Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Sibedil Pemalang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Sibedil Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Kyai Abdurrosyid Rt.01/Rw.03, Karang Bulu, Sima, Moga, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia, 52354.

Curug Sibedil - Pemalang menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang belum sepenuhnya diketahui oleh wisatawan. Salah satu tempat wisata pemalang dengan latar belakang air terjun yaitu Curug Sibedil.

Curug ini merupakan air terjun yang berada di lembah Gunung Slamet dan memiliki ketinggian curug kurang lebih 10 meter. Aliran air terjun ini menyebar dibeberapa tempat. Air yang mengalir cukup deras, namun jernih. Dibawah air terjun terdapat sebuah kolam yang cukup besar.

Sejarah Curug Sibedil

Curug Sibedil Pemalang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Curug Sibedil Moga (Image Sourc: Instagram)

Curug ini terdiri dari dua kata yaitu Curug dan Sibedil. Dimana Sibedil memiliki arti senapan, sedangkan curug yang berarti air terjun. Tak jauh dari curug terdapat sebuah batu yang bentuknya hampir mirip dengan senapan.

Menurut masyarakat setempat, setiap malam Jum'at kliwon selalu terdengar suara tembakan yang berasal dari batu tersebut. Kejadian tersebut belum dibuktikan secara nyata, karena sampai saat ini belum ada orang yang mendengarnya secara langsung.

Baca Juga: Curug Bengkawah: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Sibedil

Alamat Curug Sibedil berada di Jl Kyai Abdurrosyid, Desa Sima, Kec. Moga, Pemalang, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 44 kilometer dari pusat Kota Pemalang.

Jalan Menuju Curug Sibedil

Bagi sobat wisatawan yang berada di pusat Kota Pemalang bisa mengambil jalan menuju kecamatan Moga. Selanjutnya menuju Jl Sima - Mandiraja, kemudian menuju ke Gg Watu Kendal.

Setelah menemukan balingo tersebut, ikuti jalan tersebut sejauh 100 meter, kemudian belok ke kanan dan anda akan tiba di tempat parkir wisata curug ini. Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan bantuan aplikasi Goggle Maps.
Baca Juga: Telaga Indah Gambuhan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tiket Masuk Curug Sibedil

Wisatawan yang akan memasuki curug ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan parkir kendaraan bermotor atau kendaraan pribadi.

HARGA TIKET CURUG SIBEDIL
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Curug Sibedil

Objek wisata curug ini memiliki beberapa fasilitas yang dibangun oleh swadaya masyarakat sekitar. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan diantarnaya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Papan informasi

Jam Buka

Objek wisata ini buka setiap hari Senin - Minggu dari jam 07.00 - 17.00 WIB.

Daya Tarik Curug Sibedil

Keindahan Air Terjun Tersembunyi

Curug Sibedil Pemalang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Suasana yang masih asri di sekitar curug (Image Source: Instagram)
Wisata ini sering disebut sebagai surga tersembunyi. Penyebutan tersebut karena lokasinya yang berada di pedesaan terpencil. Keindahan air terjun ini dapat dinikmati langsung oleh wisatawab. Disektiar curug terdapat sebuah kolam, bebatuan, dan tebing yang dipenuhi oleh tumbuhan hijau.

Berbeda dengan curug pada umumnya, air terjun sibedil memiliki 3 air terjun sekaligus. Air terjun yang pertama memiliki debit yang cukup deras, sementara yang lainya memiliki debit yang relatif kecil.

Bermain air 

Mengunjungi wisata alam dengan latar belakang air terjun kurang lengkap rasanya jika belum bermain air. Karena air terjun ini memiliki debit yang relatif kecil, wisatawan dapat bermain disektiar air terjun. Air tersebut sangat segar karena berasal dari lereng Gunung Slamet.

Dibawah air terjun juga terdapat sebuah kolam yang tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan dapat berenang dengan aman. Saat musim kemarau, kolam ini akan berwarna biru toska berkilauan jika terkena sinar matahari.

Wisata Dekat Curug Sibedil

Curug Sidok

Curug Sidok merupakan curug di Pemalang. Wisata air terjun ini masih dikelola oleh masyarakat setempat. Memiliki pemandangan yang indah, diharapkan objek wisata ini akan menjadi objek wisata potensial yang berada di Pemalang.

Alamat Curug Sidok berada di Mandiraja, Moga, Mandiraja, Pemalang, Jawa Tengah.

Curug Maratangga

Curug Maratangga memiliki keistimewaan, dimana wisatawan dapat menikmati gemercik air yang jatuh dari ketinggian 7 meter. Karena tidak terlalu dalam, wisatawan juga dapat berenang disekitar curug. Suasana sekitar curug juga sangat damai dan menenangkan.

Alamat Curug Maratangga berada di Desa Sima, Kec. Moga, Pemalang, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakana artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug sibedil sima pemalang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata pemalang lainya yang terkenal dengan wisata alamnya yang masih asri.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata 🙏.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.