Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puncak Saka Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Puncak Saka Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 09.00-22.00 No. Telepon: - Alamat: Klanjuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55671.

Puncak Saka - Kulon Progo baru-baru membuka sebuah tempat wisata alam dengan pemandangan alam yang indah dan layak untuk di coba. Wisata yang dimaksud yaitu Puncak Saka.

Puncak Saka merupakan wisata alam yang berada di ketinggian kurang lebih 700 meter. Nama wisata ini diambil dari sebuah petilasan Saka Gelap yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata kulon progo ini. 

Puncak Saka Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Puncak Saka Jogja (Image Source: Instagram)

Puncak Saka Kulon Progo memiliki luas kurang lebih 400 meter yang dibangun dalam waktu sekitar satu tahun. Saat melakaukan pembangunan, destinasi ini juga melibatkan masyarakat setempat untuk pengelolaan wisata.

Baca Juga: 50 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru 2022

Lokasi Puncak Saka

Alamat Puncak Saka berada di Klanjuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Saka

Jalan menuju puncak saka dari pusat Kota Jogja dan ingin mengunjungi tempat wisata alam kulon progo ini langsung saja arahkan kendaraan anda menuju Kota Wates.

Dari Wates, ambil arah menuju Jl Pengasih - Sentolo kemudian tetap berada di Jl. Penggasih hingga kamu tiba di Kecamatan Nanggulan. Setelah itu, kamu dapat menggunakan bantuan Goggle Maps untuk lebih jelasnya. Wisata ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Jogja.
Baca Juga: Wisata Kalibiru: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Puncak Saka

Wisatawan yang akan memasuki destinasi wisata kulon progo yang satu ini, wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun wisatawan yang menggunakan kendaraan motor ataupun mobil akan dikenakan biaya parkir yang sangat murah. 

TIKET MASUK PUNCAK SAKA
Harga Tiket Masuk (HTM) Gratis
Parkir Motor Rp 1.000
Mobil Rp 3.000
Makanan dan Minuman Rp 5.000-Rp150.000

NB: Puncak Saka buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 09.00-22.00 WIB.

Fasilitas Puncak Saka

Selain terkenal dengan panorama alamnya yang sangat indah. Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Spot foto
  • Cafe
  • Makanan
  • Toilet

Daya Tarik Puncak Saka

Pemandangan Alam

Puncak Saka Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Puncak Saka (Image Source: Instagram/puncaksaka)
Saat cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat megahnya Gunung Merapi dan Merbabu yang terletak di sisi timur. Tempat wisata ini seperti negeri diatas karena dari ketinggian kamu dapat melihat pemandangan yang terhampar luas.

Saat malam hari, wisatawan juga dapat melihat lampu-lampu perkotaan dari rumah penduduk. Hal itu juga sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam.

Berbagai Macam Makanan

Puncak Saka Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Puncak Saka Resto (Image Source: Instagram)
Sambil menikmati pemandangan alam, wisatawan juga bisa mencoba hidangan kuliner yang sudah disajikan oleh pihak pengelola. Terdapat berbagai jenis makanan dan minuman yang perlu anda coba ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Terdapat minuman khas, yaitu Wedang Saka Gelap. Selain itu terdapat berbagai jenis makanan ringan seperti gorengan, hingga inkung. Untuk harganya sendiri berkisar mulai dari Rp20.000 sampai Rp150.000 rupiah.

Wisata Dekat Puncak Saka

Kopi Ampirono

Kppi Ampirono merupakan tempat wisata kuliner Kulon Progo yang sangat terkenal. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat nongkrong. Selain itu, wisatawan dapat bersantai dengan menikmati menu yang disediakan sambil melihat pemandangan alam yang ada.

Alamat Kopi Ampirono berada di Tileng, Pendowoharjo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo adalah salah satu goa tertua di Jogja. Goa ini sudah ditemukan sekitar 20 tahun yang lalu, dahulu goa ini dugunakan sebagai tempat bertapa dan mencari ketenangan batin.

Alamat Goa Kiskendo berada di Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata puncak saka kulon progo yang bisa kamu kunjungi kapan saja.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.