjun terasa sejuk. Tidak hanya itu saja, sumber mata air terjun tersebut berasal dari pegunungan. Pengunjung dapat menikmati kesegaran mata air tersebut dengan bermain disekitar air terjun.

Air Terjun Jumog: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Air Terjun Jumog Karanganyar (Image Source: Instagram)

Untuk menuju ke air terjun, pengunjung harus menuruni seratus enam belas anak tangga yang menjadi tatangan. Namun, perjalanan tersebut tidak akan terasa melelahkan, sebab sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah.

Baca Juga: Sakura Hills Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Jumog

Alamat Air Terjun Jumog berada di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Jumog

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata ini tidak perlu khawatir, sebab akses dan kondisi jalan sudah sangat bagus.

Wisatawan yang sedang berada di solo dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini. Pertaman arahkan kendaraan anda menuju Jalan Raya Tawangmangu kemudian menuju arah tamasya Jumog kemudian Candi Sukuh - Kebun Teh Kemuning lalu Candi Cetho.

Sesampainya pertigaan sebelum Tamasya Alam Tawangmangu. Masuk ke dalam gerbang lalu berjalan kurang lebih 2 kilometer dengan melewati jalan yang cukup sempit lalu anda akan sampai di lokasi wisata.

Baca Juga: Tenggir Park Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Wisatawan yang akan menikmati keindahan serta kesegaran air terjun ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 dan Rp25.000 untuk wisatawan mancarnegara.

HARGA TIKET AIR TERJUN JUMOG
Harga Tiket Masuk  Rp 10.000
Harga Tiket Masuk  (Mancarnegara) Rp 25.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Air Terjun Jumog

Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola memang sudah menyediakan fasilitas yang lengkap guna menunjang aktivitas para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu:
  • Tempat Parkir
  • Kuliner
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebp
  • Warung
  • Kolam Tenang

Jam Buka Air Terjun Jumog

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Objek wisata ini buka dari pagi hingga sore.

JAM BUKA
Senin - Jumat08.00 - 16.00
Sabtu - Minggu07.00 - 17.00

Daya Tarik Air Terjun Jumog

Trekking Menuju Air Terjun

Setibanya di tempat parkir, anda harus melalukan perjalanan sejauh 400 meter dengan menyusuri jalur yang sudah tersedia. Jika dihitung dengan teliti, anda akan melwati 116 anak tangga.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Anda seolah-olah sedang berjalan menyusuri lembah belantara yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang masih asri. Apalagi lokasinya yang berda di kaki Gunung Lawu membuat udara sekitar terasa sangat sejuk.

Keindahan Sekitar Air Terjun

Air Terjun Jumog: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Tawangmangu (image Source: Instagram)
Keindahan alam disekitar air terjun ini sangat terasa, bagimana tidak disekitar air terjun terdapat rerimbunan hijau yang sangat menyejukan. Keindahan tersebut semakin lengkap dengan hadirnya punden berundak yang terbuat dari bebatuan alam.

Suara grojogan air terjun dipadu dengan suara alam sekitar membuat wisata ini dijuluki dengan The Lost Paradise atau surga yang hilang. Karena memiliki tinggi yang cukup, wisatawan yang berada disekitar air terjun dapat terkena percikan kecil-kecil.

Bermain di Sekitar Air Terjun

Berwisata di air terjun kurang lengkap rasanya jika tidak bermain air. Air Terjun Jumog yang memiliki ketinggian 30 meter ini mengalirkan air yang jernih. Pengunjung dapat bermain atau berenang di sekitaran air terjun. Namun harus sedikit berhati-hati karena bebatuan cukup licin.

Waktu yang paling tempat untuk mengunjungi objek wisata ini adalah saat musim kemarau. Saat musim kemarau air akan terasa jernih dan tidak memiliki arus yang deras. Sebaliknya jika anda mengunjunginya saat musim hutan, debit air akan sangat deras, bahkan saat-saat teretentu pengunjung dilarang bermain air disekitar air terjun.

Berburu Foto Instagramable

Berwisata kurang lengkap rasanya jika belum mengabadikan foto yang bagis. Bagi anda yang pecinta fotografi bisa menggunakan teknik Long Exposure yang sangat tepat unuk mendapatkan hasil foto yang halus. 

Keberadaan sebuah jembatan yang berada di depan air terjun menjadi kombinasi yang sangat indah. Tak heran jika banyak wisatawan sering berfoto di lokasi tersebut. Dari tempat ini kombinasi antara jembatan dan air terjun akan terlihat sangat jelas dan akan mendapatkan hasil foto yang bagus.

Wisata Dekat Air Terjun Jumog

Tenggir Park

Tenggir Park merupakan salah satu wisata yang berada di dekat Gunung Lawu. Pesona hijau alami yang masih terjaga dengan baik oleh pihak pengelola wisata menjadi daya tarik terendiri bagi wisatawa. Berabgai wahana permainan seperti rumah honau, taman, hutan pinus, hingga replika dan anda jumpai di objek wisata karanganyar ini.

Alamat Tenngir Park berada di Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Candi ini terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut. Candi ini ditemukan pada pemerintahan Gubernur Raffles pada tahun 1815 masehi.

Alamat Candi Sukuh berada di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun jumog. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.