Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waduk Cacaban Tegal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Waduk Cacaban Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Penujah, Kedung Banteng, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52472.

Waduk Cacaban - Indonesia merupakan daerah yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim kemarau identik dengan kekeringan dibeberapa daerah. Di Tegal terdapat sebuah waduk yang bernama Waduk Cacaban Tegal.

Waduk Cacaban Slawi merupakan bendungan yang memiliki luas 928,7 hektare dan mampu menampung air sebanayak 90 juta meter kubik. Waduk ini memiliki latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah.

Wisata Waduk Cacaban (Image Source: Instagram)

Waduk ini mulai digagas pembangunanya sejak tahun 1914. Desaign waduk ini kemudian dibuat pada tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda. Peresmian waduk ini dilakukan pada tahun 1952 oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga: Pantai Alam Indah Tegal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Waduk Cacaban

Alamat Waduk Cacaban berada di Penujah, Kedung Banteng, Tegal, Jawa Tengah. Letaknya berada 9 kilometer dari Slawi. Wisatawan dapat menggunakan berbagai kendaraan untuk menuju ke waduk ini.

Rute Menuju Waduk Cacaban

Bagi wisatawan yang sedang berada di Kota Tegal dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi waduk. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Kapten Sudibyo kemudian menuju Jl Teuku Umar dan Jl Raya II.

Dari Jl Raya II menuju Jl Raya II Ujungrusi kemuidan menuju Jl Raya II Harjosari hingga Jl Pancasila ke Jatinegara. Ikuti saja jalan tersebut sampai di Tonggara. Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan bantuan Goggle Maps.
Baca Juga: Hot Water Boom Guciku: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Waduk Cacaban

Destinasi wisata tegal ini menerapkan harga tiket masuk yang cukup murah. Hanya saja terdapat perbedaan untuk harga saat hari biasa dan akhir pekan atau musim liburan. Selain itu, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

HARGA TIKET WADUK CACABAN
Harga Tiket (Weekday) Rp 3.000
Harga Tiket (Weekend) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Perahu Motor Rp 10.000

Fasilitas Waduk Cacaban

Sebagai calon objek wisata yang akan menjadi unggulan. Pembangunan fasilitas diobjek wisata ini sudah cukup bagus. Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas seperti berikut ini:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung
  • Tempat camping

Jam Oprasional

Waduk Cacaban buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Daya Tarik Waduk Cacaban Tegal

Keindahan Waduk

Sejarah Waduk Cacaban (Image Source: Instagram)
Daya tarik utama dari waduk ini terletak pada pemandangan latar belakang waduk. Wisatawan dapat melihat perbukitan sabana yang berada disekeliling waduk.

Karena memiliki pemandangan yang indah, banyak wisatawan yang menyebutnya dengan Bukit Teletubbies. Menurut warga setempat, dulunya tempat ini memang perbukitan yang cukup tandus. Kondisi air di waduk cukup jernih, namun wisatawan dilarang berenang karena sangat dalam.

Perbukitan Savana

Tempat camping disekitar waduk (Image Source: Instagram)
Disepanjang waduk terdapat perbukitan savana yang biasa disebut dengan Bukit Teletubis. Saat musim kemarau, rerumputan yang dulunya hijau akan berubah menjadi kering kekuningan. Warna kecoklatan tersebut seolah-olah menjadi karpet yang berwarna cerah.

Wisatawan yang akan menuju Bukit Terletubbies harus menggunakan perahu. Biasanya wisatawan berfoto disavana perbukitan karena memiliki pemandangan yang mempesona. Terdapat juga pulau-pulau kecil yang hanya bisa dilihat saat musim kemarau.

Berkeliliing dengan Perahu

Untuk menikmati keindahan waduk cacaban tegal, wisatawan dapat menaiki perahu motor. Untuk menikmati keindahan waduk menggunakan perahu, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang untuk sekali putaran. Wisatawan akan diajak berkeliling selama 25 menit.

Dari perahi motor ini, pengunjung dapat melihat hutan dan savana lebih dekat. Bahkan wisatawan juga dapat melihat hutan buah yang berada di perbukitan.

Wisata Dekat Waduk Cacaban

Wana Wisata Clirit View

Wisata Clirit View Tega merupakan wisata yang menyuguhkan berbagai konsep modern yang berada di Hutan Pinus Asri. Wisata ini juga memiliki berbagai spot foto kekinian, wisata ini sangat cocok bagi kalangan anda muda, anak-anak, hingga orang tua.

Alamat Clirit View berada di Kalibakung, Kec. Balapulang, Tegal, Jawa Tengah.

Wana Wisata Prabanlintang

Wana Wisata Prabanlintang Danansari merupakan wisata alam yang menyuguhkan destinasi wisata alam yang berada di Hutan Pinus Asri Danansari. Wisata ini dilengkap dengan spot foto Instagramable.

Alamat Wana Wisata Prabanlintang berada di Desa Danansari, Kec. Bojong, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang waduk cacaban tegal. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata tegal lainya yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.