Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Coban Nirwana Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Coban Nirwana Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Sumberbende, Kec, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65178.

Coban Nirwana - Malang menyimpan banyak sekali kekayan alam berupa air terjun yang indah. Hal tersebut tidak lain karena Malang berada di kawasan pegunungan, maka tidak heran jika kamu akan menjumpai banyak tempat wisata alam air terjun. Salah satunya air terjun Coban Nirwana.

Coban Nirwana atau yang biasa disebut dengan Coban Mbok Karimah dan Tundo Nirwana. Air terjun ini memang belum terlalu fenomenal di telinga wisatawan. Untuk saat ini, pengelola air terjun masih dipegang oleh masyarakat setempat.

Air Terjun Coban Nirwana Malang (Image Source: Instagram)
Wisata ini juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengajak keluarga untuk menikmati pesona alam yang masih terjaga keasrianya.

Baca Juga: Taman Wisata Wendit: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Coban Nirwana

Alamat Air Terjun Coban Nirwana berada di Desa Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Coban Nirwana

Lokasi air terjun ini berada di antara perbatasan Gedangan dan Sumber Manjing Wetan. Berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Malang dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Setibanya di Kecamatan Gedangan, anda akan menemukan papan penunjuk arah menuju air terjun. Untuk sampai dilokasi air terjun wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 200 melewati jalan yang terbuat dari tanah dan semen.
Baca Juga: Hawai Waterpark Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Coban Nirwana

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata air terjun malang ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun wisatawan harus membayar parkir kendaraan yang cukup terjangkau.

HARGA TIKET COBAN NIRWANA
Harga Tiket Masuk (HTM) Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Coban Nirwana

Karena masih dikelola oleh masyarakat setempat, objek wisata ini belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Namun wisatawan dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan seperti toilet dan tempat parkir.

Daya Tarik Cobaan Nirwana

Keindahan Alam

Coban Nirwana Malang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pesona Air Terjun (Image Source: Instagram)
Air terjun ini memiliki dua gundukan yang saling terhubung satu sama lain. Aliran airnya juga sanaat indah. Banyak wisatawan yang terpesona karena keindahan dengan gundukan batu yang berjejer dengan cukup rapi.

Batu-batu tersebut memiliki ukuran yang beragam, mulai dari kecil hingga besar. Selain itu terdapat tebung yang cukup tinggi disekitar air terjun. Kehadiran tebing menambah keindahan tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Spot Foto

Di air terjun ini kamu bisa bermain air disekitar grojogan, namun kamu harus tetap berhati-hati karena kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Setelah bermain air kamu juga bisa berfoto di spot foto berupa bebatuan dan grojogan air terjun.

Sejarah Coban Nirwana

Siapa sangka bahwa air terjun ini memiliki nilai sejarah, legenda, hingga misteri. Dahulu Coban Nirwana atau Coban Tundo Nirwana bernama Coban Mbok Karimah. Hal itu karena di sekitar air terjun terdapat rumah tinggal milik Mbok Karimah yang merupakan sesepuh desa.

Karena banyak diminati oleh wisatawan akhirnya nama berubah. Selain itu, curug ini juga diberi nama Curug Gedangan karena lokasinya yang berada di Kecamatan Gedangan.

Wisata Dekat Coban Nirwana

Sumber Maron

Sumber Maron merupakan wisata dengan sumber mata air alami. Sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini digunakan masyarakat setempat untuk budidaya tanaman kangkung.

Alamat Sumber Maron berada di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur.

Coban Baung

Cobang Baung merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter. Sebelum sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih melalui jalan setapak yang terbuat dari batu dan cor.

Alamat Coban Baung berada di Desa Gendongo Gunung Kawi, Kec. Ngajum, Malang, Jawa Timur.

Penutup
Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata malang yang bisa kamu jadikan refrensi untuk dikunjungi saat waktu luang.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Maulida Aasfa
Maulida Aasfa Prinsip terdalam dalam sifat manusia adalah keinginan untuk dihargai.