Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Astana Giribangun: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Astana Giribangun

Astana Giribangun Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Dengkeng, Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57781.

Astana Giribangun - Karanganyar merupakan daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata museum. Salah satu museum yang berada di karanganyar bekas peninggalan Presiden Soeharto yaitu Astana Giribangun Karanganyar.

Astana Giribangun merupakan sebuah mausoleum bagi keluarga Presiden ke-2 yaitu Bp Soeharto. Kompleks makan ini berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 660 mdpl.

Astana Giribangun: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kompleks Makam Giribangun (Image Source: Gogglemaps)

Kompleks makan ini berdiri diatas sebuah bukit yang bernama Astana Mangadeg. Astana mangadeg sendiri merupakan salah satu pecahan Kesultanan Mataram. Astana tersebut menjadi tempat pemakaman Mangkunegara (MN) atau Pangeran Sambernyawa.

Baca Juga: Rumah Atsiri Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sejarah Astana Giribangun

Asatna Giribangun ini dibangun pada tahun 1974 oleh Yayasan Mengadeg Surakarta, dan diresmikan pada tahun 1976.

Kompleks makam ini dibuat untuk menghormati para penguasa Mangkunegaran, mengigat istri Soeharto yaitu Ibu Tien Soeharto merupakan salah satu keturunan Mangkunegoro III.

Kompleks makan ini memiliki tiga jenis tingkatan yang pertama Cungkup Argo Sari, Argo Kembang, dan yang paling Baawah cungkup Argo Tuwuh.

Pintu Astana Giribangun berada di sebelah utara sedangkan di sisi selatan berbatasan langsung dengan jurang yang dibawahnya terdapat Sungai Kali Kemin yang berkelok-kelok. Terdapat juga pintu dibagian utara yang menghubungkan kan Astana Mangadeg.

Selain kompleks pemakaman, terdapat juga sembilan bangunan seperti masjir, rumah istirahat khusus keluarga, gaupra utama, ruang tunggu, tempat istirahat bagi para peziarah, dan juga tempat parkir khusus keluarga.

Lokasi Rumah Astana Giribangun

Alamat Astana Giribangun berada di Dusun Dengkeng, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 35 kilometer dari kota Surakarta.

Rute Menuju Astana Giribangun

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota Karanganyar dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Alternatif Matesih atau Jl Keleng - Karanganyar kemudian menuju Jl Karangpandan - Matesih.

Belok ke kanan menuju Jl Karangpandan - Matesih kemudian menuju Jl TP. Joko Songo dan belok ke kiri hingga sampai di lokasi objek wisata.

Harga Tiket Masuk Astana Giribangun

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil dan minubus.

Fasilitas Astana Giribangun

Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata sejarah sekaligus religi tidak perlu khawatir mengenai fasilitas. Sebab pihak penglola sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Mushola
  • Warung
  • Papan Informasi

Jam Oprasional 

Objek wisata giribangun ini buka setiap hari senin sampai minggu dan buka mulai dari pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Baca Juga: Bukit Mongkrang Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Daya Tarik Astana Giribangun

Argosari

Astana Giribangun: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kompleks Makam Giribangun (Image Source: Gogglemaps)
Cangkup Argosari merupakan sebuah ruangan dengan luas 81 meter persegi. Tempat ini dilindungi oleh beberapa cungkup berupa rumah joglo khas Surakarta. Diruang ini dindingnya terbuat dari kayu dengan ukiran gaya Surakarta juga.

Ruangan ini memiliki lima makan, dari paling barat merupakan makam Hartini, di tengah makam Soemarharjo (ibu dan bapak bu Tien) dan yang paling timur merupakan makan Ibu Tien Soeharto.

Argokembang

Astana Giribangun: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gerbang Masung Komplek (Image Source: Gogglemaps)
Argokembang merupakan tempat makan yang berada di bagian utama. Makam ini memiliki luas 567 meter persegi. Tempat ini juga dibagi menjadi 116 badan, tempat ini menjadi pemakaman pengurus pleno dan Yayasan Mangadeg serta keluarga besar Mangkunegaran.

Argotuwuh

Argotuwuh merupakan tempat dengan luas 729 meter persegi. Tempat ini memliki 156 badan. Sama seperti dengan Cungkup Argo Kembang, tempat ini merupakan makam para pengurus Yayasan Mangadeg dan keluarga Mangkunegaran lainya.

Wisata Dekat Astana Giribangun

Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia merupakan bekas pabrik pengolahan tanaman atsiri yang diolah menjadi minyak dari tumbuhan. Seiring berkembangnya waktu, rumah ini berubah menjadi salah satu wisata edukasi yang sangat menarik.

Alamat Rumah Atsiri Karanganyar berada di Jalan Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Grojogan Jurang Jero

Air Terjun Jurang jero merupakan salah satu wisata air terjun yang memiliki keindahan yang memukai. Sebelum mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati jalan setapak dan area persawahan yang dikelilingi oleh pohon durian miliki warga setempat.

Alamat Grojogan Jurang Jero berada di Gerdu, Karangpandan, Kalongan, Gerdu, Kec. Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata astana giribangun karanganyar. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya dengan mematuhi protokol kesehatan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.