Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Embung Bansari Temanggung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Embung Bansari Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Bansari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 56265.

Embung Bansari - Temanggung merupakan salah satu daerah yang berada di kaki Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Daera hini memiliki beberapa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata Temanggung yang selalu ramai oleh wisatawan yaitu Embung Bansari.

Embung Bansari Temanggung merupakan sebuah kolam penampungan air hujan yang berada di ketinggian. Dahulu tempat ini memang sengaja dibuat untuk mengairi sawa dan kebun milik beberapa warga. Namun karena memiliki daya potensi, kemudian dibuka untuk umum pada akhir tahun 2020.

Embung Bansari Temanggung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Temanggung (Image Source: Instagram)

Embung Bansari ini berada di ketinggian 1.300 mdpl sehingga memiliki pesona alam yang cukup cantik. Dari sini wisatawan dapat melihat Gunung Sindoro yang sangat gagah. Bahkan saat cuaca sedang cerah juga terlihat beberapa gunung seperti Merbabu, Merapi, Prau, Ungaran, hingga Muria.

Baca Juga: Mangli Sky View Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Embung Bansari

Alamat Embung Bansari berada di Desa Bansari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah.

Rute Menuju Embung Bansari

Jalan menuju Embung Bansari dari Kota Temanggung cukup dekat, yaitu berjarak sekitar 18 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju lokasi juga sudah sangat mendukung.

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah Temanggung dapat menggunakan aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps agar lebih mudah untuk menemukan lokasinya.
Baca Juga: Gunung Kelir Wonogiri: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Embung Bansari

Wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata embung bansari temanggung ini akan dikenakan tiket masuk yang sangat murah meriah. Bahkan saat hari-hari tertentu wisatawan juga akan mendapatkan pelet. Pelet tersebut bisa untuk memberi makan ikan di area embung.

TIKET MASUK EMBUNG BANSARI
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Embung Bansari buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Embung Bansari

Meski tergolong tempat wisata baru di Temanggung namun tempat ini sudah memiliki beberapa sarana prasarana yang cukup lengkap. Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah tersedia, diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Toilet
  • Pelet

Daya Tarik Embung Bansari

Embung Bansari Temanggung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wsata Bansari (Image Source: Instagram)
Embung Bansari merupakan salah satu embung yang berada di atas ketinggian 1.300 mdpl dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Embung ini didirikan pada tahun 2019 dan mulai dibuka untuk tujuan wisata pada tahun 2021 lalu. Tempat ini menjadi lokasi yang sangat tepat untuk melihat Pesona Gunung Sindoro yang sangat gagah.

Suasana khas pedesaan di pinggir lereng gunung sangat terasa. Disini wisatawan dapat merasakan udara yang sejuk yang akan menyegarkan pikiran. Bahkan saat pagi hari wisatawan juga dapat merasakan sensasi berada di atas awan.

Panorama Alam

Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu luang dengan menikmati udara pegunungan, tempat ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Embung ini memiliki udara yang sangat sejuk, namun harus dipastikan bahwa sebelum menuju tempat wisata di temanggung yang satu ini kendaraan anda dalam kondisi yang prima.

Ketika sudah berada di ketinggian, wisatawan akan disambut dengan kolam seluas 2453 meter persegi dengan bentuk yang sangat cantik. Apalagi perpaduan antara pegunungan ada disekitarnya. Saat cuaca sedang cerah kamu juga bisa melihat beberapa gunung yang berada di Jawa Tengah.

Lautan Awan

Embung Bansari Temanggung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Embung Temanggung (Image Source: Instagram)
Nah bagi kamu yang akan menyaksikan pemandangan lautan awan yang cantik bisa datang saat pagi buta. Berada di ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl membuat embung bansari temanggung jawa tengah memiliki pemandangan yang luar biasa ketika pagi hari.

Saat pagi hari lautan awan akan berada di bawah embung. Pada saat itu pemandangan akan terlihat sangat eksotis. Salah satu momen yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika mengunjungi tempat ini.

Memberi Makan Ikan

Bagi kamu yang mempunyai anak-anak, kamu juga dapat mengajak mereka dengan memberi makan yang ada di embung. Berbagai jenis ikan dapat kamu temukan di tempat ini. Bagi anak-anak ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikan.

Setelah puas memberi makan ikan, kamu juga dapat menikmati sunset saat sore hari. Moment matahari tenggelam ini tidak kalah indah seperti di tempat yang lainya. Wisatawan bisa bersantai sambil menikmati berbagai makanan dan minuman yang tersedia di warung dekat embung.

Wisata Dekat Embung Bansari

Embung Kledung

Embung Kledung menjadi salah satu tujuan yang sangat tepat bagi kamu yang ingin mengajak anak-anak untuk berwisata. Disini kamu dapat menikmati udara pegunungan yang sangat segar dengan keindahan Gunung Sindoro yang berada di depan mata.

Alamat Embung Kledung berada di Desa Tlahab, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Wisata Sunrise Sindhumoyo

Wisata Sindhumoyo merupakan salah satu wisatawan yang dikembangkan oleh para pecinta alam gunung Sindoro. Ditempat ini kamu dapat menikmati pemandangan sunrise dengan sangat jelas.

Alamat Wisata Sindhumoyo berada di Katekan, Kec. Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah.

Berikut diatas artikel dari yanacircle.com tentang embung bansari yang merupakan salah satu wisata temanggung yang selalu ramai.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.