Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Wijil Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Gunung Wijil Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Kupang, Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57464.

Gunung WijilKlaten merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta. Selain terkenal dengan Umbul Ponggok, Klaten juga memiliki wisata yang baru-baru ini menawarkan sensasi berwisata di daerah pegunungan, yaitu Gunung Wijil.

Gunung Wijil Klaten sendiri merupakan sebuah taman dengan pemandangan alam yang cukup indah. Lokasinya tidak jauh dari Pegunungan Wijil, dahulu tempat ini sering digunakan sebagai tempat pesugihan.

Wisata Klaten Terbaru (Image Source: Instagram)

Namun pada akhir tahun 2020 lalu, Gunung Wijil disulap yang dulunya terkenal horor kini menjadi destinasi wisata alam yang menarik. Dari gunung ini, pengunjung dapat melihat perbukitan yang indah berupa hamparan sawah hijau dan perkampungan milik warga.

Baca Juga: Waterpark Galuh Tirtonirmolo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Gunung Wijil

Alamat Gunung Wijil berada di Desa Kupang, Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah. 

Rute Menuju Gunung Wijil

Jalan menuju Gunung Wijil Karangdowo dari Candi Prambanan cukup jauh yaitu sekitar 32 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 50 menit. Sedangkan untuk rutenya kamu dapat menggunakan Google maps atau menggunakan rute berikut ini.

Pertama, arahkan kendaraan menuju Jl Raya Prambanan kemudian menuju Jl Yogya Solo hingga sampai Klaten. Kemudian ambil Jl Pemuda di Tegalputihan. Belok kiri menuju Jl Karangwuni dan kamu akan sampai di lokasi wisata.
Baca Juga: 45 Tempat Wisata di Sleman Terbaru dan Terhits 2021

Harga Tiket Masuk Gunung Wijil

Wisata ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencari destinasi wisata klaten yang murah meriah. Sebab untuk menikmati pemandangan alam dari tempat ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun pengunjung akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

TIKET MASUK GUNUNG WIJIL
Harga Tiket Masuk (HTM) Gratis
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp5.000

NB: Gunung Wijil buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Gunung Wijil

Meskit terbilang masih wisata yang cukup baru, pihak pengelola wisata yaitu masyarakat setempat sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Adapun fasiltas yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung makan

Daya Tarik Gunung Wijil

Dahulu merupakan Tempat Pesugihan

Sebelum dipugar menjadi tempat waisata, dahulu tempat ini terkenal dengan tempat pesugihan. Menurut beberapa cerita, tempat ini menjadi gudangnya meraih kesuksesan dan kekayaan. 

Terdapat beberapa tempat sakral yang miirp dengan makam Syekh Joko yang konon merupakan murid Joko Tingkir. Tidak hanya itu saja, konon terdapat sebuah goa yang dihuni oleh Buto Ijo.

Karena memiliki pemandangan yang cukup cantik membuat masyarakat setempat bersama pemerintah terkait menyulap tempat yang dulunya horor menjadi taman rekreasi yang cukup potensial. Selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat juga mengurangi kesan angker ditempat ini.

Pemandangan Alam

Gunung Wijil Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Alam Klaten Terbaru (Image Source: Instagram)
Saat kamu berkunjung ke Gunung Wijil Kupang Karangdowo, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam pedesaan yang indah. Perpaduan antara hamparan sawah, hutan, dan perbukitan menjadi kombinasi yang akan memanjakan mata. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat tempat ini memiliki udara yang segar.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saat pagi hari saja. saat sore hari tempat ini selalu ramai oleh wisatawan. Hal ini karena tempat ini menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah.

Hamparan sawah berbalut dengan sinar matahari yang berwarna orange akan menjadi perpaduaan yang sangat cantik.

Pemandangan dari Bukit

Gunung Wijil Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Alam Klaten (Image Source: Instagram)
Terdapat sebuah bukit yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata. Pengunjung dapat naik ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Namun pengunjung harus berhati-hati karena trek menuju bukit berupa bebatuan yang cukup tajam.

Spot Foto 

Di sekitar wisata juga terdapat berbagai spot foto yang menarik. Biasanya pengunjung sering berfoto di area tembok besar yang bertuliskan "Gunung Wijil". Uniknya lagi tembok tersebut didesain dengan gaya yang menarik dengan kombinasi bebatuan.

Wisata Dekat Gunung Wijil

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan wisata klaten yang menawarkan konsep berfoto di bawah air. Jadi selain berfoto, pengunjung juga dapat berolahraga air seperti berenang, snorkeling, dan diving. Dengan luas 50 x 25 meter dan kedalaman 1 sampai 2 meter, wisatawan dapat bebas berenang sepuasnya. 

Alamat Umbul Ponggok berada di Jeblongan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang merupakan wisata kolam renang yang berada di Klaten. Disini, pengunjung dapat berenang bersama ikan-ikan yang berada di kolam air. Kolam ini juga memiliki air yang sangat bening dan menyegarkan karena berasal dari sumber mata air alami.

Alamat Umbul Sigedang berada di Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Berikut diatas artikel dari yanacircle.com tentang wisata gunung wijil klaten jawa tengah.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.