Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mempromosikan Tempat Wisata di Kulon Progo

Sebagai salah satu wisata yang cukup terkenal di Indonesia, Yogyakarta memiliki berbagai tempat wisata menarik, seperti wisata kuliner, wisata budaya, wisata instagramable, wisata sejarah, dan wisata alam. Tidak hanya berada di pusat kota saja, kamu bisa berkunjung ke Kulon Progo.

Kulon Progo tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang enak, tetapi juga terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sangat indah. Meski begitu, wisata di daerah Kulon Progo belum sepenuhnya optimal dalam mempromosikan wisatanya.

5 Cara Mempromosikan Tempat Wisata di Kulon Progo
Wisata Kulon Progo (Image Source: Pixabay.com)

Berikut ini adalah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan tempat wisata di Kulon Progo:

Cara Mempromosikan Wisata Kulon Progo

Memperbaiki Akeses Menuju Lokasi Wisata.

Salah satu faktor yang cukup penting dalam mengembangkan daerah wisata yaitu dengan membangun beberapa infrastruktur penunjang seperti jalan, fasilitas, dan transportasi.

Pembangunan 3 fasilitas itu akan sangat berkontribusi dalam mengembangkan sektor wisata, terutama pariwisata yang berada di daerah Kulon Progo.

Memilih Duta Wisata

Saat akses infrastruktur menuju lokasi wisata sudah dibangun dengan baik, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan agar menarik minat wisatawan yaitu dengan mempromosikan tempat pariwisata tersebut dengan duta wisata.

Duta wisata sendiri adalah wajah atau simbol ikonik daerah tersebut yang akan diwakilinya. Keberadaan duta wisata nantinya akan mempermudah dalam penyebaran informasi tentang daerah kepada masyarakat terutama di kalangan wisatawan.

Mengandeng Investor

Di Indonesia sendiri terutama di Kulon Progo, sektor pariwisata tidak akan berkembang cepat jika hanya mengandalkan pemerintah saja. Nah agar berjalan dengan lancar dan cepat, seharunsya pihak pengelola wisata bisa berdiskursi dengan pemerintah, dan investor swasta.

Namun yang harus diperhatikan sebelum melakukan kerjasama, pastikan kerjasama dapat menguntungkan wisata yang akan dikelola, jangan sampai malah timpag dan merugikan semua pihak terutama pihak pengelola wisata.

Investor harus dapat melakukan branding atau promosi agar wisata tersebut dapat memikat wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Membuat Website dan Media Sosial

Diera modern seperti sekarang ini, pengelola tempat wisata dapat mempromosikan tempat wisata dengan cepat menggunakan instagram atau website. Pengelola wisata sebaiknya mempunyai website yang berisikan tentang wisata yang akan dipromosikan dan sering update secara rutin.

Website sangat penting karena menjadi salah satu referensi wisatawan lokal maupun macanegara untuk memilih destinasi wisata. Bagi kamu yang ingin membuat website tentang wisata, bisa membeli domain atau hosting dengan harga yang terjangkau di domain niagahoster

Kesimpulan

Pariwisata daerah merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam membantu pembangunan di daerah itu sendiri. Selain itu, keberadaan wisata yang dikelola dengan baik akan mendapat citra dimata para wisatawan. Oleh sebab itu, promosi wisata sebagai alternatif yang bisa kamu coba.