Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Citambur Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Citambur Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: 081511094440 - Alamat: Karangjaya, Pasirkuda, Cianjur Selatan, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43266.

Curug Citambur - Cianjur merupakan salah satu daerah yang memiliki wisata alam yang terbentuk secara alami. Oleh karena itu banyak tempat wisata alam cianjur yang masih terjaga kealamianya salah satunya yaitu Wisata Curug Citambur.

Curug Citambur memiliki ketinggian air terjun hingga 130 meter, air terjun ini memiliki 2 tingkatan dengan tebing yang cukup tinggi. Selain itu, disekitar curug juga terdapat pepohonan yang masih rindang. Tidak hanya itu saja, disini juga disediakan beberapa spot foto yang cukup unik.

Curug Citambur Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Cianjur Selatan (Image Source: Instagram)

Pada masa pendemi Covid-19 lalu, curug ini sempat ditutup. Namun sekarang sudah dibuka kembali dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan. Bagi kamu yang sedang mencari wisata alam yang masih alami, wisata ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Baca Juga: Taman Bunga Nusantara: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Citambur

Alamat Curug Citambur berada di Karangjaya, Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Citambur

Jalan menuju Curug Citambur dari Kota Bnadung cukup mudah dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pertama, menuju Ciwidey sampai di Perkebunan Teh Rancabali belok ke kanan sampai melewati jalan dengan kelolokan serta turunan yang cukup tajam.

Setelah itu, kamu akan menemukan persimpangan jalan. Ambil arah kekanan dan kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang begitu indah disepanjang jalan. Jarak tempat wisata dari Kota Bandung sekitar 72 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan kondisi lalu lintas normal.
Baca Juga: Cibalung Happy Land Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Citambur

Wisatawan yang akan memasuki Curug Citambur Cianjur akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah dan terjangkau. Namun biaya tersebut belum termasuk dengan biaya spot foto yang berada di lokasi wisata.

TIKET MASUK CURUG CITAMBUR
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000

NB: Curug Citambur buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Curug Citambur

Selain memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah dan alami. Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Adapun fasilitas yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot foto

Penginapan Curug Citambur

  • Penginapan Ciwidey Pesona Alam Wisata Bandung
  • Silver Oak Family Guest House
  • Ranca Upas
  • Oyo 3372 Cigadog Resisdance

Daya Tarik Curug Citambur

Mitos Curug Citambur

Konon tempat ini menjadi tempat tinggal Prabu Tanjung Sanghyang Anginna (Raja) yang sekarang ini digunakan sebagai nama Desa Pasir Angin. Menurut beberapa cerita yang beredar luas, dahulu Prabu Tanjung turun ke curug menggunakan seekor kuda lengkap dengan pengikutnya yang menabuh alat musik tambur.

Namun ada juga yang menceritakan bawha curug tersbeut merupakan Kerajaan Tanjung Anginan dengan raja yang bergelar Prabu Tanjung Sanghyang Anginan. Kerajaan tersebut berada di depan pintu masuk yang sekarang ini digunakan sebagai kantor Desa Karang Jaya.

Pesona Curug

Wana Wisata Curug Citambur (Image Source: Instagram)
Curug ini memiliki air terjun yang sangat cantik, beberapa wisatawan bahkan menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata terbaik di Cianjur. Air terjun ini mengalir dari tebing dengan ketinggian sekitar 120-an meter. Debit air terjun cukup cukup besar, lokasinya juga berada di sisi tebing dengan hamparan pepohonan hijau yang cantik.

Surga Tersembunyi

Air terjun ini sangat cocok dijuluki sebagai surga tersembunyi karena lokasinya berada di dibalik tebing Gunung Lemo. Gunung Lemo sendiri adalah gunung yang memiliki bentuk menyerupai huruf L. 

Sumber air terjun ini berasal dari perbukitan, selain itu debit air juga sangat deras. Sehingga wisatawan akan merasakan butiran-butiran air kecil jika sedang berada disektiar curug.

Pemandangan Curug Citambur semakin indah karena terdapat pepohonan dan rumput hijau yang berada disekitar curug. Untuk menikmati keindahan pepohonan yang rumbun, biasanya saat awal musim hujan. Ketika musim kemarau, biasanya akan berwarna kecoklatan.

Spot Foto Instagramable

Curug Citambur Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Alam Cianjur Selatan (Image Source: Instagram)
Pengelola wisata ini juga sudah menyediakan beberapa spto foto yang unik dan Instagramable. Salah satu spot foto yang menyita perhatian yaitu spot rumah terbalik. Terdapat sebuah rumah yang memiliki bentuk berbeda dengan biasanya. Diamana letak atapnya berada dibawah.

Selain itu terdapat juga spot foto berupa gardu pandang dengan latar belakang Wana Wisata Curug Citambur, rumah pohoh, dan sebuah gapura dengan tulisan selamat datang. Wisatawan akan berfoto dispot foto akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang.

Wisata Dekat Curug Citambur

Curug Ngebul

Curug Ngebul merupakan salah satu curug yang memiliki sumber air dari Gunung Lemo. Curug ini memiliki debit air yang cukup besar, saking besarnya bisa mengeluarkan precikan air yang berukuran kecil seperti asap atau ngebul.

Alamat Curug Ngebul berada di Bunijaya, Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat.

Curug Tilu Ciepelah

Curug Tilu Cipelah merupakan curug yang terdiri dari 3 air terjun utama yang berjejerk dari puncak bukit. Sumber mata air dari curug ini berasal dari perbukitan yang berada di atasnya. Curug ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan.

Alamat Curug Tilu Cipelah berada di Desa Cipelah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata cianjur selatan. Curug ini sangat cocok untuk kamu kunjungi saat musim hujan karena dapat melihat hamparan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.