Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hutan Mangrove Pandansari: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Hutan Mangrove Pandansari

Hutan Mangrove Pandansari Harga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000 Jam Buka: 08.00-18.00 No. Telepon: - Alamat: Pandansari, Kaliwngi, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52212.
Hutan Mangrove Pandansari - Brebes merupakan salah satu penghasil telor asin terbaik di untuk saat ini terutama di Pulau Jawa. Selain menjadi salah satu makanan favorit, kota ini juga terkenal dengan tempat wisatanya. Salah satu wisata tersebut yaitu Hutan Mangove Brebes Pandansari.

Awal mula tempat ini menjadi destinasi wisata berumla ketika terjadi abarasi pada tahun 1990. Saat itu warga Pandansari mulai peduli dengan ekosistem pantai dengan menanami pohon mangrove untuk mencegah abrasi itu terulang lagi.

Hutan Mangrove Pandansari: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Hutan Mangrove Pandansari Brebes (Image Source: Instagram)
Bagi anda yang sudah berkeluarga, objek wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi saat hari biasa maupun akhir pekan. Anda dapat mengenalkan kepada anak anda tentang wisata edukasi yang bermanfaat.

Baca Juga: Telaga Ranjeng Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Hutan Mangrove Pandansari

Alamat Hutan Mangrove Pandansari berada di Dusun Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Brebes, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Brebes dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan.

Rute Menuju Hutan Mangrove Pandansari

Nah bagi anda yang sedang berada di Pusat Kota Brebes bisa mengarahkan kendaraan anda ke utara. Ikuti saja Jalan Pantura hingga melewati Rumah Sakit Bhakti Asih yang berada di kanan jalan kemudian ambil pertigaan ke utara.

Setelah memasuki kawasan tersebut anda akan bertemu dengan pasar dan terdapat papan penunjuk arah menuju lokasi wisata. Iktui saja penunjuk arah tersebut lalu anda akan melewati pertambakan hutan. Tak jauh dari pertambakan, hutan mangrove sudah dapat anda lihat.

Baca Juga: Candi Pangkuan Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Pandansari

Wisatawan yang akan melihat kawasan hutan mangrove akan dikenakan biaya tiket masuk yang berbeda. Saat hari biasa wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk Rp20.000 dan Rp25.000 saat akhir pekan.

HARGA TIKET HUTAN MANGROVE PANDANSARI
Harga Tiket (Senin - Jum'at) Rp 20.000
Harga Tiket (Sabtu - Minggu) Rp 25.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Hutan Mangrove Pandansari

Hampir sama dengan fasilitas tempat wisata pada umumnya, objek wisata brebes ini juga dilengkap dengan fasilitas yang cukup baik. Pihak pengelola wisata sudah meningkatkan pemabangunan sarana-prasara seiring bertambahnya pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Gazebo

Jam Oprasional

Pengunjung dapat mengunjungi objek wisata hutan mangrove brebes setiap hari Senin - Minggu pada jam 08.00 - 18.00 WIB.

Daya Tarik Hutan Mangrove Pandansari

Berkeliling Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Pandansari: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Spot foto Instagramable, Jembatan (Image Source: Instagram)
Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata brebes yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun, untuk menikmati keindahan hutan mangrove ini wisatawan harus berjalan kaki menyusuri hutan mangrove. Namun, sebelum tiba di hutan mangrove, pengunjung harus menaiki kapal terlebih dahulu.

Tidak hanya terkenal dengan keasrianya saja, objek wisata ini juga menjadi salah satu wisata edukasi. Pengunjung dapat melihat papan informasi tentang jenis tanaman bakau beserta fungsinya.

Taman Kupu-Kupu

Karena meningkatnya animo masyarakat, pihak pengelola wisata juga sudah mengembangkan Taman Kupu-Kupu. Walaupun tidak memengili ukuran yang besar, diharpakan penambahan taman ini akan semakin memikat minat wisatawan untuk datang.

Taman Burung

Selain taman kupu-kupu, pihak pengelola juga mulai mengembangkan taman burung. Keberadaan tempat-tempat baru seperti ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain itu terdapat burung bangau yang memang memiliki habitat di hutan mangrove ini. Pengunjung juga dapat mengabadikan moment tersebut dengan berfoto.

Spot Foto Instagramable

Berwisata kurang lengkap rasanya jika tidak berfoto ditempat yang Instagramable. Nah anda dapat berfoto di jembatan yang berwarna pink. Jembatan yang terbuat dari kayu tersebut akan menjadi perpaduan yang sangat bagus dengan hijaunya pepohonan mangrove yang asri.

Wisata Dekat Hutan Mangrove Pandansari

Pulau Cemara Sawojajar Brebes

Pulau Cemara merupakan salah satu wisata alam berupa pantai dengan pepohonan cemara yang berada di pinggir pantai. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas mulai bersantai, menikmati pemandangan, atau bermain disekitar pantai.

Alamat Pulau Cemara berada di Jalan Baruna Indah, Desa Sawojajar, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga merupakan salah satu wisata yang dibangun oleh pemerintah brebes pada tahun 2001. Sepanjang jalan menuju pantai anda akan di hadapatkan dengan berkebunan bawang merah yang cukup luas.

Alamat Pantai Randusanga berada di Randusanga Wetan, Brebes, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang hutan mangrove pandansari brebes. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata brebes lainya dengan menerapakan protokol kesehatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.