Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Silawe Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Silawe

Curug Silawe Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 08.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Sutopati, Kajora, Magelang, Jawa Tengah, 56153.

Curug Silawe - Magelang merupakan daerah yang terkenal dengan keberadaan Candi Borobudur yang sangat terkenal. Namun siapa sangka, kota yang dikenal dengan julukan kota bunga ini memiliki desitinasi wisata alam yang sangat menyegarkan. Nama wisata tersebut yaitu Curug Silawe Magelang.

Curug Silawe terkenal dengan kesegaran airnya yang masih terjaga. Lokasinya yang berada di pedesaan membuat objek wisata ini tidak terlalu ramai. Namun siapa sangka, dengan sedikitnya pengunjung, banyak wisatawan yang terpesona dengan keindahan curugnya yang sangat asri.

Curug Silawe Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Curug Silawe Magelang (Image Source: Gogglemaps)

Tidak hanya itu saja, lokasi curug yang berada di dekat Ketep Pass dan Kedung Kayang membuat juga bisa menjadikan objek wisata ini menjadi alternatif kedua setelah kedua wisata tersebut.

Baca Juga: Mangli Sky View Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Silawe

Alamat Curug Silawe berada di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di sebelah Barat Alun-Alun Magelang berjarak 20 kilometer. Desa Sutopati ini berbatasan langsung dengan Wonosobo.

Rute Menuju Curug Silawe

Bagi anda yang sedang berada di Kota Magelang bisa melanjutkan perjalanan meuju Jalan Bandongan - Kaliangkirk. Dari sini lurus kemudian ikuti petunjuk arah jalan hingga menemukan papan penunjuk arah menuj Curug Silawe.

Hal yang harus anda perhatikan nantinya anda akan melwati pedesaan dengan jarak kurang lebih 8 kilometer sebelum tiba di lokasi curug.

Jalan menuju curug sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan motor maupun motor, namun baiknya menggunakan motor saja karena jalan pedesaan cukup sempit dan sedikit rusak.

Baca Juga: Air Terjun Grenjengan Kembar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Silawe

Wisatawan yang akan memasuki Curug Silawe akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang. Dengan harga yang cukup murah, wisatawan dapat menikmati pesona air terjun yang masih terjaga keasrianya.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

HARGA TIKET CURUG SILAWE
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 6.000
Parkir Motor Rp 2.000
Wahana Teras Kaca Rp 5.000

Fasilitas Curug Silawe

Fasilitas yang berada di Curug Silawe dan Curug Sigong belum terlalu banyak. Artinya wisatawan harus membawa sendiri perbekalan dari rumah. Pembangunan beberapa fasilitas masih terkendala karena lokasinya yang berada di pedasaan, dimana harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk menuju curug.

Jam Oprasional

Objek wisata Curug Silawe dan Curug Sigong buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 08.00 - 17.00 WIB.

JAM BUKA
Senin - Minggu08.00 - 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Silawe

Curug Silawe dan Curug Sigong merupakan wisata air terjun yang lokasinya beredekataan. Kedua air terjun ini memiliki sumber air yang berasal dari Gunung Sumbing. Dengan begitu, kesegaran airnya sangat terjaga. Tidak hanya itu saja, pada saat musim kemarau curug ini tidak pernah kering.

Hanya saja saat musim kemarau, debit air tak sebegitu besar seperti musim hujan. Curug Silawe memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Wisatawan dapat berenenag disekitar curug namun tak disarakan berada di bawah curug langsung.

Curug Silawe

Curug Silawe merupakan air terjun yang bersumber dari Gunung Sumbing. Dengan begitu, kondisi air terjun ini memiliki air yang segar dan bersih. Disekitar air terjun juga dipenuhi dengan bebatuan dan tumbuhan hijau.

Nah setelah menikmati keindahan curug silawe, anda juga bisa melihat Curug Sigong yang lokasinya tak jauh dari air terjun yang pertama. Perbedaan diantara kedua curug terletak pada air terjun tunggal serta debit air yang tidak terlalu besar.

Begitupun dengan ketinggian Curug Sigong yang lebih pendek. Bagi anda yang mempunyai hobby fotografi, di tempat ini juga terdapat sebuah jembatan yang bentuknya sedikit melengkung. Biasanya pengunjung memanfaatkan objek tersebut sebagai latar belakang foto.

Wisata Dekat Curug Silawe

Curug Sigetik

Curug Sigetik merupakan salah satu air terjun yang berada di Magelang. Air terjun ini memiliki air yang cukup deras, meskipun begitu wisatawan diperbolehkan bermain air disekitar wisata. Namun pengunjung harus berhati-hati karena jalan menuju curug sedikit licin.

Alamat Curug Sigetik berada di Kopeng Wetan, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug silawe magelang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata magelang lainya yang tak kalah seru dengan mematuhi protokol kesehatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.