Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukit Baper Bumijawa: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Bukit Baper Bumijawa

Bukit Baper Bumijawa Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 07.00-17.30 No. Telepon: - Alamat: Batusari, Sirampomg, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52272.

Bukit Baper Bumijawa - Tegal merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Tak jauh dari kota Tegar terdapat sebuah wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Nama wisata tersebut yaitu Bukit Baper Bumijawa Tegal.

Nama wisata ini sebenarnya adalah Batursari Perkemahan atau yang biasa disingkat dengan Baper. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1200 mdpl dan merupakan salah satu wisata yang berada di perbatasan antara Brebes dan Tegal.

Bukit Baper Bumijawa: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Bukit Baper Bumijiwa Brebes - Tegal (Image Source: Instagram)

Wisata ini tergolong masih baru dan baru terkenal beberapa tahun terakhir. Terdapat beberapa spot foto Instagramable yang cukup unik, dimana cocok sekali bagi anda yang sudah mempunyai pasangan.

Baca Juga: Curug Putri Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Bukit Baper Bumijawa

Alamat Bukit Baper Bumijawa berada di Batusari, Sirampong, Brebes, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Brebes dan 48 kilometer dari pusat kota Tegal.

Rute Menuju Bukit Baper Bumijiwa

Nah bagi anda yang sedang berada di Kota Brebes dan Tegal dapat menggunakan rute berikut ini.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Raya Luwunggede kemudian menuju Jl Raya Bulu. Setelah itu ambil jalan alternatif menuju Pejangan - Prupuk kemudian menuju ke Margasari atau Pejagan - Bumiayu.

Iktui saja Jl Raya Tegal - Purwokerto - Cilacap lalu menuju ke Jl Bojong. Lanjutkan menuju Jl Raya Tuwel - Bumijiwa. Ikuti Jl Bumijiwa di Tembelng lalu belok ke kiri menuju Bukit Batursari Perkemahan.

Sedangkan dari Tegal, arahkan kendaraan anda menuju Jl Banjaranyar - Tegal. Ikuti Jl Raya Tegal - Purwokerto belok kiri menuju Bojong kemudian menuju Jl Raya Tuwel - Bumijawa, lalu menuju ke Bukit Baper Brebes.

Baca Juga: Hutan Mangrove Pandansari: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Bukit Baper

Untuk menikmati pemandangan alam yang indah, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Wisatawan yang akan memasuki Bukit Baper akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang.

HARGA TIKET BUKIT BAPER BUMIJAWA
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 6.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Bukit Baper

Berbicara tentang fasilias, pihak pengeloal objek wisata brebes ini sudah menyediakan sarana-prasarana yang cukup lengkap guna menunjang aktivitas para wisatawa. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung
  • Camping Ground

Jam Buka

Objek wisata Bukit Baper Brebes buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 07.00 - 17.30 WIB.

Daya Tarik Bukit Baper Sirampong

Kendahan Alam

Bukit Baper Bumijawa: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Panorama alam dari puncak bukit (Image Soure: Instagram)
Panorama keindahan alam yang ditawarkan dari ketinggian bukit ini tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat melihat Gunung Slamet dan perbukitan yang berada di sekitarnya dengan sangat jelas. Suasana udara yang sejuk dan dingin akan membuat anda terasa nyaman ketika sedang berada di objek wisata ini.

Saat anda datang pagi hari, anda juga dapat melihat kabut awan putih. Jika sedang berkabut, maka akan terlihat seperti di Wisata Goa Kreo. Banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai wisata dengan Negeri Sepantaran Awan.

Gardu Pandang

Wisata ini menyedikan gardu pandang, dari atas gardu pandang pengunjung dapat melihat landscape Kota Tegal - Brebes. Dari puncak ini wisatawa juga dapat melihat hamparan sawah serta pepohonan hijau yang tumbuh subur dan rumah penduduk yang terlihat sangat kecil.

Bahkan jika cuaca sedang berkabut, pengunjung dapat melihat kabut-kabut tipis yang sedang berjalan. Oleh sebab itu, pastikan anda membawa perlengkapan seperti baju hangat dan alat untuk mengabadikan moment seperti kamera dan smartphone.

Spot Foto Insatagramable

Bagi anda yang ingin mencari tempat wisata dengan spot foto yang Instagramable, tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Objek wisata bumijwa memiliki beberapa spot foto seperti tulisan "I Love You" yang sering digunakan oleh wisatawan.

Terdapat juga spot foto kursi yang terbuat dari kayu. Spot foto juga memiliki pemandangan dengan latar belakang yang tak kalah bagus.

Camping

Sebagamana dengan namanya, Bukit Batursari Perkemahan merupakan suatu tempat untuk camping. Nah bagi anda yang ingin merasakan suasana bermalam dari bukit ini tak salah mencobanya untuk camping. Bermalam sambil menikmati suasana malam dibukit ini tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Wisata Dekat Bukit Baper 

Oemah Pinus Tegal

Oemah Pinus Tegal merupakan salah satu wisata alam baru yang lokasinya berada di lereng Gunung Slamet. Wisata ini menyuguhkan keindahan alam hutan pinus. Suasana yang nyaman dengan udara yang sejuk menjadikanya banyak diminati oleh wisatawan.

Alamat Oemah Pinus Tegal berada di Desa Sigendong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Bukit AADT 

Bukit AADT merupakan salah satu bukit dengan pemandangan alam yang sangat indah. nama AADT sendiri berasal dari tukang atau yang biasa disebut dengan Bukit Tukung Sirampong. Objek wisata pasti akan menjadi destinasi wisata favorit suatu saat nanti.

Alamat Bukit AADT berada di Desa Batursari, Sirampong, Brebes, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata bukit baper bumijawa. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata tegal lainya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.