Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Cibulao Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Cibulao Harga Tiket: Rp12.000-Rp60.000 Jam Buka: 07.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16670.

Curug Cibulao - Bogor terkenal dengan wisata alamnya yang sangat asri, terutama di daerah Megamendung. Daerah ini memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun yang eksotis dan menggoda, salah wisata air terjun bogor yang cukup terkenal  yaitu Air Terjun Curug Cibulao.

Curug ini menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan khusunya warga Jabodetabek. Selain memiliki panorama air terjun yang indah, lokasinya juga tidak jauh dari kota Besar yang berada di sekitar Bogor. Objek wisata ini menawarkan pasona alam dengan keasrianya yang masih terjaga.

Curug Cibulao Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Alam Bogor Terdekat (Image Source: Instagram/rizal_marwanto)

Wisata ini sangat cocok untuk kamu kunjungi jika sedang ingin mencari wisata alam yang sangat asri dan menyejukan. Selain itu, lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Kota Bogor.

Baca Juga: Curug Cilember Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Cibulao

Alamat Curug Cibulao berada di Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata merupakan wisata bogor terdekat  dari Puncak.

Rute ke Curug Cibulao

Jalan menuju curug cibulao sebenarnya cukup dekat, namun wisatawan harus melewati medan dengan jalan yang menanjak dan menurun. Pertama, arahkan kendaraan menuju Dramaga kemudian menuju Jl. Raya Puncak Cianjur ke Jl. Cilember di Cisarua.

Setelah itu, ambil arah menuju Jl. Situhiang ke Jl. Sunda Paseban yang berada di Megamendung. Setelah berkendara selama 5 menit kamu akan menemukan papan penunjuk arah menuju wisata curug cibulao bogor.
Baca Juga: Curug Putri Kencana: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Cibulao

Wisatawan yang berkunjung, baik anak-anak maupun orang dewasa akan dikenakan harga tiekt yang sama. Selain itu, wisatawan juga akan membayar biaya parkir kendaraan dan pelampung jika ingin menggunakan.

TIKET MASUK CURUG CIBULAO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 12.000
Harga Tiket Masuk (Mancarnegara) Rp 50.000
Camping  Rp 22.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000

NB: Curug Cibulao buka dari hari Senin - Minggu pada jam 07.00-17.00 WIB.

Fasilitas Curug Cibulao

Tempat wisata air terjun bogor ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Adapun fasilitas itu diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Spot foto
  • Ruang ganti
  • Pelampung
  • Camping area
  • Warung makan

Penginapan Dekat Curug Cibulao

Bagi wisatawan yang akan bermalam di dekat curug, berikut ini merupakan penginapan yang bisa kamu coba.
  • Griya Astoeti Hotel
  • The Paseban
  • Villa Jatimas Hijau
  • Aries Biru Hotel & Villa
NB: Tarif penginapan per malam mulai dari Rp100.000 sampai Rp500.000 rupiah.

Daya Tarik Curug Cibulao

Sejarah Curug Cibulao

Nama Cibulao sendiri diambil dari bahasa sunda yang berarti air yang berwarna biru. Hal ini karena tempat ini memiliki air yang jernih dan berwarna biru tosca. Selain menawarkan panorama air terjun yang indah, wisatawan juga dapat bermain disekitar curug.

Kedalaman curug cibulao sendiri berkisar antara 1 sampai 2 meter. Wisatawan dapat berenang dan menyelam atau sekedar foto-foto disekitar air terjun yang cantik ini.

Kejernihan Curug

Curug Cibulao Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat Wisata Alam Bogor (Image Source: Instagram)
Curug ini memiliki sumber mata air yang berasal dari Curug Panjang dan Curug Orok. Hal itu membuat air disekitar curug masih sangat bersih. Saat musim kemarau, air ini berwarna biru muda.

Tidak banyak tempat wisata yang masih terjaga keasrianya. Oleh sebab itu, warna air yang cantik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Bahkan saking jernihnya wisatawan juga dapat melihat dasar telaga dengan mata telanjang.

Berbagai Aktivitas

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, menyelam, hingga cliff jumping. Terdapat dua tempat yang dapat wisatawan gunakan. Pertama adalah telaga dengan kedalaman kurang lebih 8 meter. Nah kamu juga bisa menyewa pelampung dengan harga Rp10.000 rupiah.

Tempat yang kedua yaitu telaga yang berada di atas curug. Telaga ini memilki kedalaman sekitar 5 meter, wisatawan harus menaiki bebatuan yang berada di pinggir curug untuk bisa sampai ke atas.

Spot Foto dan Camping Area

Curug Cibulao Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Curug Cibulao Megamendung (Image Source: Instagram)
Lokasinya yang berada di kawasan Gunung Paseban membuat curug cibulao bogor memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Saat pertama kali masuk gerbang, wisatawan sudah disambut dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi disekitar tempat wisata.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam lebih lama, wisatawan dapat mendirikan tenda di camping area yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dengan biaya Rp40.000 rupiah, kamu sudah dapat mendirikan tenda di camping area ini.

Wisata Dekat Curug Cibulao

Curug Panjang

Curug Panjang merupakan wisata puncak bogor yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Curug ini cukup unik karena memiliki bentuk yang memanjang seperti halnya sebuah seluncuran.

Alamat Curug Panjang berada di Jl. Curug Panjang, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Curug Naga

Curug naga adalah wisata air terjun bogor yang menjadi destinasi wisata berlibur yang sangat tepat. Disini wisatawan tidak hanya bermain air atau berenang, curug ini juga memiliki wahana olahraga body rafting.

Alamat Curug Naga berada di Citamiang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata bogor terbaru yaitu Curug Cibulao.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.