Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Minajaya Sukabumi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Minajaya Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Pasirimpis, Kec. Surade, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 55881.

Pantai Minajaya - Sukabumi menjadi salah satu daerah yang menyimpan destinasi wisata pantai yang cukup lengkap. Nama pantai Minajaya berasal dari sebuah kapal Minajaya yang sedang mengangkut persenjatan kemudian tenggelam dan kemudian diabadikan menjadi nama sebuah pantai.

Kondisi pantai ini sangat alami dan cukup asri. Suasana pedesaan masih sangat terasa dengan beberapa masyarakat setempat yang beraktivitas di sekitar pantai. Banyak dari mereka yang bekerja sebagai nelayan dan petani.

Gambar pantai minajaya (Image Source: Instagram)
Nah jika kamu mengunjungi pantai ini saat pagi hari, kamu akan menemukann beberapa nelayan yang mulai pergi ke laut.
Baca Juga: Pantai Pidakan Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Pantai Minajaya

Alamat Pantai Minajaya berada di Desa Pasirimpis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Sukabumi.

Rute Menuju Pantai Minajaya

Akses menuju lokasi pantai sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Namun setelah sampai di pedesaan, kamu akan melewati jalan dengan medan berupa tanah.

Bagi kamu yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, ambil arah menuju Ciawi Curug - Cibadak - Cikembar - Pelabuhan Ratu - Jampang Kulon - Surade - Ujung Genteng. Setibanya di persimpangan Surade kemudian belok kiri menuju pantai.

Nah sedangkan bagi kamu yang berada di Bandung, kamu bisa menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan menuju Cianjur - Sukabumi - Jampang Tengah - Jampang - Kulon - Surede. Setelah menemukan persimpangan, belok ke kiri lalu kamu akan sampai di lokasi pantai.

Baca Juga: Rekomendasi 28 Tempat Wisata di Kendal

Harga Masuk Pantai Minajaya

Wisatawan yang akan memasuki pantai minajaya tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun motor akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah.

HARGA TIKET PANTAI MINAJAYA
Harga Tiket Masuk (HTM) Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Pantai Minajaya

Wisatawan yang akan mengunjungi wisata pantai sukabumi yang satu ini tidak perlu khawatir, sebab pihak pengelola pantai sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas yang dimaksud sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung
  • Gazebo
  • Spot foto

Daya Tarik Pantai Minajaya

Warna Air Laut

Pantai Minajaya Sukabumi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pemandangan pantai minajaya (Image Source: Instagram)

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki warna laut biru. Pantai ini memiliki warna kehijauan. Warna air laut yang berwarna hijau disebabkan oleh banyaknya rumput laut yang berada disekitar pantai. Tidak hanya itu saja, kondisi pantai ini juga sangat terjaga kebersihanya. 

Muara Sungai Cipamarangan

Di sebelah timur pantai terdapat muara pantai Cipamarangan yang menyuguhkan pemandangan yang unik. Air sungai mengalir dan bermuara ke laut sehingga akan menghasilkan dua jenis air yang bercampur menjadi satu.

Area tersebut menjadi salah satu favorit para wisatawan karena memiliki background foto yang sangat alami.

Pemandangan Sunrise dan Sunset

Pantai Minajaya Sukabumi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
pasir putih pantai minajaya (Image Source: Instagram)
Di pantai ini wisatawan juga dapat menantikan pemandangan sunset atau sunrise yang sangat cantik. Warna langit yang semula biru akan berubah menjadi kekuningan. 

Moment tersebut sangat tepat dijadikan sebagai background foto. Oleh sebab itu, pastikan anda membawa smartphone atau kamera untuk mengabadikan moment-moment seru.

Pasir Pantai dan Batu Karang

Pantai Minajaya Sukabumi sebenarnya memiliki pasir yang berwarna kecoklatan. Selain itu, tekstur pasirnya juga sangat halus. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Wisatawan dapat bermain pasir, sepak bola, hingga volly disekitar bibir pantai.

Nah bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai tidak perlu khawatir, sebab kondisi pantai yang luas dan bersih menjadikan tempat ini sangat cocok untuk camping. Kamu dapat mengajak teman bahkan keluarga untuk bermalam di pantai ini.

Wisata Dekat Pantai Minajaya

Pantai Ujung Genteng

Pantai ini lokasi cukup jauh dari pusat keramian. Akses menuju lokasi cukup sulit sehingga banyak wisatawan yang belum tahu tentang pantai ini. Meski begitu, tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

Alamat Pantai Ujung Genteng berada di Desa Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Taman Pandan

Pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan suasana yang sangat tenang. Wisatawan juga dapat menemukan beberapa pohon pandan yang tumbuh di pesisir pantai. Wisatawan juga dapat merasakan hamparan rumput hijau yang tidak jauh dari bibir pantai.

Alamat Pantai Taman Pandan berada di Desa Cikangkung, Kec. Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat.

Demikian artikel tentang pantai minajaya yang tidak kalah dengan pantai-pantai yang indah seperti di Jogja dan Bali. Pantai ini bisa menjadi tempat yang sangat cocok sebagai destinasi wisata alam bersama teman maupun keluarga.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.