Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Pangkuan Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Candi Pangkuan Brebes

Candi Pangkuan Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Cilibur, Paguyungan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52276.

Candi Pangkuan - Berbicara mengenai candi tentu sudah tidak asing lagi. Bangunan bersejarah ini dulunya merupakan tempat sembayang para raja-raja zaman dahulu. Tak jauh dari kota Brebes terdapat sebuah bangunan yang bernama Candi Pangkuan.

Candi Pangkuan ini memiliki bentuk batu lonjong dengan ukuran 50 centimeter. Keberadaan batu tersebut tidak diketahui asal-usulnya dari mana. Candi ini memiliki luas sekitar 4 hektare dan disekelilingnya terdapat tumbuhan dan pepohonan yang cukup rimbun.

Candi Pangkuan Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Batu peninggalan zaman dahulu (Image Source: Instagram)

Dalam area candi terdapat 40 makam dan beberapa ukuranya memiliki ukuran yang cukup besar. Menurut masyarakat setempat, pohon besar yang berada di dekat candi sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Baca Juga: Waduk Malahayu Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Candi Pangkuan

Alamat Candi Pangkuan berada di Hutan, Clilibur, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Brebes dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan.

Rute Menuju Candi Pangkuan

Nah, bagi anda yang sedang berada di Kota Brebes dapat menggunakan rute berikut ini.

Ambil Jl Letjen Suprapto - Jl Gajah Mada - Jl Sultan Agung - Jl Raya Terlangu - Jl Raya Jatibaran - Brebes ke Jl Pramuka.

Setelah arahkan kendaraan nada menuju Jl Margaasri - Jatibarang - Jl Raya Tegal - Purwokerto - Jl Tegal - Cilacap di Margasari. Tetap di Jl Raya Tegal - Purwokerto ke Adisana. Tetap berada di Jl Cilibur - Bumiayu hingga sampai di lokasi wisata.

Baca Juga: Curug Bentar Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Candi Pangkuan

Bagi anda yang akan memasuki kawasan candi ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak sebab wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang cukup terjangkau untuk melihat bangunan sejarah ini.

HARGA TIKET CANDI PANGKUAN
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000

Fasilitas Candi Pangkuan

Berbicara mengenai fasilitas, candi ini belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Namun, pengunjung dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah disediakan warga setempat seperti tempat parkir, warung kecil, dan beberapa fasilitas lainya.

Jam Oprasional

Candi Pangkuan buka setiap hari Senin - Minggu kecuali Jum'at dan buka mulai dari pukul 08.00 - 17.00 WIB.

JAM BUKA
JumatTutup
Senin - Minggu08.00 - 17.00 WIB

Sejarah Candi Pangkuan

Candi Pangkuan merupakan candi yang berbentu lonjong dengan tinggi 50 cm. Disekitar candi terdapat 40 makam yang tiga diantaranya merupakan makam Kyai Wisnu, Kencana Wungu, dan Nyi Rantam Sari. 

Menurut masyarakat setempat, ketiga orang tersebut merupakan orang pertama kali yang menempati daerah brebes bagian selatan.

Sejarah candi ini masih simpang siur karena belum ditemukanya bukti yang cukup kuat. Namun menurut masyarakat setempat, kawasan ini dahulu digunakan sebagai upacara keagamaan pada masa kerajaan.

Candi yang memiliki luas 4 hektare ini ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1965. Hingga saat ini, kawasan candi dibuka sebagai wisata sejarah brebes.

Daya Tarik Candi Pangkuan

Candi Pangkuan Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Suasana seikar Candi Pangkuan Brebes (Image Source: Instagram)
Sebenarnya candi ini memiliki potensi wisata yang cukup besar jika dikembangkan menjadi destinasi wisata brebes. Salah satunya seperti Monkey Forest Bali yang sangat terkenal itu. Hampir sama dengan Mongkey Forest, disekitar candi terdapat ratusan dengan ukuran yang beragam.

Untuk kedepanya semoga pemerintah daerah setempat atau pihak swasta mau menggembangkan objek wisata ini. Pembangunan destinasi wisata tentu sangat bermanfaat terutama dibidang sektor ekonomi.

Jika dikelola dengan tepat dan profesional, mungkin akan meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat setempat.

Wisata Dekat Candi Pangkuan

Curug Awu

Curug Awu merupakan salah satu curug yang memiliki dua sumber mata air sekaligus. Kedua sumber tersebut di berinama Tuk Wangkang dan Setara Manggala. Pengunjung yang akan melihat curug harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan yang cukup terjal.

Alamat Curug Awu berada di Dukuh Gronggongan, Desa Wanaereja, Kec. Sirampang, Brebes, Jawa Tengah.

Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng merupakan wisata brebes yang memiliki keindahan alam mempesona. Objek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Saat akhir pekan atau musim liburan, wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Alamat Telaga Ranjeng berada di Pandansari, Kec. Paguyungan, Brebes, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi pangkuan brebes. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata brebes lainya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.