Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Tujuh Cibolang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Curug Tujuh Cibolang Harga Tiket: Rp8.000 Jam Buka: 08.00-18.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Sandingtaman, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 55881.

Curug Tujuh Cibolang - Ciamis merupakan daerah yang terkenal dengan wisata pegunungan yang sangat menyejukan. Nah saat kamu berkunjung ke Ciamis, kamu harus mencoba salah satu wisata alam yang satu ini yaitu Curug Tujuh Cibolang Ciamis.

Curug Tujuh Panjalu ini juga menjadi wisata ciamis yang sangat cocok bagi kamu yang ingin camping. Memiliki panorama indah serta udara yang sangat sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang mengunjunginya.

Curuh Tujuh Cibolang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Curug Tujuh Panjalu Ciamis Jawa Barat (Image Source: Gogglemaps.com)

Bagi kamu yang mengajak anak-anak, pastikan dalam kondisi sehat atau didampingi oleh orang tua. Kamu akan melakukan perjalan sejauh 1 kilometer sebelum sampai di lokasi air terjun.

Baca Juga: Curug Ngebul Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Curug Tujuh Cibolang

Alamat Curug Tujuh Cibolang berada di Sandingtaman, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. 

Rute Menuju Curug Tujuh Cibolang

Jalan menuju curug tujuh cibolang bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan roda dua. Tempat ini juga sudah menyediakan tempat parkir bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi.

Jarak tempuh twisata ini dengan alun-alun Ciamis sekitar 34 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sektiar 1 jam perjalanan. Bagi kamu yang kesulitan menemukan lokasinya, kamu dapat bertanya dengan masyarakat setempat atau menggunakan bantuan aplikasi Goggle Maps.
Baca Juga: Taman Prawatasari Cianjur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Curug Tujuh Cibolang

Pengunjung yang akan memasuki kawasan wisata alam ciamis ini akan dikenakan harga tiket yang berbeda ketika hari biasa dan akhir pekan. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab harga tiket masuknya cukup murah dan terjangkau.

TIKET MASUK CURUG TUJUH CIBOLANG
Harga Tiket Masuk (Weekend) Rp 8.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000

NB: Curug Tujuh Cibolang buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 08.00-18.00 WIB.

Fasilitas Curug Tujuh Cibolang

Selain dapat menikmati kesegaran air terjun, wisatawan juga akan dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Adapun fasilitas yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Tempat camping
  • Warung makan
  • Toilet

Daya Tarik Curug Tujuh Cibolang

Sejarah Curug Tujuh Cibalong

Curuh Tujuh Cibolang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Ciamis (Image Source: Instagram)
Menurut penuturan beberapa masyarakat setempat, dahulu terdapat seorang raja yang memiliki sifat yang arif dan bijaksana. Raja tersebut sedang bersedih karena hujan tidak kunjung datang. Akibat musim kemarau yang berkepanjangan banyak warganya yang menderita.

Karena hal itu raja tidak tinggal diam. Beliau kemudian memutuskan untuk bertapa didalam goa dan memohon agar diturunkan hujan. Saat bertapa, raja tersebut menangis dan air mata itu menjadi sebuah genangan air yang begitu besar. Akhirnya terbentuklah sebuah air terjun hingga seperti sekarang ini.

Panorama Alam

Air terjun ini merupakan wisata alam yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Ciamis. Curug ini memiliki keindahan yang tersembunyi. Sesuai dengan namanya curug ini memiliki 7 tingkatan. Dimana 7 air terjun tersebut saling berdekatan.

Curug yang ke empat dan lima letaknya berdampingan dan hanya dipisah oleh jarak 2 meter saja. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun ini dengan jelas bisa naik ke atas bukit yang lokasinya berada di samping air terjun.

Jalur Trekking

Curug Tujuh Panjalu (Image Source: Instagram)
Sebelum sampai di lokasi curug, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan melewati jalanan dengan trek berupa tanah yang cukup landai. Disepanjang perjalanan pengunjung akan melewati berbagai macam rintangan seperti halya mendaki gunung.

Disalah salah satu curg juga terdapat sebuah makam. Makam keramat tersebut juga sering dikunjungi oleh para peziarah maupun masyarakat setempat.

Wisata Dekat Curug Tujuh Cibolang

Lubang Timah Waterfall

Terdapat surga tersembunyi yang berada di Gunung Syawal yaitu Lobang Timah. Kawasan ini berada di tengah pegunungan yang masih terjaga keasrianya. Memiliki udara yang segar dan air yang bening menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Alamat Lubang Timah Waterfall berada di Gn Syawal, Cihaurbeuti, Ciamis, Jawa Barat.

Situ Cibubuhan

Situ Cibibuhan merupakan wisata alam yang sengaja dibuat bagi para pemudik atau seperti rest area. Para pemudik dapat beristirahat sebentar menikmati pemandangan alam sambil menikmati berbagai jajanan kuliner yang sangat lengkap.

Alamat Situ Cibubuhan berada di Desa Cibeureum, Sukamantri, Ciamis, Jawa Barat.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang curug tujuh cibolang ciamis jawa barat. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.