Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Bangkong Kuningan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Bangkong Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Kertawirama, Nusaherang, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45563.

Curug Bangkong - Jawa Barat merupakan provinsi yang mempunyai banyak tempat wisata alam yang masih terjaga keaslianya. Nah salah satu tempat wisata di Kuningan yang masih alami dan belum banyak diketahui oleh wisatawan yaitu Curug Bangkong Kuningan.

Curug Bangkong merupakan wisata air terjun di Kuningan. Disekeliling cukup terdapat tumbuhan hijau yang rimbun sehingga kesan alami sangat terasa di curug ini. Penamaan Bangkong sendiri karena setiap pagi dan sore hari terdengar suara kodok di sekitar curug.

Curug Bangkong Kuningan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata alam di Kuningan (Image Source: Instagram)

Wisata alam kuningan ini juga pernah mengalami renovasi pada tahun 2019 lalu. Beberapa fasilitas sudah ditambahkan seperti gazebo yang berada di sekitar tepi sungai. Selain itu wisatawan juga dapat mencoba wahana arum jeram yang menantang adrenalin.

Baca Juga: Banyu Panas Palimanan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Bangkong

Alamat Curug Bangkong berada di Kertawirama, Nusaherang, Kuningan, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Bangkong

Jalan ke curug bangkong yang pertama harus kamu lewati yaitu menuju Kecamatan Nusaherang. Kondisi jalan berupa aspal yang cukup bagus namun tidak terlalu lebar. Disepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan sawah dan perbukitan hijau yang indah.

Jalan tersebut hanya dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi, itu pun cukup satu mobil saja. Setibanya di parkiran, kamu harus berjalan kaki sejauh 200 meter melewati jalan setapak tanah yang, dengan ditemani suara aliran sungai yang mengalir.
Baca Juga: Curug Ciangin Subang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Bangkong

Untuk memasuki Curug Bangkong Kuningan wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk. Tiket tersebut belum termasuk dengan fasilitas yang ada dan biaya parkir kendaraan.

TIKET MASUK CURUG BANGKONG
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Tiket Masuk Anak-Anak Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 3.000
Parkir Motor Rp 2.000
Papalidan Rp 10.000

NB: Curug Bangkong buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 08.00-16.00 WIB.

Fasilitas Curug Bangkong

Wisata keluarga di Kuningan ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti jalan setapak yang sudah nyaman untuk dilalui. Beberapa fasilitas lainya yang dapat digunakan oleh wisatawan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo

Daya Tarik Curug Bangkong

Kesegaran Air Terjun

Curug Bangkong Kuningan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat wisata keluarga di Kuningan (Image Source: Instagram)
Hal yang pertama kamu rasakan adalah kesegaran air terjun yang sangat alami. Curug Bangkong sendiri memiliki ketinggian 20 meter dengan lebar kurang lebih 3 meter. Dibagian bawah air terjun terdapat kolam alami dan kolam buatan yang cukup luas.

Wisatawan dapat berenang di kolam buatan yang memang dibuat untuk berenang. Curug ini memiliki air yang cukup dingin dan sejuk, selain berenang, pengunjung juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan air terjun.

Wahana Papalidan

Selain berenang, pengunjung juga bisa mencoba wahana papalidan curug bangkong. papalidan sendiri adalah olahraga arum jeram. Pengunjung akan didampingi dengan pengawas yang sudah berpengalaman. Satu orang akan mendapatkan ban karet yang cukup besar dengan pegangan di ban karet.

Pengunjung akan menyusuri sungai dengan panjang sekitar 200 meter. Aliran sungai yang cukup deras dan benturan dari batu menjadi daya tarik tersendiri.

Bersantai di Gazebo

Bagi pengunjung yang tidak ingin berenang atau bermain papalidan juga dapat bersantai di Gazebo. Di Gazebo ini pengunjung dapat bersantai sambil menikmati kemegahan air terjun. Selain itu, gazebo tersebut juga biasa digunakan untuk meletakan barang bawaan.

Sejarah Curug Bangkong

Curug Bangkong Kuningan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Curug Bangkong Kuningan Jawa Barat (Image Source: Instagram)
Dari cerita masyarakat setempat, curug bangkong kuningan jawa barat memiliki sejarah bahwa curug ini ditemukan oleh seorang pertapa tua yang bernama Abah Wiria dari Ciamis. Dari air terjun itu, Wiria bertirakat sambil mengajarkan cara membuat gula kawung kepada masyarakat setempat.

Wisata Dekat Curug Bangkong

Waduk Darma

Waduk Darma merupakan salah satu waduk yang berada di Kuningan. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tempat wisata alam di kuningan ini memang menawarkan pesona tersendiri.

Alamat Waduk Darma berada di Darma, Kuningan, Jawa Barat.

Situ Wulukut

Situ Wulukut Kuningan merupakan salah satu tempat wisata kuningan yang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana alam dengan danau yang terlihat asri. Selain itu, tempat ini memiliki udara yang sejuk.

Alamat Situ Wulukut berada di Kertayuga, Nusaherang, Kuningan, Jawa Barat.

Nah berikut diatas artikel dari yanacircle.com tentang wisata kuningan yaitu curug bangkong.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.