Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Tlatar Boyolali: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Wisata Tlatar Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro, Kebonbimo, Kec. Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57316.

Objek Wisata Tlatar Boyolali - Boyolali memiliki sebuah wisata yang mengusung konsep ekowisata dengan basis edukasi serta pelestarian alam. Wisata ini memiliki luas sekitar 5 hektare dan baru dibuka pada tahun 2002 lalu.

Ekowisata Tlatar memiliki tempat yang sejuk dan asri, hal ini karena lokasinya berada di lereng Gunung Merbabu. Wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang masih alami. Selain itu, wisata ini juga memiliki sumber mata air alami yang tidak pernah habis.

Objek Wisata Tlatar Boyolali: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Ekowisata Boyolali (Image Source: Goggle Maps)

Hal tersebut juga menjadi latar belakang atas penamaan Umbul Tlatar. Umbul sendiri memiliki arti menyembur, sedangkan Tlatar berarti sumber mata air. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kayang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Objek Wisata Tlatar

Alamat Objek Wisata Tlatar berada di Jl. Pangeran Diponegoro, Dusun 2, Desa Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Rute Menuju Wisata Tlatar

Bagi anda yang sedang berada di Kota Solo dan sekitarnya, anda akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Anda bisa melalui jalur Tol Salatiga - Kertasana atau melalui Jl Raya Solo - Boyolali.

Wisata ini hanya berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Boyolali, dari alun-alun boyolali, arahkan kendaraan anda menuju Jl Senopati, kemudian belok ke kiri menuju Jl Pandanaran. 

Kemudian belok kanan menuju Jl. Soeharso, setelah itu menuju Jl Diponegoro. Objek wisata boyolali ini berada di kanan jalan.

Baca Juga: Agrowisata Amanah Karanganyar: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Wisata Tlatar Boyolali

Wisatawan yang akan memasuki wisata boyolali ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan parkir kendaraan. Sedangkan untuk anak dibawah 5 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

HARGA TIKET WISATA TLATAR
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Wisata Tlatar

Selain memiliki tempat yang sejuk dan asri, wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang sudah disediakan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Kolam anak
  • Mushola
  • Warung
  • Cafe

Daya Tarik Wisata Tlatar

Ekowisata

Objek Wisata Tlatar Boyolali: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Umbul Tlatar Boyolali (Image Source: Goggle Maps)
Ekowisata di taman air Indonesia atau Etasia Umbul Tlatar mencakup lembaga penelitian alam dan taman hidrologi. Wisatawan dapat mempelajari serta mengetahui informasi tentang siklus air.

Kegiatan ini bisa sangat membantu, sehingga banyak sekolah atau institusi pendidikan selalu membawa siswanya ke kawasan Etasia Umbul Tlatar.

Selain pengetahuan tentang siklus air, kami juga memiliki pengetahuan tentang pembangkit listrik tenaga surya dan panel surya / sel surya. Kemudian lihat langsung lima unit mikrohidro Umbul Tlatar.

Wisata Kuliner

Objek Wisata Tlatar Boyolali: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Mina Tlatar Indah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Image Source: Goggle Maps )
Setelah Anda menikmati keindahan alam dan mencoba semua berbagai wahana, anda bisa mencoba pergike Mina Tlatar Indah, tidak jauh dari Umbul Tlatar. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin berburu berbagai macam kuliner tradisional.

Ada banyak gubuk di mana Anda dapat bersantai dan menikmati makanan lezat, dan tidak ada ikan kecil di sekitar kolam.

Ada banyak menu yang bisa kamu pesan saat berada di Mina Tlatar Indah, namun harga menu yang ditawarkan cukup murah. Menu andalan restoran ini tentu saja mengacu pada ikan seperti nila, bawal, gurame, dan lele.

Wisata Dekat Tlatar

Umbul Sedalem

Umbul Sedalem merupakan salah satu wisata sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari tokoh Ki Ageng Wonotoro. Tempat ini biasanya digunakan wisatawan untuk berenang karena kondisi airnya yang sangat jernih.

Alamat Umbul Sedalem berada di Mudal, Kec. Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah.

Brown Canyon Boyolali

Brown Canyon Boyolali merupakan salah satu spot wisata boyolali dengan spot foto yang instagramable. Disini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang tebing kapur seperti di Brown Canyon.

Alamat Brown Canyon berada di Kragilan, Kec. Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang objek wisata boyolali. Segera atur waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata boyolali yang satu ini.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Maulida Aasfa
Maulida Aasfa The best view comes after the hardest climb