Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahura Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tahura Karanganyar

Tahura Karanganyar Harga Tiket: Rp2.500 - Rp20.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon:08122271114  Alamat: Tambak, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793.

Tahura Karanganyar - Karanganyar terkenal dengan tempat wisata alamnya yang unik dengan spot foto yang Instagramable. Salah satu tempat wisata alam yang lokasinya tidak jauh dari Grojogan Sewu Tawangmangu yaitu Taman Hutan Rakyat atau Tahura Karanganyar.

Tahura Karanganyar merupakan wisata alam yang berada di kaki Gunung Lawu.  Tahura KGPAA Mangkunagoro atau yang lebih dikenal dengan Tahura berada di ketinggian 1200 mdpl.

Tahura Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
KGPPA Mangkunagoro Karanganyar (Image Source: Gogglemaps)

Taman ini di kelola langung oleh BPTP TAHURA (Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya). Tempat ini difungsikan sebagai tempat wisata sekaligus sebagai tempat penelitian tentang hutan dan satwa.

Baca Juga: Taman Balekambang Tawangmangu: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 

Lokasi Tahura Karanganyar

Alamat Taman Hutan Raya atau Tahura berada di Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute Menuju Taman Hutan Raya

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wiata ini tidak perlu khawatir, Sebab lokasinya berada di dekat wisata tawangmangu lainya. Pertama arahkan kendaraan anda menuju Candi Sukuh, kemudian ikuti saja papan penunjuk arah menuju lokasi.

Jika anda sedang berada di pusat kota solo, jarak yang akan anda tempuh selama 1,5 jam dan menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer. Sepanjang perjalanan anda dapat melihat pemandangan alam berupa bukit dan pegunungan yang sangat indah. 

Hal yang perlu anda perhatikan adalah trek menuju lokasi wisata berupa tanjakan dan tikungan yang cukup tajam. Oleh sebab itu pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal.

Baca Juga: Bukit Sekipan Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tiket Masuk Tahura Karanganyar

Wisatawan yang ingin merasakan wisata bernuansa hutan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab wisatawan yang akan memasuki tahura akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp2.500 per orang untuk anak-anak dan Rp3.000 dewasa, serta Rp20.000 unuk wisatawan mancarnegara.

HARGA TIKET TAHURA
Tiket Masuk Anak-Anak Rp 2.500
Tiket Masuk Dewasa Rp 3.000
Tiket Masuk Turis Mancarnegara Rp 20.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Parkir Truk dan Bus Rp 10.000

Fasilitas Taman Hutan Raya Karanganyar

Berbicara mengenai fasilitas, objek wisata ini sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola wisata sudah sangat genjar membangun fasilitas guna mendukung aktivitas para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat Parkir
  • Spot foto
  • Papan Informasi
  • Gazebo
  • Toilet
  • Taman Bermain
  • Aneka Satwa

Daya Tarik Taman Hutan Raya

Kantor Tahura

Selain terdapat fasilitas umum, wisata juga terdapat akomdisasi atau penginapan berupa Guest House, tempat ibadah, serta toilet yang bersih dan nyaman. 

Kantor Tahura di khusukan untuk menerima tamu dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhkan para wisatawan. Bagi wisatawan yang akan bermalam di tempat ini bisa menghubungi orang kantor. Tarif sewanya juga beragam mulai dari Rp400.000 - Rp600.000 per malam.

Bumi Perkemahan I dan II

Setibanya di taman hutan raya, pengunjung dapat melihat area camping ground yang angat luas. Biasanya tempat ini digunakan oleh anak-anak, mahasiswa, atau pelajar yang sedang melakukan perkemahaan. Selain itu terdapat juga lapangan sepak bola dan tempat bermain sepeda.

Nah bagi pengunjung yang ingin berkemah namun belum membawa perlengkapanya bisa menyewa di tempat persewaan alat camping di sekitar lokasi.

Taman Bermain dan Kandang Rusa

Tahura Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Taman Bermain Tahura Ngargoyoso (Image Source: Gogglemaps)
Nah bagi anda yang sudah mempunyai keluarga terutama anak kecil, pihak wisata juga sudah menyediakan fasilitas taman bermain untuk anak-anak. Di tempat ini terdapat berbagai wahana bermain seperti Flying Fox, Ayunan, Gazebo dan masih banyak lagi.

Selain itu, pihak pengelola wisata juga memiliki beberapa satwa yang dilindungi. Jenis satwa terebut yaitu Rusa Timor dengan nama latin Cervus Timorensis. Oleh sebab itu pastikan anda mencoba wisata edukasi yang satu ini saat berada di Karanganyar.

Wisata Dekat Tahura

Air Terun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo karanganyar merupakan salah satu wisata air terjun dengan pemandangan yang eksotis. Wisata ini hanya berjarak kurang lebih 500 meter saja dari taman hutan raya. Selain itu, tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai treeking dan camping.

Alamat Air Terjun Parang Ijo berada di Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sendang Radja

Sendang Radja adalah wisata alam yang berjarak 1 kilometer saja dari tahura. Tempat ini merupakan sumber mata air alami yang sudah ada sejak zaman dulu. Air di sendang ini sangat jernih dan aman untuk diminum, meski lokasinya yang tidak terlalu luas, banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini.

Alamat Sendang Radja berada di Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata taman hutan rakyat karangananyar. Sobat juga bisa mengunjungi tempat wisata karanganyar lainya yang tak kalag bagus. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.