Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Grojogan Sewu Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 07.30 - 16.00 No. Telepon: 0857-2838-9656  Alamat: Jl Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792.

Grojogan Sewu Tawangmangu - Karanganyar terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sangat indah dan murah meriah. Berbicara tentang wisata tentu kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Tawangmangu. Salah satu wisata fenomenal tersebut yaitu Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu.

Grojogan Sewu merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Karanganyar. Wisata ini terkenal dengan pemandanganya serta udaranya yang sangat sejuk. Hal tersebut karena lokasi air terjun berada di kaki Gunung Lawu.

Grojogan Sewu Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Grojogan Sewu (Image Source: Instagram)

Air Terjun Grojogan Sewu sendiri memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Wisatawan akan dihadapatkan dengan dua pintu masuk yang dapat dipilih. Pintu masuk pertama lokasinya berada di dekat Taman Balekambang. Sedangkan yang kedua berada di dekat River Hill.

Baca Juga: Sakura Hills Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Mitos Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar

Dalam bahasa jawa, grojogan sewu sendiri berarti air terjun yang memiliki seribu grojogan. Hal tersebut karena tempat ini memiliki banyak air yang berjatuhan.

Terdapat sebuah mitos yang berkembang di grojogan sewu karanganyar yaitu setiap pasangan yang melewati jembatan ini akan segara putus. Padahal, jembatan tersebut menjadi salah satu spot foto yang menarik.

Sesampainya di lokasi wisata, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dengan bersantai di gazebo yang sudah disediakan. Pengunjung juga bisa bermain yang berada di pinggir air terjun.

Namun terdapat larangan untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun, hal tersebut lumrah karena air terjun memiliki debit yang cukup deras serta angin yang berhembus kencang.

Lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu

Alamat Grojogan Sewu Tawangmangu berada di Jl Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Solo.

Rute Menuju Grojogan Sewu Tawangmangu

Bagi wisatawan yang sedang berada di Semarang, Solo, dan Sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Solo - Karanganyar Kota - Terminal Tawangmangu - Grojogan Sewu.

Setibanya di kawasan wisata tawangmangu, anda akan melewati jalan dengan medan menajak dan menurun serta bekelok-kelok. Ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di lokasi wisata.

Nah bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan bantuan aplikasi Goggle Maps.

Baca Juga: Kebun Teh Kemuning: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata Grojogan Sewu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 dan Rp110.000 untuk wisatawan mancarnegara.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

HARGA TIKET GROJOGAN SEWU
Harga Tiket Masuk  Rp 20.000
Harga Tiket Masuk Mancarnegara Rp 110.000
Parkir Motor Rp 25.000
Parkir Mobil Rp 30.000

Fasilitas Grojogan Sewu Tawangmangu

Berbicara mengenai fasilitas, anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab objek wisata ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat Parkir
  • Warung makan
  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo
  • Kolam renang
Jam Buka Grojogan Sewu
Objek wisata ini buka setiap hari Senin - Minggu jam 07.00 - 17.00 WIB.

Daya Tarik Grojogan Sewu Tawangmangu

Konservasi Alam

Kawasan Konservasi Tawangmangu (Image Source: Instagram)
Kawasan wisata ini termasuk dalam konservasi alam yang dilindungi. Terdapat flora dan fauna seperti pohon pinus, pohon puspa, pohon bringin. Sedangkan fauna meliputi tupai, burung, monet berekor panjang.

Nah bagi pengunjung yang menyukai binatang, pengunjung dapat melihat monyer berekor panjang di objek wisataini. Pengunjung juha bisa berfoto dan memberi makan. Namun anda harus berhati-hati, sebab monyet tersebut bisa membawa barang bawaan anda.

Kesegaran Air Terjun

Lokasi air terjun yang berada di pegunungan, membuat udara sekitar terasa sangat sejuk dan bebas polusi. Apalagi ditambah dengan kehadiran air terjun yang indah, namun pengujung dilarang berenang atau mandi dibawah air terjun.

Alasanya karena debit air terjun yang terlalu deras dan dikhawatirkan mengancam keselamatan pengunjung. Namun anda yang ingin bermain air bisa berendam disekitar air terjun yang mengalir.

Wahana Outbond

Ketinggian air terjun ini sekitar 81 meter, membuat kawasan sekitar air terjun sangat cocok dijadikan wahana outbond. Terdapat salah satu wahana outbond Flying Fox. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp11.000 untuk mecoba wahana tersebut.

Selain itu terdapat wahana outbond lainya yaitu Rafting. Hanya saja wahana ini dibuka pada hari tertentu saja.

Wisata Dekat Grojogan Sewu

Taman Wisata Balekambang

Taman Wisata Balekambang atau yang biasa di sebut dengan Javenir Park merupakan salah satu taman yang berada di Tawangmangu. Taman ini menyuguhkan landmark-landmark yang berada di seluruh dunia.

Alamat Taman Balekambang berada di Jl Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan merupakan wisata yang berada di dekat gunung lawu sebelah barat. Letaknya berada di pegunungan membuat udara sekitar terasa deingin. Wisatawan yang datang ke tempat wisata ini dapat menikmati spot foto Instagramable seperti Kampung 3D Art dan Kampoeng Helloween.

Alamat Bukit Sekipan berada di Jl Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun gorjogan sewu tawangmangu. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.