Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Candi Selogriyo Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Candi Selogriyo Magelang

Candi Selogriyo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Hutan, Windusari, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56152.

Candi Selogriyo Magelang - Magelang merupakan daerah yang terkenal dengan Kota Bunga. Tempat ini memiliki banyak sekali tempat wisata, seperti wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata sejarah. Salah satu wisata sejarah yang berada di magelang yaitu Candi Selogriyo.

Candi ini lokasinya berada di lereng Gunung Sumbing sebelah timur. Candi ini terletak di lokasi yang cukup terpencil dari pemukiman penduduk diantara bukit Giyanti, Condong dan Malang.

Sejarah Candi Selogriyo

Candi Selogriyo Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Candi Selogriyo Magelang (Image Source: Instagram)

Menurut sumber yang sudah didapatkan, candi ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu pada abad ke-8 Masehi. Candi Selogriyo merupakan sebuahan kawasan purbakala yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu.

Kawasan candi juga digunakan sebagai tempat pemujaan para tokoh agama Hindu yang terlebih dulu memilih tempat terpencil. Melihat lokasinya yang berada di daerah terpencil, candi ini berada di dekat sungai dengan sumber mata air.

Candi ini juga memiliki bekas prasasti sebagai perkembangan nilai ke agamaan agama Hindu. Dilihat dari bentuknya dan lokasinya yang berada di ketinggian, menunjukan bahwa para dewa bersemayam di tempat yang cukup tinggi.

Pada saat dilakukan pemugaraan, pihak dinas pariwisata dan instansi terkait juga tidak mengubah bentuk candi, agar keberadaanya tetap terjaga secara alami.

Baca Juga: Candi Pawon: Lokasi, Rute, Dan Harga Tiket Masuk 

Lokasi Candi Selogriyo

Alamat Candi Selogriyo berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisata sejarah ini berjarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota Magelang.

Jika dilihat dari tempatnya, candi ini berada di antara tiga perbukitan yaitu Bukit Condong, Bukit Giyanti, dan Bukit Malang. Ketinggian ketiga bukit tersebut berkisar antara 700 - 800 mdpl.

Rute Menuju Candi Selogriyo

Bagi wisatawan yang sedang berada di Kota Magelang dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, anda bisa lewat Kecamatan Bandongan, ikuti saja jalan yang berada di Kota Magelang yang mengarah ke daerah Bandongan. Setelah tiba di Bandongan anda akan menjumpai pertigaan lalu ambil ke arah Windusari.

Sedangkan untuk rute ke dua perjalanan akan sedikit lebih jauh, namun anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Secang, setelah menjumai pertigaan ambil arah menuju Wisata Kalibening.

Dari kedua rute tersebut anda dapat memilih, setiap rute ada kekurangan dan keunggulanya masing-masing. Bagi anda yang masih kebinggungan menemukan lokasinya bisa menggunakan bantuan Goggle Maps.

Baca Juga: Punthuk Setumbu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 2021

Harga Tiket Masuk Candi Selogriyo

Wisatawan yang akan menikmati kawasan candi akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua atau motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas Candi Selogriyo

Berbicara mengenai fasilitas, objek wisata magelang ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola sudah membangun beberapa fasilitas guna menunjang aktivitas para wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Papan Informasi
  • Toilet
  • Warung
  • Tempat duduk atau Gazebo

Jam Buka Candi Selogriyo

Objek wisata candi sekaligus sejarah ini buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 08.00 - 16.00 WIB.

Daya Tarik Candi Selogriyo

Struktur Bangunan Candi

Candi yang berada di ketinggian 740 mdpl ini memiliki luas kurang lebih 300 meter peregi. Candi ini menghadap ke arah timur, selain itu di dalam candi terdapat beberapa bilik kosong. Menurut penilitan dari beberapa narasumber, bilik itu digunakan sebagai tempat simbol dari Dewa Siwa.

Dari empat dinding candi terdapat lima relung yang menjadi tempat berdirinya arca yang berwujud dewa. Beberapa Arca tersebut diantaranya Arca Durga Mahisasuramardini di sebelah utara, Ganesha di sebelah barat, Agatsya di sebelah selatan, Nandiswara dan Mahakala disebelah timur.

Pemugaran Candi

Candi Selogriyo ditemukan pertama kali oleh Hartman pada tahun 1835 pada saat masa penjajahan Belanda. Saat pertama kali ditemukan, bentuk candi dalam keadaan tidak utuh seperti sekarang ini melainkan pecahan bebatuan bagian candi.

Kemudian pada bulan Desember tahun 1998, candi ini hancur akibat bukit tempat candi beridiri longsor. Hal tersebut karena lokasi candi yang berada di atas perbukitan dan lereng-lereng. Karena hal tersebut kemudian candi dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Wisata Budaya

Tak jauh dari kawasan candi terdapat sebuah pentas kebudayaan Jawa. Pentas tersebut diadakan setiap bulan jawa, suro, malam jumat kliwon, dan malam selasa kliwon. Tempat ini biasanya didatangi oleh orang untuk nyuwunke kuda lumping.

Pada musim libur sekolah, kawasan sekitar candi juga digunakan sebagai tempat perkemahaan anak-anak sekolah yang berasal dari Magelang dan Yogyakarta.

Wisata Alam

Candi Selogriyo Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Terasering yang berada di dekat Candi Selogriyo (Image Source: Instagram)
Selain dapat menikmati keindahan candi, wisatawan juga dapat melihat panorama alam berupa gunung dan persawahan yang masih asri. Berbeda lagi dengan Borobudur, Mendut, dan Ngawen. Wisatawan yang berkunjung ke Candi Selogriyo biasa menyebutnya dengan hiking.

Akses jalan menuju candi dari tempat parkir berupa jalan setapak dengan medan bebatuan sepanjang 2 kilometer. Hal tersebut tentu sangat cocok bagi anda yang memppunyai hoby mendaki gunung.

Wisata Dekat Candi Selogriyo

Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Dunia. Candi ini dibangun pada abad ke-9, candi ini sekarang menjadi salah satu wisata magelang yang mampu menarik jutaan wisatawan lokal dan mancarnegara.

Alamat Candi Borobudur berada di Jl Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan salah satu candi yang bekatikan dengan Candi Pawon dan Candi Borobudur. Nama mendut sendiri berasal dari kata Venu, Vana, dan Mandira yang berarti candi ini lokasinya berada di tengah hutan bambu. Candi mendut dibangun pada masa dinasti Syailendra pada tahun 824 masehi.

Alamat Candi Mendut berada di Jl Magelang Sumberejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata sejarah candi selogriyo magelang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata magelang lainya yang tak kalah indah. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.