Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benteng Vastenburg Solo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Benteng Vastenburg Solo

Benteng Vastenburg Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57133.

Benteng Vastenburg Solo - Solo atau yang biasa disebut dengan Surakarta merupakan daerah yang terkenal degan tempat wisata budaya dan sejarah yang sangat kental. Tak jauh dari pusat kota terdapat sebuah wisata sejarah bekas zaman penjajahan Belanda. Nama wisata tersebut yaitu Benteng Vastenbrug.

Benteng Vastenburg atau Fort Vastenburg merupakan benteng peninggalan kolonial belanda sejak tahun 1800-an.

Benteng dini dahulu bergungsi sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhkan pertahanan militer pada saat perang. Sebelum tahun 2010, benteng ini tidak sebagus seperti sekarang. Namun, pemerintah terkait sudah mulai melakukan restorasi yang kemudian dibuka menjadi destinasi wisata sejarah baru di Solo.

Sejarah Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg Solo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Benteng Vastenburg Surakarta (Image Source: Instagram)

Benteng Vasterburg atau Fort Vastenburg merupakan benteng yang dibangun pada tahun 1745 oleh Gubernur Jendral Baron Van Imhoff. Pembangunan benteng ini bertujuan sebagai tempat pengawasan kota Surakarta oleh pemberontak pemerintah belanda.

Benteng ini mempunyai tinggi sekitar 6 meter juga mememiliki fungsi lain sebagai pusat garnisun. Bentuk benteng ini berupa bujur sangkar dengan ujungnya yang terdapat ruang selekon (Bastion).

Benteng ini juga memiliki beberapa barak yang memiliki fungsi masing-masing. Ditenganya terdapat sebuah lahan terbuka yang biasa digunakan untuk upacara bendera atau apel.

Tempat ini dulunya juga digunakan sebagai markas TNI pada tahun 1970 - 1980. Bangunan ini dimanfaatkan menjadi tempat pelatihan prajurit TNI dan menjadi markas besar Brigade Infantri 6 atau Trisakti Baladaya Kostrad.

Baca Juga: Pandawa Water World: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Benteng Vasterburg 

Alamat Benteng Vasterburg berada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat kota Solo.

Rute Menuju Benteng Vastenburg

Nah bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa menggunakan kereta api jurusan Stasiun Purwosari Solo. Dari Stasiun anda bisa menyewa kendaraan atau berjalan kaki menuju Jalan Jendral Soedirman.

Setelah itu ambil arah menuju Kedung Lembu lalu menuju Pasar Kliwon, kemudian Kota Surakarta. Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan bantuan Goggle Maps.

Baca Juga: Grojogan Sewu Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tiket Masuk Benteng Vastenburg

Wisatawan yang akan melihat bangunan sejarah ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun wisatawan tidak diperbolehkan masuk jika terdapat acara tertentu.

Fasilitas Benteng Vastenburg

Berbicara mengenai fasilitas anda tidak perlu khawatir lagi, sebab objek wisata ini memiliki banyak sekali fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranay sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Stand Pertunjukan
  • Kantin
  • Toilet
  • Kantin
  • Plasa

Jam Buka Benteng Vastenburg

Wisatawan dapat menggunjungi benteng ini kapan saja. Sebab pihak pengelola memperbolehkan wisatawan untuk datang setiap waktu. Namun waktu yang sangat bagus untuk datang ke benteng ini adalah saat pagi hingga sore hari.

Daya Tarik Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg Solo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gerbang Masuk menuju Benteng (Image Source: Gogglemaps)
Namanya yang hampir sama dengan Benteng Vredeburg yang berada di Jogja sering membuat wisatawan kebalik menyebutnamanya. Benteng Vastenburg merupakan benteng yang beridi bada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jendral Baron Van Imhoff.

Benteng ini berada di atas lahan seluas 7 hektare. Dulunya benteng ini tidak terurus cukup lama, kemudian pemerintah terkait melakukan restorasi dab beralih fungsi menjadi tempat wisata sejarah di Solo.

Benteng Pertahanan

Dahulu pembangunan benteng ini bertujuan untuk mengawasi kota Solo dari para pemberenontak. Sehingga menjadi pusat garnisun pada saat itu. Setelah indoneisa merdeka, benteng ini beralih fungsi menjadi pertahanan TNI terhadap penjajah kala itu. Kemudian pada tahun 1970 hingga 1980 menjadi pusat pelatihan prajurit TNI.

Keunikan Bangunan Benteng

Dalam benteng ini terdapat tembok yang menjadi benteng pertahanan, uniknya lapangan tersebut memiliki bentuk bujur sangkar. Tembok tersebut memiliki ketinggian kurang lebih enam meter. Setiap sudutnya terdapat ruang yang bernama bastion.

Sekitar benteng juga terdapat parit yang cukup lebar, sebagian besar bangunan dahulu merupakan barak militer. Lapangan tersebut berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para prajurit.

Cagar Budaya

Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata sejarah solo ini akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan sejarah yang tidak didapatkan ditempat lainya. 

Disamping menjadi obejek wisata sejarah, benteng ini juga digunakan oleh kalangan anak muda sebagai spot foto. Bangunan yang terlihat aestetic menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang terdapat pasangan yang menggunakan tempat ini untuk sesi foto pre-wedding.

Wisata Kuliner Galabo

Saat berwisata ke Benteng Vastenburg, pastikan anda tidak melupakan kuliner Galabo. Tempat wisata kuliner ini lokasinya berada di samping benteng. Wisatawan dapat mencari berbagai makanan dan minuman, total terdapat 50 pedangan di tempat ini.

Untuk saat ini, Galabo menjadi salah satu rumah 28 pedagang kuliner khas Solo. Beberapa kuliner yang dapat anda nikmati meliputi Sate Kere Yu Rebi yang menjadi makanan favorit Presiden Joko Widodo. Terdapat juga Tengkleng yang melegenda seperti Tengkleng Klewer Bu Edi Serta Rawon Penjara.

Wisata Dekat Benteng Vastenburg

Alun-Alun Kidul Surakata

Alun-Alun Kidul merupakan salah satu tempat kelancaran hubungan antara Kraton Surakarta dengan masyarakat. Tempat ini juga menjadi lambang kesatuan sakral antara raja dan para bangsawan yang tinggian dekat alun-alun. Tempat ini menjadi salah satu wisata malam kota solo bagi kalangan orang.

Alamat Alun-Alun Kidul berada di Jalan Gading, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu istana megah yang berada di Solo. Tempat ini menjadi salah satu pusat budaya dan seni yang berada di kota Solo. Pura Mangkunegaran didirikan pada tahun 1757 masehi setelah kemarian Amangkurat IV dari Kerajaan Mataram.

Alamat Pura Mangkunegaran berada di Keprabon, Kec, Banjasari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata sejarah benteng vastenburg surakarta. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata solo lainya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.