Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Ngebul Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Ngebul Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: -8.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Bunijaya, Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 55881.

Curug Ngebul Cianjur - Cianjur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Barat yang memiliki pegunungan. Maka tak heran jika cianjur menyimpan keindahan alam yang masih terjaga kealamianya. Nah salah satunya yaitu Curug Ngebul.

Air Terjun Ngebul menyimpan keunikan tersendiri pasalnya air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan lokasinya yang berada di antara tebing yang rindang dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Pesona tersebut membuat seolah-olah kamu sedang berada di tempat lain.

Curug Ngebul Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Cianjur Selatan (Image Source: Instagram)

Disekitar air terjun terdapat beberapa batuan yang berukuran besar, lalu terdapat juga kolam penampungan air yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengalirkan air ke sawah mereka. Lokasinya yang jauh dari keramaian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga: Curug Citambur Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Ngebul

Alamat Curug Ngebul Cianjur berada di Bunijaya, Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Ngebul

Perjalanan menuju Curug Ngebul dari Cianjur cukup mudah. Arahkan kendaraan menuju Kecamatan Pagelaran, setelah sampai di Cipai belok ke kanan menuju Desa Buniyaja. Selanjutnya belok ke kiri menuju Kampung Rawasoro. Selanjutnya kamu bisa tanya kepada masyarakat setempat.

Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan roda dua. Namun jalan mendekat curug tidak terlalu baik. Selain itu, jalanya tidak terlalu lebar dan hanya dapat dilalui oleh satu mobil saja. Jarak yang akan kamu tempuh sejauh 72 kilometer dan membutukan waktu perjalanan sekitar 3 jam.
Baca Juga: Cibalung Happy Land Bogor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Curug Ngebul

Wisatawan lokal maupun mancarnegara akan dikenakan biaya masuk yang sama. Selain memiliki panorama alam yang indah, harga tiket masuk wisata curug ngebul juga sangat mudah dan terjangkau.

TIKET MASUK CURUG NGEBUL
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Biaya Camp Rp 2.000

NB: Curug Ngebul buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 08.00-17.00 WIB.

Fasilitas Curug Ngebul

Curug ini ternyata memiliki fasilitas yang cukup lengkap meski belum semuanya ada. Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh warga setempat. Adapun beberapa fasilitas yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Saung
  • Mushola

Daya Tarik Curug Ngebul

Panorama Curug Ngebul

Curug Ngebul Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Ngebul Cianjur (Image Source: Instagram)
Curug ini memiliki keindahan air terjun yang begitu memukau, dan menjadi salah satu wisata yang cukup potensial di Cianjur. Penamaan curug ini berasal dari kata Ngebul yang berarti asap. Hal itu karena saking derasnya debit air terjun sehingga menghasilkan butiran air yang berukuran kecil menyerupai asap.

Melakukan Trekking

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi air terjun ini harus membutuhkan tenaga yang cukup ekstra. Lokasinya yang berada di pedesaan membuat pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati hutan dan pegunungan. Medan yang akan dilalui beruakan jalan tanah, jalan yang penuh kerikil, dan beberapa jalan yang berlumpur.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup terjal, pengunjung akan melewati jalan setapak dengan kontur yang naik-turun. Meski begitu, wisatawan akan ditemani pemandangan alam yang sangat indah disepanjang perjalanan.

Kondisi Alam yang masih Alami

Wisata Curug Cianjur (Image Source: Instagram)
Setelah berjalan kaki sejauh 200 meter dari gerbang masuk, wisatawan akan sampai dilokasi air terjun. Wisatawan akan langsung disambut dengan kemegahan air terjun dengan ketinggian 100 meter. Disekitar air terjun juga terdapat tebin dan tumbuhan hijau yang akan membuat suasana alam semakin terasa alami.

Hamparan rumput dan pepohonan hijau yang menjulang tinggi, membuat tempat ini sangat cocok bagi kamu yang akan menghilangkan penat akibat pekerja seharian.

Berbagai Aktivitas

Untuk menikmati kesegaran air terjun, pengunjung dapat berenang atau bermain air disekitar sungai air terjun. Namun pengunjung tidak diperkenankan bermain air terjun dibawahnya secara langsung karena memiliki debut yang terlalu tinggi dan cukup beresik.

Selain itu, disekitar Air Terjun Curug Ngebul juga terdapat sebuah lahan yang memang dikhusukan untuk berkemah. Wisatawan dapat bermalam dengan ditemani suara air terjun dan pegunungan yang memiliki susana menyegarkan.

Wisata Dekat Curug Ngebul

Curug Citambur

Curug Citambur merupakan air terjun yang berada di Cianjur Selatan. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 130 meter dengan tiga tingkatan. Tingaktan yang pertama memiliki ketinggian 12 meter dan yang kedua memiliki tinggi tingkatan 116 meter.

Alamat Curug Citambur berada di Desa Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat.

Curug Cipanaruban

Curug Cipanaruban adalah salah satu curug yang cukup unik. Curug ini berbeda dengan yang lainya karena disekitar curug terdapat bebatuan alam yang cukup estetik.

Alamat Curug Cipanaruban berada di Bunijaya, Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat.

Berikut diatas artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug ngebul cianjur selatan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.