Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telaga Ranjeng Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Telaga Ranjeng Brebes

Telaga Ranjeng Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pandansari, Paguyungan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52276.
Telaga Ranjeng Brebes - Telaga Ranjeng merupakan salah satu danau yang terletak di Lereng Gunung Slamet. Telaga Ini memiliki pemandangan yang mempesona seperi di Ranu Kumbulo, Gunung Semeru. Disekeliling telaga terdapat hutan hijau serta udaara yang sejuk.

Telaga Ranjeng dibangun pada tahun 1924 dengan luas sekitar 48,5 hektare. Udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Uniknya terdapat ribuan ikan lele dan ikan nila yang berukuran cukup besar.

Telaga Ranjeng Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Telaga Ranjeng Kali Gua Brebes (Image Source: Instagram)
Saat musim hujan, kabut seringkali menutupi telaga. Suasana akan terasa sangat sunyi. Namun, dibalik keindahannya terdapat sebuah misteri yaitu jutaan ikan yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga: Waduk Malahayu Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Telaga Ranjeng

Alamat Telaga Ranjeng berada di Desa Pandansari, Kec. Paguyungan, Brebes, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 65 kilometer dari pusat Kota Brebes dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan.

Rute Menuju Telaga Ranjeng

Wisatawan yang akan megunjungi objek wisata telaga kaligua dan sedang berada di Kota Brebes dapat menggunakan rute berikut ini.

Ambil Jl KH Ahmad Dahlan - Jl Sudirman - Jl Sultan Agung - Jl Raya Terlangu - Jl Raya Jaibarang - Brebes - Jl Pramuka. Ikuti Jl Margasari Jatibarang - Jl Raya Tegal - Jl Tegal Cilacap di Margasari.

Ikuti saja Jl Raya Tegal - Purwokerto hingga sampai di Kemaron, kemudian menuju Jl Trunawijaya dan akan sampai di lokasi wisata. Bagi anda yang kesulitan menemuka lokasinya bisa menggunakan bantuan aplikasi Goggle Maps.

Baca Juga: Candi Pangkuan Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Telaga Ranjeng

Wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata Telaga Ranjeng akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang sangat murah dan sebanding dengan pesona alam yang akan kita dapatkan nantinya.

HARGA TIKET TELAGA RANJENG
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Telaga Ranjeng

Tempat wisata brebes ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Selain memiliki pesona alam yang indah, objek wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasiltias tersebut diantarnaya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Camping Area
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Toilet

Jam Buka

Wisatawan yang akan mengunjungi telaga ranjeng dapat datang kapan saja. Wisata ini buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Daya Tarik Telaga Ranjeng

Keaneragaman Hayati

Telaga Ranjeng Brebes: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat santai di pinggir telaga (Image Source: Instagram)

Setibanya di telaga ini, pengunjung dapat bermain air atau menikmati keaneragaman hayati dengan flora dan fauna yang berada disekitar telaga. Selain berbagai jenis ikan, pengunjung juga melihat beberapa burung seperti burung bangau hitam, elang bido, dan masih banyak lagi.

Mitos Telaga Ranjeng

Banyak orang yang bersepekulasi bahwa jika mengambil ikan ditelaga ini akan jatuh sakit. Penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan kecuali mengembalikan ikan yang sudah diambil.

Pada tahun 2010 lalu pernah ada kejadian yang cukup aneh, dimana jutaan ikan lele menghilang. Benar atau tidak cerita tersebut hanya masyarakat setempat yang mengetahuinya.

Wisata Dekat Telaga Ranjeng

Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua menyuguhkan pemandangan kebun teh dengan daya tarik tea walk atau berjalan mengegelingi area kebun teh. Ketinggian kebun teh ini sekitar 2.050 mdpl, wisatawan juga dapat melihat pemandangan Gunung Slamet dari dekat.

Alamat Agrowisata Kaligua berada di Jl Kaligua No.6m Sawah, Ladang, Ragatunjung, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah.

Wisata Tuk Bening

Wisata Tuk Being merupakan salah satu wisata berupa mata air alami yang tak pernah surut. Mata air ini juga memiliki kadar air yang bersih dan beining. Saat musim kemarau mata air ini tidak pernah surut.

Alamat Wisata Tuk Bening berada di Pandansari, Paguyungan, Brebes, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata telaga ranjeng brebes. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata brebes lainya harus menerapkan protokol kesehatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.