Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Sumba Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Sumba Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00-16.30 WIB No. Telepon: - Alamat: Kemojing, Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53357.

Curug Sumba Purbalingga - Purbalingga merupakan daerah yang didominasi oleh kawasan pegunungan dan perbukitan sehingga memiliki potensi wisata alam yang bagus. Nah salah satu wisata Purbalingga yang cukup menarik wisatawan salah satunya yaitu Curug Sumba.

Curug Sumba sendiri berada di sebuah desa yang cukup pelosok dan didominasi oleh hutan dan pepohonan. Namun dibalik itu semua menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana yang masih asri dan alami sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari wisata alami.

Curug Sumba Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat wisata di Purbalingga (Image Source: Instagram)

Selain itu, air dari curug ini berwarna hijau kebiruan dan memiliki air yang cukup jernih. Menikmati deburan suara air terjun dan pepohonan yang rimbun tentu menjadi wisata yang sangat tepat bagi kamu yang sedang mencari ketenangan.

Baca Juga: Lembah Pleset Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Sumba

Alamat Curug Sumba berada di Kemojing, Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Sumba

Jalan menuju Curug Sumba dari Kota Purbalingga cukup mudah karena memiliki jalan yang sudah beraspal dan halus. Sedangkan untuk rutenya yaitu menuju Jl. Raya Kajiran kemudian menuju Jl. Mekarjaya dan belok ke kanan menuju Jl. Pemalang - Purbalingga.

Selanjutnya kamu akan menemukan pertigaan lalu belok ke kanan menuju Kemojing. Setelah itu kamu akan menemukan papan penjuk arah menuju lokasi wisata. Kamu juga dapat menggunakan bantuan aplikasi google maps.
Baca Juga: Curug Bangkong Kuningan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Sumba

Untuk menikmati kesegaran dan keindahan wisata air terjun purbalingga yang satu ini wisatawan perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

TIKET MASUK CURUG SUMBA
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Curug Sumba Purbalingga buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 07.00-16.30 WIB.

Fasilitas Curug Sumba

Wisata purbalingga terbaru ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung
  • Gazebo
  • Kolam renang anak

Daya Tarik Curug Sumba

Surga Tersembunyi

Curug Sumba Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata kolam renang Purbalingga (Image Source: Instagram)
Lokasi curug ini cukup tersembunyi jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan memiliki suasana alam yang asri dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berada di lembah gunung membuat udara sekitar terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

Curug ini memiliki air yang sangat jernih karena bersumber dari pegunungan. Banyak wisatawan yang ketagihan bermain di curug ini karena memiliki kesegaran air. Kesegaran air terjun dan keberadaan tumbuhan hijau disekitar curug membuat suasana alam semakin terasa.

Memiliki Puluhan Anak Tangga

Sebelum sampai di air terjun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu dari tempat parkir. Setelah melewati puluhan anak tangga, kamu akan sampai ke air terjun. Dari anak tangga tersebut kamu juga sudah dapat melihat pesona air terjun dari kejauhan.

Karena lokasinya yang lebih tinggi membuat pemandangan hutan sekitar juga akan terlihat. Disepanjang perjalanan kamu juga dapat melihat berbagai jenis bunga yang memiliki warna yang cantik.

Kesegaran Air Terjun

Curug Sumba Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Curug Sumba Purbalingga (Image Source: Ig/risamusfita)
Aktivitas yang perlu kamu lakukan ketika mengunjungi tempat ini adalah mandi dibawah air terjun. Terdapat sebuah kolam yang cukup luas yang dapat pengunjung gunakan untuk bermain air. Air yang jernih dan segar membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Kedalam kolam tersebut cukup bervariasi antara 1,5 meter sampai 2 meter.

Taman Bunga

Selain dapat menikmati kesegaran air terjun, pengunjung juga dapat melihat area rerumputan dan hamparan bunga yang berwarna-warni. Ditambah lagi dengan adanya gazebo di sektitar taman bunga membuat wisatawan dapat berisitirahat sambil menikmati pemandangan bunga.

Tempat ini juga di lengkapi dengan beberapa spot foto. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan bukit hijau dan area sawah dan perkebunan yang sangat cantik.

Wisata Dekat Curug Sumba 

Bukit Mertelu

Bukit Mertelu merupakan destinasi tempat wisata alam purbalingga yang sangat bagus. Dari bukit ini wisatawan dapat melihat pemandangan Gunung Slamet dengan sangat jelas. Banyak wisatawan yang berfoto dengan latar belakang Gunung Slamet.

Alamat Bukit Mertelu berada di Gn. Sangkanayu, Kec. Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah. 

Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga merupakan sebuah gua yang terbentuk akibat letusan lava Gunung Slamet pada zaman purba. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit menjelajahi seluruh isi goa.

Alamat Goa Lawa berada di Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.