Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Cimarinjung Sukabumi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Cimarinjung - Sukabumi menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sepenuhnya belum diketahui oleh wisatawan. Salah satu tempat wisata tersebut bernama Curug Cimarunjung. Objek wisata alam ini berupa air terjun yang berada di Sukabumi dan berada di kawasan Geopark Ciletuh.

Perjalanan menuju lokasi curug sama dengan perjalanan menuju Curug Cikanteh dan Curug Sodong. Dimana wisatawan harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki melewati dertan pepohonan yang membentang disepanjang perjalnan.

Baca Juga: Kemit Forest Cilacap: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sejarah Curug Cimarinjung

Asal mula diberi nama Cimarinjung berasal dari salah satu keilmuan bahasa sunda yang bernama "dimunjung" yang memiliki arti dibutuhkan. Jadi curug ini memiliki makna air yang dibutuhkan.

Dahulu tempat ini bernama Curug Goong, karena dulu masyarakat setempat merupakan penggiat seni karawatian. Jika akan menggelar pentas, masyarakat biasanya meminjam Curug Goong dengan cara gaib.

Lokasi Curug Cimarinjung

Alamat Curug Cimarinjung berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini berada satu kawasan dengan situs Geopark Ciletuh.

Rute Menuju Curug Cimarinjung

Nah bagi anda yang sedang berada di pusat Kota Sukabumi dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jampang Tengah - Ciemas - Pertigaan Kiara Dua - Waluran - Belok ke kanan menuju Kampung Ciloa, Desa Caringin Nunggal. Kemudian belok ke kanan menuju Desa Ciwaru.

Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau menggunakan bantuan aplikasi Goggle Maps.

Baca Juga: Curug Mandala Cilacap: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tiket Masuk Curug Cimarinjung

Wisatawan yang akan memasuki kawasan ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun wisatawan juga dapat memberikan uang secara sukarela. Namun wisatawan akan dikenakan biaya parkir motor dan mobil.

HARGA TIKET CURUG CIMARINJUNG
Harga Tiket Masuk (HTM) Sukarela
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Curug Cimarinjung

Wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata sukabumi ini tidak perlu khawatir, sebab pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan

Daya Tarik Curuh Cimarinjung

Keindahan Curug

Curug Cimarinjung Sukabumi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Penginapan di Ciletuh Geopark Sukabumi (Image Source: Goggle.com)

Curug ini menjadi salah satu wisata air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang berada ditebing Kampung Cimarinjung.

Keindahan air terjun yang menakjubkan ini menjadi daya tarik tesendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Tak heran jika objek wisata sukabumi yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya dan akhir pekan.

Hamparan Sawah

Curug Cimarinjung Sukabumi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Taman Purba Geopark Ciletuh (Image Source: Instagram)

Sebelum sampai dilokasi curug, wisatawan harus melewati jalan dengan kondisi yang cukup terjal. Posisi air terjun ini berada di antara tebing dan hutan. Oleh karena itu, wisatawan harus melewati jalan yang cukup menantang.

Perjalanan dapat ditempuh dengan jalan kaki, anda akan melewati hamparan sawah hijau dengan terasering yang sangat indah. Dari kawasan sawah, wisatawan sudah dapat melihat air terjun.

Panorama Alam

Wisatawan juga dapat melihat keindahan air terjun yang berada diantara bentangan tebing dan pepohonan yang cukup tinggi. Pada saat musim hujan, air terjun cukup deras, oleh karena itu wisatawan tidak boleh terlalu dekat agar mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan.

Daya tarik curug ini adalah lokasi air terjunya yang berada di tebbing batu yang berukuran besar. Keindahan tersebut akan lebih cantik ketika anda mengunjunginya saat musim kemarau. Wisatawan dapat melihat tebing-tebing yang sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu.

Wisata Dekat Curug Cimarinjung

Curug Sodong

Curug Sodong merupakan air terjun kembat atau biasa disebut air terjun pengantin karena memiliki dua aliran yang beredekatan. Curug ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 20 meter dengan debit aliran yang cukup deras.

Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik sangat cocok bagi anda yang ingin melatih fisik. Untuk menuju lokasi curug, pengunjung harrus melewati 1.000 anak tangga yang cukup menguras tenaga.

Nah sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug cimarinjung yang berada di situs geopark ciletuh sukabumi. Bagimana tertarik untuk mengunjunginya?

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.