Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rumah Atsiri Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Rumah Atsiri Tawangmangu

Rumah Atsiri Harga Tiket: Gratis-Rp50.000 Jam Buka: 10.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Watu Sambang, Plumbong, Tawangamangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792.

Rumah Atsiri - Karanganyar merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan kota Solo. Daerah tersebut terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah, sebut saja Grojogan Sewu. Salah satu edukasi yang cukup terkenal yaitu Rumah Atsiri Karanganyar.

Dahulu rumah ini merupakan bekas pabrik pengolahan tanaman atsiri yang diolah menjadi minyak dari tumbuhan. Seiring berkembangnya waktu, rumah ini berubah menjadi salah satu wisata edukasi yang sangat menarik.

Sejarah Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Marigold Taman Atsiri Indonesia (Image Source: Gogglemaps)

Dahulu tempat ini merupakan pabrik Citronela. Pengelola pabrik lalu melakukan kerjasama di bidang tumbuhan yang dikelola oleh Indonesia dan Bulgaria pata tahun 1963 lalu. Kemudian pada tahun 1986 pabrik ini berubah kepemilikan yang dulunya pemerintah menjadi swasta.

Namin kemudian pada tahun 2015 pabrik ini berhenti beroprasi karena kurangnya suplay bahan baku dan sedikit mengalami kerugian. Karena tidak ingin terjadi kerugian yang cukup besar, pabrik ini lalu diambil alih oleh PT Rumah Atsiro Indonesia.

Setelah berpindah kepemilikan, pihak pemilik pabrik lalu melakukan renovasi seluruh bangunan yang kemudian dikembangan menjadi wisata edukasi. Pembukaan ini bertujuan untuk mengenalkan wisata edukasi yang lebih bermanfaat dan menarik.

Baca Juga: Agrowisata Amanah Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Rumah Atrsiri

Alamat Rumah Atsiri Indonesia berada di Jalan Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 8 kilometer dari pusat kota Karanganyar.

Rute Menuju Rumah Atsiri

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota Karanganyar dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama arahkan kendaraan anda menuju Jl Alternatif Bejen lalu belok ke kiri menuju Jl Dusun Popongan setelah itu ke kiri menuju Jl Lawu.

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati Jl Lawu atau Jl Raya Solo - Tawangmangu. Ikuti saja jalan tersebut sampai ke Jl Watusambang. Lokasi wisata tidak jauh dari jalan tersebut. 

Total perjalanan yang akan anda tempuh dari pusat kota karanganyar hingga lokasi wisata sektiar 18 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit.

Baca Juga: Taman Balekambang Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 

Tiket Masuk Rumah Atsiri Tawangmangu

Objek wisata edukasi karanganyar ini sebenarnya tidak mengenakan biaya masuk alias gratis. Namun wisatawan yang datang secara pribadi perlu membayar tiket. Selanjtunya uang yang untuk membeli tiket masuk tersebut akan ditukarkan dengan Cindramata khas Rumah Atsiri.

HARGA TIKET TAMAN ATSIRI
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 50.000
HTM Undangan Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Rumah Atsiri Indonesia

Berubah menjadi wisata edukasi yang sangat unik, objek wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas yang sangat lengkap guna menunjang wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempat Parkir
  • Gardening party
  • Pamarosa Theatre
  • Ruang metting
  • Laboratorium
  • Kamar mandi

Jam Oprasional

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari mulai dari pukul 10.00 Pagi sampai 17.00 Sore.

Daya Tarik Taman Atsiri 

Bentuk Bangunan

Rumah Atsiri Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Bentuk Bangunan Khas Eropa (Image Source: Goggle Maps)
Rumah Atsiri ini memiliki bentuk bangunan yang mirip dengan arsitektur Eropa. Hal tersebut karena dulunya tempat ini adalah pabrik minyak kerjasama antara Indonesia dan Bulgaria.

Keunikan dari wisata atsiri adalah bangunanya yang khas Eropa. Misalnya saja desaign vntilasi, mesin pencacah, dan tabung kimia yang hingga saat ini masih utuh. Kini beberapa peralatan pabrik sudah diganti dengan mesin yang lebih modren.

Berbagai Tanaman Atsiri

Wisatawan dapat berkeliling pabrik dengan ditemani oleh pemandu wisata. Menurut penuturan pemandu, terdapat kurang lebih 50 tanaman spesies seperti tanaman atsiri, marigold, rosmarin, kayu putih, serai, lavender, dan masih banyak lagi.

Pemandu wisata akan menjelaskan secara detail tentang tanaman tersebut. Beberapa tanaman juga dapat dikenali dengan aromanya, misalnya saja rosmarin. Terdapat juga tanaman yang bar diremas kemudian mengeluarkan aromanya seperti kayu putih.

Marigold Plaza

Sesudah mengelilingi parbik, pengunjung juga dapat menikmati Marigold Plaza. Di tempat tersebut terdapat tanaman yang hanya tumbuh sekali dalam sebulan. Taman ini dipenuh dengan berbagai tanaman serta bentuk berpetak-petak.

Saat musim tertentu, tanaman di maroagold akan berbunga serta memiliki warna yang sangat indah. Para wisatawan memanfaatkan hal tersebut untuk berfoto ria dengan latar belakang kembang bunga yang sangat cantik.

Greenhouse (Aromatic Garden)

Wisatawan juga dapat melihat berbagai tanaman. Terdapat kurang lebih 80 tanaman essential oil. Tanaman tersebut berasal dari berbagai negara. Tanaman tersebut tersusun dengan rapi di kotak koleksi. Setiap kotak terdapat nama tanaman dan tempat berasal. 

Sementara itu di lokasi greenhouse, pengunjung dapat melihat tanaman yang ditempatkan di rumah kaca.

Wisata Dekat Rumah Atsiri Indonesia

Taman Wisata Balekambang

Tempat Wisata Balekambang atau yang biasa disebut dengan Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu. Taman minatur ini lokasinya tidak jauh dari wisata Grojogan Sewu. Objek wisata ini menyuguhkan berbagai spot foto dengan berbagai landmark-landmark di dunia.

Alamat Taman Wisata Balekambang berada di alan Balekambang, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang merupakan salah satu wisata alam yang berada di perbukitan. Untuk mencapai bukit ini pengunjung harus sedikit mendaki gunung. Selain itu, tempat bukit ini juga sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Alamat Bukit Mongkrang berada di Tlogodringo, Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang rumah atsiri karanganyar. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalah bagus. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.