Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Penyusun Utama dalam Suatu Website

Komponen Penyusun Web

Komponen Penyusun Utama dalam Suatu Website

Berikut ini beberapa komponen-komponen yang dapat menyusun sebuah aplikasi web. Komponen ini identik dengan perangkat lunak dengan bahasa pemograman yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi web baik web dinamis maupun web statis. Berikut ini beberapa komponen web penyusun sebuah Web:

Bahasa Pemrograman / Scriping Language

Secara garis besar terdapat dua kateori script yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi web, yaitu sebagai berikut:

  1. Client Side Scriping, dengan contoh: Hypertext Markup Language atau yang biasa disebut dengan (HTM). Untuk Client Side Scriping sendiri merupakan web browser langsung karena didalam web browser sudah terdapat library yang sudah diprogam untuk mengenal perintah-perintah dari Client Side Scriping.
  2. Server Side Scriping dengan contoh Active Server Page atau yang biasa disebut dengan (ASP). Untuk eksekusinya sendiri biasa dilakukan oleh sisi server diamana modul disebut dengan web engine. Contoh script yang terdapat PHP enginya seperti PHP Engine/Zend. Bagi anda yang menggunakan ASP makan sudah termasuk dengan internet Information Service atay yang dikenal dengan IIS yang biasa diinstal di Microsoft Windows.
Untuk pembuatan web statis sendiri biasa digunakan script yang digunakan cukup jenis Client Side Scriping. Sedangkan untuk pembuatan website dinamin biasa digunakan Server Side Scriping.

Web Editor

Web Editor merupakan salah satu program aplikasi yang bergunsi untuk mengetikan sebuah perintah. Perintah tersebut biasanya dimuat dalam dokumen web baik Client Side Scriping atau Server Side Scriping. Untuk saat ini banyak web ediotr yang menyediakan layanan berbayar hingga gratis.

Web Browser

Web Browser merupakan suatu program yang bergungsi untuk menampil dokumen-dokumen dengan format file HTML. Semua jenis web browser akan mengikuti standarisai yang dibuat oleh World Wide Web Consortium yang merupakan badan independent yang bergerak dibidang web dunia. Beberapa web browser yang sering digunakan sebagai berikut:
  • Web Engine Webkit meliputi Safari, Goggle Chorme
  • Web Engine Trident meliputi Microsoft Internet Exploere
  • Web Engine Gecko Mozila Firefox
  • Web Engine Presto meliputi Opera

Web Server

Web Server merupakan salah satu program aplikasi yang memiliki fungsi sebaai tempat penyimpanan dokumen web. Semua dokumen web yang ditulis menggunakan Client Side Scriping maupun Server Side Scriping akan tersimapan di dalam kategori utama web server.

Port yang digunakan untuk web server Apache Tomchat menggunakan port 8080 untuk deafaultnya. Web Server Vendor pembuat web server tersebut menjadikan file instalasi web server menggunakan database berbasis open source seperti Apache yyang mampu mendukung banyak sistem windows.

Sedangkan untuk web server yang premium atau berbayar biasanya tidak menyediakan pendukung seperti sistem oprasi. Web server Apache mampu berjalan di beberapa sistem oprasi seperti Microsoft yang berbasis Windows XP ke atas.

Database Server

Database Server merupakan progam yang digunakan untuk menyimpan data yang akan diajalankan oleh halaman web. Databse ini biasa di sebut dengan Management Syestem atau DBMS. DBMS sendiri merupakan aplikasi yang menjadi peratara user dan data-data yang berada di dalam databse. Dengan menggunakan DBMS user mampu mengelola data di dalam databse dengan mudah.

Jenis DBMS sendiri biasanya digunakan oleh komponen opsional yang dalamnya komputer sangat tergantung dengan kebutuhan dari web yang akan user buat. Jika web tersebut menyimpan data-datanya di file dan tergantung dengan kebutuhakn web yang akan di buat. Sebaliknya jika web tersebut membutuhkan media penyimpanan data untuk membuat web menajdi lebih dinamis maka data server sangat diperlukan.

Jenis DBMS yang digunakan harus sesuai dengan database server, karena aplikasi web merupakan client server yang dapat diakses oleh banyak user dari berbagai tempat dan kondisi selagi masih terhubung dengan koneksi internet. Untuk mendukung komponen itu bajalan maka dibutuhkan aplikasi DBMS yang sejalan dengan Client Server Web.

Data base server biasanya memilik sistem open source dan ada juha yang close source. Beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan databse untuk penyimpanan data-data di halaman web:
  • Jenis-jenis DBMS yang digunakan untuk server yang berbasis Client Server atau Data Base Server.
  • Sistem oprasi yang digunakan, banyak dari DBMS yang dapat mendkung banyak sistem oprasi komputer. Misalnya saja seperti MySQL bersi dari Microsoft Windows.
  • Open Source atau Closed Source
  • Terdapat file instalasi yang dipilih, biasanya versi Instal (EXE) atau versi kompres seperti ZIP dan RAR.

Image Editor

Image Edior merupakan suatu program dimana aplikasi dapat berfungsi untuk mengolah gambar dengan berbagai format. Biasanya gambar dibutukan di setiap halaman web untuk memperjelas suatu artikel yang akan ditampilkan. Saat ini banyak sekali program pengelolahan gambar seperti Paint, Photeshop, Canva, Adober Premier dan masih banyak lagi.

Penutup
Berikut diatas merupakan ulasan tentang Komponen Penyusun Utama dalam Suatu Website yang dapat anda pelajari sebelum membuat website dalam platform Blogger, Wordpress, dan platform lainya.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.