Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Bunga Nusantara: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Taman Bunga Nusantara Harga Tiket: Rp50.000 Jam Buka: 09.00-17.00 No. Telepon: 02263581617 Alamat: Jl. Mariwati Km.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43264.

Taman Bunga Nusantara - Salah satu wisata yang tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta yaitu Taman Bunga Nusantara. Taman ini memiliki berbagai jenis bunga yang indah dan memliki area yang sangat luas. Lokasi taman ini tidak terlalu jauh dari Gunung Gede.

Taman Bunga Nusantara merupakan usulan dari Ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992 lalu. Beliu merupakan seorang penggemar bunga sekaligus menjadi ketua Yayasan Bunga Nusantara, dan juga membangun taman ini sebagai daerah argowisata.

Taman Bunga Nusantara: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Taman Bunga Nusantara Cianjur (Image Source: Instagram)

Namun, Secara resmi Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995. Tempat wisata cianjur ini sekarang selalu ramai oleh wisatawan setiap harinya dan akhir pekan yang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Baca Juga: Kebun Raya Cibodas: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Alamat Taman Bunga Nusantara berada di Jl. Mariawati Km.7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Jalan menuju Taman Bunga Nusantara sebenarnya cukup mudah, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Nah bagi kamu yang menggunakan transportasi umum dapat menggunakan rute berikut ini.
  • Bisa Jurusan Bogor - Cianjur - Rute menuju puncak. Kemudian turun di pertigaan Hanjawar. Biasanya sopir angkutan sudah tau dengan rute ini.
  • Lanjut menggunakan angkot dengan jurusan Cipanas - Loji, kemudian turun di Pasar GSP.
  • Dari Pasar GSP ambil angkot dengan tujuan Cipanas - Mariawati dan turun langsung ke lokasi wisata.
Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan Goggle Maps atau bertanya dengan warga setempat.
Baca Juga: The Jungle Fest Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Sebenarnya untuk memasuki kawasan wisata cianjur yang satu ini, wisatawan akan membayar harga tiket yang masih cukup terjangkau. Nah berikut ini adalah jenis tiket masuk Taman Bunga Nusantara.

TIKET TAMAN BUNGA NUSANTARA
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 50.000
Tiket Exotic Tram Rp 70.000
Tiket Garden Rp 60.000
Tiket Wira-Wiri Rp 20.000
Tiket Rumah Kaca Rp 5.000

Syarat Masuk Taman Bunga Nusantara

  • Pengunjung sudah melakukan vaksin dan dapat menunjukan surat keterangan vaksin di aplikasi Peduli Lingdungi.
  • Anak yang belum vaksin bisa masuk asalkan orang tua anak tersebut sudah melakukan vaksin.
  • Wajin mematuhi protokol kesehatan.
  • Tiket masuk berlaku untuk anak di usia 4 tahun ke atas.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Nah berikut ini beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Kamu dapat menemukan Foodcourt bernama Cafe Marigold, ada juga Nany's Galeria tempat membeli cinderamata. 
  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Bursa Bunga
  • Gedung Serbaguna Saung Aku
  • Camping Ground Saung Nini
  • Mushola
NB: Taman Bunga Nusantara buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 09.00-17.00 WIB.

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

Maze Garden (Taman Labirin)

Taman Bunga Nusantara: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Labirin Taman Bunga Nusantara (Image Source: Instagram)
Destinasi wisata alam bogor ini memiliki banyak sekali wahana dengan hamparan rumput serta bunga yang cantik. Dengan begitu tempat ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari spot foto Instagramable. Misalnya saja Taman Perancis dengan susunan tanaman yang rapi dan indah.

Pengunjung juga bisa mencoba labirin di Maze Garden, kamu dapat mencoba sensasi mengelilingi labirin sesunguhnya. Nah kamu tidak perlu khawatir sebab tempat ini juga memiliki peta petunjuk bagi wisatawan yang tersesat menemukan jalan keluarnya.

Taman Air

Setelah mencoba taman labirin, kamu juga dapat mencoba salah satu area yang berisi berbagai jenis tanaman air. Taman air ditempat ini memiliki berbagai jenis dan warna yang sangat indah. Bahkan beberapa diantaranya berasal dari luar negeri. Misalnya saja tanaman Cybera Papyrus yang sering digunakan bahan baku kertas oleh orang Mesir Kuno.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat tanaman raksasa, tidak hanya itu saja pengunjung juga dapat melihat tanaman Talia Delbata yang didatangkan langsung dari Amerika. Kamu juga dapat melihat langsung patung dinosaurus yang lokasinya tidak jauh dari taman air.

Taman Mawar

Siapa disini yang suka dengan bunga mawar?, nah ditempat ini wisatawan juga dapat melihat dan menikmati berbagai jenis bunga mawar yang sangat cantik. Bunga-bunga ini dirawat dengan baik dengan melakukan penyiraman dengan rutin sehingga menghasilkan bunga mawar yang cantik.

Taman Palem

Di taman palem terdapat kurang lebih 100 jenis tanaman palem yang ditanaman serta dirawat dengan baik. Keberadaan pohon palem ini membuat suhu disekitar membuat terasa lebih sejuk. Nah beberapa tanaman palem yang dapat kamu temukan diantaranya palem kipas meksiko, palem botor, palem raksasa, hingga palem madagaskar.

Taman Perancis

Saat mengunjungi taman perancis wisatawan akan melihat gaya taman seperti eropa jaman dahulu. Taman ini tertara dengan rapi dengan susunan tanaman dan bunga yang cantik. Wisatawan juga dapat berfoto ditempat ini maupun melihatnya secara langsung dari menara pandang.

Rumah Kaca (Green House)

Exotic Tram Taman Bunga Nusantara (Image Source: Instagram)
Bagi kamu yang ingin melihat bunga yang tumbuh dinegara yang memiliki empat musim, tidak salah untuk mengunjungi rumah kaca. Disini terdapat bunga-bunga yang tidak ada di Indonesia. Rumah kaca ini memiliki luas sekitar 2000 meter persegi. Suhu dan kelembapan ruangan diatur sedemikian mungkin agar bunga-bunga tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Taman Jepang

Bagi kamu yang senang dengan suasana Jepang, tempat yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Disini kamu dapat merasakan suasana khas Jepang yang identitik dengan kerapiana dan beberapa ornamen-ornamen khas Jepang.

Wisata Dekat Taman Bunga Nusantara

Little Venice

Little Venice merupakan tempat wisata cianjur yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap hari, bahkan saat hari libur tempat ini selalu ramai oleh wisatawan. Tempat ini memiliki konsep bangunann ala kota Venice dengan berbagai warna yang menarik.

Alamat Little Venice berada di Jl. Kota Bunga, Batulawang, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas mungkin masih sedikit asing ditelinga para wisatawan terutama wisatawan luar Jawa Barat. Disini wisatawan dapat bersantai sambil menikmati susaana alam dengan berbagai bunga yang cantik dan indah.

Alamat Kebun Raya Cibodas berada di Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

FAQ

Berapa harga tiket masuk ke taman bunga?

Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp50.000 per orang.

Apa saja yang ada di Taman Bunga Nusantara?

Berbagai jenis bunga dapat kamu jumpai di Taman Bunga Nusantara, diantaranya:
  • Taman Perancis
  • Taman Mawar
  • Taman Labirin
  • Taman Bali
  • Taman Jepang
  • Taman Air

Taman Bunga Nusantara miliki Siapa?

Taman Bunga Nusantara didirikan oleh Ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata taman bunga nusantara cianjur jawa barat.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.