Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Gedong Songo Semarang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Candi Gedong Songo Semarang

Candi Gedong Kuning Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.00-16.30 No. Telepon: - Alamat: Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50614.

Candi Gedong Songo Semarang - Semarang merupakan daerah yang terkenal dengan tempat wisata sejarah yang cukup terkenal. Tak jauh dari Kota Lama terdapat sebuah tempat sejarah peninggalan dahulu kala. Nama wisata tersebut yaitu Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo merupakan cadi peninggalam agama Hindu. Candi ini berada di kaki Gunung Unggaran, dimana tempat tersebut memiliki pemandangan alam yang cantik.

Candi Gedong Songo Semarang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gerbang masuk menuju Candi Gedongsongo (Image Source: Gogglemaps)

Keberadaan candi yang berada di dekat gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kemegahan bangunan candi, membuat wisatawan dapat melakukan berabgai aktivitas seperti berfoto atau hanya sekedar menikmati bangunan candi.

Baca Juga: Taman Bunga Celosia Bandungan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Candi Gedong Songo

Objek wisata ini berada di Krajan, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 32 kilometer dari pusat kota Semarang.


Rute Menuju Candi Gedong Songo

Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat menggunakan dua rute sebagai berikut ini: 

Dari Arah Grobogan Purwodadi

Bagi wisatawan yang berasal dari daerah tersebut dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Gubug - Kedungjati - Tuntang - Bawean - Bandungan - Gedong Songo.

Setibanya di POM Bensin Lemah Abang, anda akan menemukan pertigaan ambil saja arah menuju Bandungan. Ikuti saja jalan tersebut sampai di POM Bensin Palbapang kemudian belok ke kanan, tak jauh dari pom bensin anda akan menemukan penunjuk arah menuju objek wisata.

Dari Arah Salatiga, Solo, dan Boyolali

Apabila anda dari ketiga daerah diatas bisa ambil arah menuju Jalan Raya Semarang - Solo. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk arah menuju Bandungan. Sesampainya di Pom Bensin Lemah Abang ikuti saja papan penunjuk arah menuju objek wisata.

Nah bagi wisatawan yang berda di daerah lainya bisa menggunakan bantuan aplikasi Goggle Maps untuk mempermudah menemukan lokasinya.

Baca Juga: 5+ Wisata Semarang untuk Anak yang Wajib di Kunjungi

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Wisawatan yang akan memasuki kawasan wisata Candi Gedong Songo akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang untuk hari Senin - Jumat dan Rp10.000 untuk hari Sabtu - Minggu.

Karena lokasinya yang berada di perbukitan, pengunjung juga dapat menyewa kuda dengan tarif yang berbeda disetiap candinya.

HARGA TIKET CANDI GEDONG SONGO
Harga Tiket (Weekday) Rp 8.000
Harga Tiket (Weekend) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Sewa Kuda Rp 20.000 - Rp 50.000

Fasilitas Candi Gedong Semarang

Objek wisata candi ini sudah dilengkap dengan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan wisatawan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Warung
  • Toilet
  • Mushola
  • Souvenir
  • Papan Informasi

Jam Oprasional

Wisata Candi Gedong Semarang buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 07.00 - 16.30 WIB.

Daya Tarik Candi Gedong Songo

Keindahan Candi

Candi Gedong Songo Semarang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kawasan Kompleks Candi (Image Source: Gogglemaps)
Kompleks kawasan candi berada di kaki gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl. Maka tak heran jika suhu disekitar candi berkisar 19 sampai 27 derajat celcius.

Wisatawan dapat menikmati keindahan sembilan candi. Setiap candi menawarkan keindahan serta keunikan tersendiri. Semakin tinggi lokasi candi, pemandangan yang akan didapatkan semakin bagus.

Berkuda Mengelilingi Kompleks Candi

Nah bagi pengunjung yang tidak ingin bersusah payah berjalan kaki menuju candi dapat menyewa kuda. Di pintu masuk anda akan ditawari oleh persewaan kuda.

Setibanya di kawasan candi, pengunjung juga dapat melihat pemandian air panas yang berasal dari belerang. Nah, pengunjung juga bisa berfoto ditempat ini.

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Soongo berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan udara yang sangat sejuk.

Kompleks kawasan candi ini pertama kali ditemukan oleh loten pada tahun 1740. Nama Gedong sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti rumah atau bangunan dan Songo yang berarti Sembilan. Jadi Gedong Song mempunyai arti sembilan bangunan.

Tidak seperti namanya, wisatawan yang berkunjung hanya dapat melihat 5 bangunan candi saja. Lalu dimanakah sisa empat candi tersebut berada?

Pembangunan candi di lereng Gunung Ungaran bukan tanpa alasan. Sejak zaman dahulu umah agama Hindu mempercayai bahwa gunung merupakan tempat tinggalnya para Dewa dan di percayai sebagai tempat persembahan kepada roh leluhur mereka.

Di kawasan candi juga terdapat gambar yang dipercayai merupakan kepercayaan kepada Parswadewata, yaitu persembahan ruh nenek moyang yang sudah bersatu dengan Siwa. Hal tersebut disimobilkan dengan keberadaan Lingga - Yoni yang di kawal oleh tiga dewa sekaligus yang bernama Durga, Ganesha, dan Agastya.

Wisata Dekat Candi Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo merupakan salah satu wisata kekinian dengan berabagai spot foto Instagramable. Terdapat kurang lebih 35 spot foto kekinian yang dapat anda temukan di Ayanaz Gedongsongo.

Alamat Ayanaz Gedongsongo berada di Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia Bandungan merupakan wisata yang menawarkan berupa pemandangan alami dengan latar belakang Gunung Ungaran. Taman bunga ini menawarkan spot foto dengan latar belakang kebun bunga yang berwarna-warni.

Alamat Taman Bunga Celosia berada di Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artike dari yanacircle.com tentang wisata candi gedong songo semarang. Sobat traveller juga bisa mengunjungi tempat wisata semarang lainya yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.