Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyu Panas Palimanan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Banyu Panas Paliman Harga Tiket: Rp7.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Paliman Barat, Gempol, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, 45161.

Banyu Panas Palimanan - Wisata Banyu Panas Palimanan merupakan kolam renang alami yang memiliki air yang cukup panas, keberadaan air panas ini terjadi secara alami. Tempat wisata ini selalu ramai oleh wisatawan setiap harinya, apalagi saat musim liburan seperti sekarang ini.

Dahulu tempat ini ditemukan secara tidak sengaja saat PT. Indocement melakukan pengeboran air bersih pada tahun 2008 silam. Setelah melakukan pengeboran malah muncul sumber air panas yang berwarna kebiru-biruan.

Banyu Panas Palimanan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Banyu Panas Palimanan (Image Source: Gogglemaps.com)

Selain menyajikan kesegaran air panas, tempat ini juga mampu menjadi alternatif termpat terapi, terutama bagi kamu yang sedang mempunyai penyakit kulit.

Baca Juga: Batu Lawang Cirebon: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Banyu Panas Palimanan

Alamat Banyu Panas Paliman berada di Palimanan Barat, Gempol, Cirebon, Jawa Barat.

Rute Menuju Banyu Panas Palimanan

Kamu dapat menggunakan berbagai moda transportasi umum untuk mengunjungi tempat ini salah satunya dengan kereta api, bus, hingga mobil pribadi. Wisata ini berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat Kota Cirebon.

Bagi kamu yang menggunakan mobil pribadi, bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju jalan tol Kanci Palimanan. Setelah itu melewati Jl. Kesambi hingga perempatan Brigjen Darsono. Setelah itu ke arah Jl Kraksan dan akan menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi.
Baca Juga: Jempol Waterboom Cirebon: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Banyu Panas Palimanan

Wisatawan yang akan memasuki tempat wisata cirebon yang satu ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya berendam dan parkir.

TIKET MASUK WISATA BANYU PANAS PALIMANAN
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 3.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Berendam Rp 7.000

NB: Wisata Pemandian Banyu Panas Palimanan buka setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Banyu Panas Palimanan

Berbicara mengenai fasilitas, wisata alam cirebon ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Adapun fasilitas yang dimakud diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Penginapan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Gazebo

Daya Tarik Banyu Panas Palimanan

Sejarah Pemandian

Dahulu tempat ini ditemukan oleh PT. Indoecement pada tahun 2008 lalu saat melakukan pengeboran guna mendapatkan sumber air bersih. Tanpa disengaja, semburan yang keluar dari dalam tanah memiliki warna kebiruan, sehingga tidak bisa dikonsumsi.

Setelah dilakukan beberapa kali penelitian, tempat ini aman digunakan untuk berendam. Sehingga kawasan wisata ini ditata menjadi sebuah objek wisata cirebon yang cukup potensial.

Kolam Terapi

Banyu Panas Palimanan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Banyu Panas Palimanan Cirebon (Image Source: Instagram)
Daya tarik selanjutnya yaitu, pemandian banyu panas paliman cirebon memiliki manfaat sebagai tempat terapi, terutama bagi kamu yang sedang mempunyai penyakit kulit. Banyak dari pengunjung yang datang dari luar kota untuk menikmati kesegaran pemandian ini.

Wisatawan yang akan berendam akan dibatasi maksimal selama 15 menit. Hal itu karena jika berendam terlalu lama maka badan bisa pusing bahkan lemas.

Wisata Dekat Banyu Panas Palimanan

Wisata Batu Lawang Cirebon

Batu Lawang merupakan wisata yang menyuguhkan tebing yang berbentuk unik. Tempat ini biasanya digunakan untuk olahraga panjat tebing atau tempat camping. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan setiap harinya terutama saat musim liburan.

Alamat Batu Lawang Cirebon berada di Desa Cupang, Kec. Gempol, Cirebon, Jawa Barat.

Telaga Biru Cirerem

Telaga Biru Cirerem merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 315 mdpl. Disini wisatawan dapat menikmati keindahan telaga dengan air yang berwarna hijau toska dengan sangat jernih, bahkan ikanpun bisa dilihat dari atas.

Alamat Telaga Biru Cirerem berada di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.