Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Cilember Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Cilember Harga Tiket: Rp25.000-Rp75.000 Jam Buka: 06.00-17.00 No. Telepon: 0813-9410-1424 - Alamat: Jl. Raya Puncak, Cilember, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750.

Curug Cilember - Puncak Bogor memang menjadi destinasi wisata alam bogor yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan maupun hari libur. Daerah ini terkenal dengan wisata alamnya yang asri, salah satunya yaitu Air Terjun Curug Cilember.

Air Terjun Curug Cilember merupakan tempat wisata curug bogor yang populer dengan sebutan 7 air terjun. Ketinggian air terjun ditempat ini bervariasi, mulai dari 5 meter sampai 40 meter. Wisata ini sudah ada sejak diresmikan pada tahun 2000 lalu dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Curug Cilember Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Air Terjun Bogor (Image Source: Instagram)

Wisata alam ini lokasinya berada di ketinggian 900 mdpl yang membuat suhu sekitar curug cukup dingin, yaitu berkisar 18 sampai 23 C. Selain itu, disekitar curug juga terdapat pepohonan pinus merkusi yang menjulang tinggi dan menambah kesan alami semakin kental.

Baca Juga: Curug Putri Kencana: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Cilember

Alamat Curug Cilember berada di Jl. Raya Puncak, Cilember, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cilember

Jalan menuju curug cilember sebenarnya cukup jauh dari kota Bogor yaitu berkisar 35 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh selama 1 jam 20 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

Pertama, arahkan kendaraan menuju Jl. Raya CIbadak kemudian menuju Jl. Sindang Barang. Setelah itu menuju Jl. Darul Quran, dan Jl. Dr Sumeru ke Jl. Ir. H Juanda di Bogor. Setelah itu kamu dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan bantuan Goggle Maps.
Baca Juga: Curug Bidadari Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata tujuh air terjun akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup bersahabat. Nantinya biasa itu akan dipergunakan untuk keamanan, perawatan tanaman, kebersihan, dan oberservasi kupu-kupu.

TIKET MASUK CURUG CILEMBER
Tiket Masuk (Lokal) Rp 25.000
Tiket Masuk (Mancarnegara) Rp 75.000
Camping Rp 35.000
Outbond Umum Rp 1.500.000
Outbond Pelajar Rp 1.000.000
Flying Fox Rp 25.000
Rumah Hobbit Rp 40.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000

NB: Curug Cilember buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 06.00-17.00 WIB.

Fasilitas Curug Cilember

Wisata alam bogor terdekat dari sentul ini dikelola langsung oleh BUMN dibawah Kementrian Kehutanan dan Dinas Pariwisata Bogor. Tempat ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Adapun fasilitasnya diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Warung 
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Villa

Daya Tarik Curug Cilember

Mitos Curug Cilember

Penamaan Cilember sendiri berasal dari Ci yang berarti air dan Lember yang berarti Jamur. Hal itu karena ditempat ini banyak ditumbuhi dengan berbagai jamur.

Menurut masyarakat setempat, air terjun ini pernah digunakan untuk mandi para putri dari Kerajaan Siliwangi. Konon katanya air ditempat ini memiliki khasiat sebagai obat awet muda, mempercepat jodoh, dan dapat menyembuhkan penyakit.

Diatas Curug 7 terdapat sebuah makam yang konon merupakan makam keturuan Prabu Siliwangi. Setiap harinya, makam itu dikunjungi oleh masyarakat yang memang ingin berziarah. Pada saat Maulid Nabi dan Muharam tempat ini tidak pernah sepi oleh peziarah.

Penangkaran Kupu-Kupu

Curug Cilember Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Puncak Bogor (Image Source: Instagram)
Saat kamu melakukan menuju curug 7, kamu akan melewati sebuah tempat penangkaran berbagai jenis kupu-kupu. Tempat ini biasa disebut dengan Butterfly Park yang terdiri dari 12 jenis kupu-kupu. Tempat ini sangat mudah untuk kamu ditemui karena memiliki bentuk kubah jaring raksasa.

Taman ini memiliki luas kurang lebih 500 meter persegi, selain kupu-kupu wisatawan juga dapat menemukan berbagai jenis tanaman dan bunga.

Wahana Outbond & Camping

Wisata alam bogor terbaru ini juga memiliki berbagai wahanan permainan yang seru seperti flying fox, panahan, sepeda gantung, hingga terapi ikan. Selain wahana, pihak pengelola juga sudah menyediakan camping area bagi wisatawan yang akan bermalam disekitar wisata.

Dengan berkemah, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam lebih lama. Biasanya para komunitas atau sekolah sering menggelar acara ditempat ini ini mulai dari outbond, hiking, dan kegiatan alam lainya.

Penginapan Curug Cilember

Curug Cilember Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Villa Curug Cilember (Image Source: Instagram)
Bagi wisatawan yang ingin bermalam ditempat ini namun tidak ingin bersusah payah memebawa peralatan dari rumah, wisatawan dapat menginap di pondok-pondok yang yang berada di kawasan hutan pinus.

Selain Jungle Lodge, wisatawan juga dapat menemukan penginapan atau villa dengan harga mulai dari Rp100.000 sampai Rp500.000 tergantung dengan fasilitas yang disediakan.

Panorama Hutan Pinus

Curug Cilember Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat Camping di Bogor (Image Source: Instagram)
Kawasan wisata alam Cilember juga menyuguhkan panroama alam dan keseukan alami. Hal itu karena tempat ini memiliki hutan yang cukup lebat yang didominasi oleh pepohonan pinus. Wisatawan biasanya menggunakan tempat ini untuk berfoto dengan latar belakang pepohonan yang menjulang tinggi.

Wisata Dekat Curug Cilember

Curug Cibulao

Curug Cibulao menjadi destinasi wisata alam bogor yang selalu ramai oleh wisatawan, terutama wisatawan yang berasal dari Jabodetabek. Tempat ini menyuguhkan berbagai pesona alam yang masih asri.

Alamat Curug Cibulao berada di Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Curug Naga

Curug Naga adalah wisata alam yang sangat seru. Ditempat ini wisatawan tidak hanya menikmati air terjun saja, namun juga dapat melakukan olahraga body rafting dengan menyusuri sungai.

Alamat Curug Naga berada di Citamiang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang tempat wisata bogor yang bisa kamu kunjungi kapan saja.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.