Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Goa Lawa Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Goa Lawa Purbalingga Harga Tiket: Rp25.000 Jam Buka: 09.00-15.00 No. Telepon: 08112824777 - Alamat: Desa Siwarak, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 52257.

Goa Lawa Purbalingga - Purbalingga merupakan daerah yang termasuk dalam kawasan Gunung Slamet. Nah tidak jauh dari Gunung Slamet terdapat sebuah goa yang terbentuk akibat endapan lava dan batu gamping yang terbentuk akibat letusan Gunung Slamet. Wisata tersebut yaitu Goa Lawa.

Goa Lawa atau yang biasa disebut dengan Golaga merupakan wisata alam di Purbalingga. Goa ini terbentuk akibat lava letusan Gunung Slamet pada zaman purba dan mengalami pembekuan yang cukup lama.

Goa Lawa Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga (Image Source: Instagram)

Panjang Goa Lawa sekitar 1,5 kilometer dan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk menyusuri goa. Di dalam goa terdapat patung kelelawar yang cukup besar, patung tersebut menjadi ikon wisata purbalingga yang satu ini. 

Baca Juga: Curug Sumba Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Goa Lawa Purbalingga

Alamat Goa Lawa berada di Desa Siwarak, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Rute Menuju Goa Lawa

Jalan menuju Goa lawa purbalingga jika dari pusat Kota Purbalingga sekitar 25 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Kamu bisa menggunakan rute dari Tol Cipali keluar Tol Pemalang kemudian menuju Purbalingga. Setelah itu kamu akan menemukan papan penunjuk arah menuju Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga.

Bagi kamu yang berasal dari luar Purbalingga dapat menggunakan aplikasi penunjuk jalan Google Maps atau Waze GPS. Akses jalan menuju lokasi wisata sudah sangat bagus dengan jalan beraspal yang cukup lebar.
Baca Juga: Lembah Pleset Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Goa Lawa

Wisatawan yang akan mencoba memasuki goa ini akan dikenakan harga tiket yang cukup murah. Selain itu, pengunjung juga dapat memilih berbagai paket yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

TIKET MASUK GOA LAWA PURBALINGGA
Senin - Jumat Rp 20.000
Sabtu - Minggu Rp 25.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Goa Lawa atau Golaga buka setiap hari Senin - Minggu pada jam 09.00-16.00 WIB.

Fasilitas Goa Lawa

Pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas para wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas yang sudah disediakan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Area bermain anak

Daya Tarik Goa Lawa

Sejarah Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa ini menyimpan cerita sendiri dalam proses penyebaran agama islam di Jawa khususnya Purbalingga. Lokasi ini konon dipercaya sebagai tempat persembunyian dua tokoh penyebar agama islam waktu itu. Mereka bernama Ahmad dan Mohammad.

Mereka berdua dicari oleh senopati dari Kerajaan Majapahit yang bernama Ki Sutaraga. Hingga akhirnya mereka berdua bersembunyi didalam goa selama beberapa hari. Keduanya keluar goa lalu bertemu dengan Ki Sutaraga yang mengira dua orang tersebut telah mati dimakan oleh harimau.

Keindahan Goa

Goa Lawa Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Golga Purbalingga (Image Source: Instagram)
Goa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Goa yang terbentuk akibat lava dingin yang mengeras kemudian membentuk stalaktit dan stalagmit. Goa ini juga cukup unik, di Indonesia sendiri hanya terdapat dua yaitu di Purbalingga dan Bali. Goa Lawa memiliki luas sekitar 6.683 meter persegi dan panjang mencapai 1.200 meter.

Wisatawan juga dapat melakukan caving atau susur goa sejauh 500 meter dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Pengunjung tidak perlu khawatir sebab akan ditemani dengan pemandu wisata yang sudah hafal tentang kondisi goa.

Camping dan Outbond

Goa Lawa Purbalingga: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat Camping di Purbalingga (Image Source: Instagram)
Pihak pengelola wisata juga menyediakan tempat camping di rerumputan dan dibawah pohon rindang bagi wisatawan yang akan camping. Area ini dapat menampung puluhan tenda, selain itu pihak pengelola juga akan menyediakan spot memancing bagi wisatawan.

Selain camping, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan outdoor. Pihak pengelola juga menyediakan kegiatan outbond bagi pengunjung. Pengunjung akan diajak untuk memainkan berbagai permainan yang berkaitan dengan alam yang sangat menarik.

Wisata Dekat Goa Lawa

Goa Lorong Kereta

Goa Lorong Kereta adalah salah satu wisata bagi para pecinta alam di Jawa Tengah khususnya Purbalingga. Wisatawan akan diajak untuk memasuki mulut goa, berbeda dengan goa pada umumnya, goa lorong kereta lokasinya berada dibawah permukaan laut.

Alamat Goa Lorong Kereta berada di Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Curug Sumba 

Curug Sumba merupakan wisata air terjun di Purbalingga. Curug ini menyuguhkan nuansa keindahan alam yang cukup eksotis dan mempesona. Di sekitar curug juga terdapat pepohonan hijau yang akan menambah kesan alami.

Alamat Curug Sumba berada di Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata alam goa lawa purbalingga atau golaga purbalingga.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.