Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Kelir Wonogiri: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Gunung Kelir Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Dusun Tekil Wetan, Desa Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57682.

Gunung Kelir Wonogiri - Wonogiri adalah daerah yang terkenal dengan makanan olahan daging seperti Bakso. Nah salah satu tempat wisata di Wonogiri terbaru yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan yaitu Gunung Kelir. Wisata yang dinuka pada akhir tahun 2017 ini menarik perhatian para wisatawan.

Salah satu pesona yang ditawarkan dari wisata ini yaitu pemandangan panorama alam yang sangat cantik. Namun untuk menikmati keindahan itu wisatawan harus mendaki terlebih dahulu. Meskipun begitu, wisatawan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama.

Gunung Kelir Wonogiri: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gunung Kelir Wonogiri Jawa Tengah (Image Source: Instagram)

Gunung Kelir juga sangat cocok bagi kamu para pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung. Jalur yang akan dilewati berupa tanjakan yang tidak terlalu extrem. Sepanjang perjalanan, pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Lawu hingga Waduk Gajah Mungkur.

Baca Juga: Bukit Cinta Rawa Pening: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Gunung Kelir

Alamat Gunung Kelir berada di Dusun Tekil Wetan, Desa Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah.

Rute Menuju Gunung Kelir

Jalan menuju Gunung Kelir dari pusat Kota Wonogiri tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 25 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 50 menit. Selain itu, akses jalan sudah dapat dilewati menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Pertama, arahkan kendaraan menuju Jl. Kyao Mojo kemudian menuju Jl. Raya Wonogiri - Ponorogo dan Jl. Wonogiri - Pacitan ke Jl. Pathokan di Ngadirejo Wetan. Setelah itu kamu akan sampai di Tekil Wetan. Selanjutnya kamu dapat bertanya kepada masyarakat setempat atau menggunakan aplikasi penunjuk jalan.
Baca Juga: Wisata Alam Sevillage: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Gunung Kelir

Untuk menikmati panorama alam dari Gunung Kelir, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun tidak perlu khawatir, sebab harga tiketnya juga sangat murah dan sudah disediakan juga tempat parkir kendaraan mobil maupun motor.

TIKET MASUK GUNUNG KELIR
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Penitipan Motor per malam Rp 5.000
Penitipan Motor per malam Rp 10.000

NB: Gunung Kelir Wonogiri buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Gunung Kelir

Objek wisata wonogiri ini sudah dilengkap dengan sarana pra sarana penunjang yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang sudah diseidakan diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Camping
  • Penitipan kendaraan

Daya Tarik Gunung Kelir

Sejarah Gunung Kelir

Gunung Kelir Wonogiri: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Tempat wisata alam di Wonogiri (Image Source: Instagram)
Sejarah gunung kelir wonogiri sendiri berasal dari salah satu lerengnya yang berbentuk menyerupai kelir. Kelir sendiri adalah layar yang biasa digunakan dalam pertunjukan wayang. Karena identik dengan wayang, gunung ini juga sering digunakan oleh para dalang untuk ritual tertentu.

Sampai saat ini Gunung Kelir menjadi salah satu tempat wisata wonogiri yang cukup potensial. Dari sini wosatawam dapat melihat hamparan hutan hijau dan perbukitan yang sangat cantik. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat Gunung Lawu dan Waduk Gajah Mungkur dengan sangat jelas.

Panorama Alam

Setibanya di puncak, hal pertama yang akan kamu jumpai yaitu pemandangan yang sangat memukau. barisan perbukitan hijau dan hamparan hutan yang sangat rimbun akan memanjakan mata par wisatawan. Tebing-Tebing batu yang cukup tinggi di sekitar puncak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, dibawah puncak juga terlihat aliran sungai yang berkelok-kelok. Saat cuaca sedang cerah, disebelah utara wisatawan dapat melihat dengan jelas Gunung Lawu yang sangat gagah.

Pemandangan Sunrise dan Sunset

Gunung Kelir Wonogiri: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Foto Gunung Kelir Wongiri (Image Source: Instagram)
Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam dari puncak Gunung Kelir adalah saat pagi atau sore hari. Saat itu juga wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit dengan sinar matahari yang sangat cantik. Jika beruntuk kamu juga dapat melihat gumpalan awan seolah-olah sedang berada di negeri diatas awan.

Selain pagi hari, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam yang terpancar saat sore. Jika cuaca sedang cerah wisatawan juga dapat melihat pemadnagan sunset yang sangat cantik dari puncaknya.

Berkemah di Gunung Kelir

Seperti halnya wisata gunung pada umumnya, disini wisatawan juga diperbolehkan untuk berkemah. Terdapat beberapa area yang memang disediakan untuk wisatawan yang akan mendirikan tenda. Tempat yang paling bagus lokasnya berada di puncak area pepohonan.

Keberadaan pepohonan akan menjadi keuntungan tersendiri karena dapat mengunragi dinginya hembusan angin saat sore dan malam hari. Saat malam hari wisatawan juga dapat melihat lampu kota Wonogiri dan indahnya langit malam.

Wisata Dekat Gunung Kelir

Istana Parnaraya

Istana Parnaraya adalah salah satu wisata yang mirip dengan istana negara. Pemberian nama Istana Paranaraya karena bangunan tersebut milik putra daerah yang bernama bapak Suparno. Biasanya wisatawan sering memanfaatkan bangunan ini sebagai spot foto.

Alamat Istana Parnaraya berada di Desa Kebonagung, Kec. Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah.

Dam Cinta Sengon

Dam Cinta Sengon merupakan salah satu wisata waduk di Wonogiri. Tempat ini juga menjadi tempat nongkrong pada pemuda-pemudi wongiri saat sore hari. Saat sore hari, wisatawan juga dapat melihat pemandangan sunset yang lumayan cantik.

Alamat Dam Cinta Sengon berada di Sengon, Tempursari, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang wisata gunung kelir wonogiri jawa tengah.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.