Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umbul Jolotundo Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Umbul Jolotundo Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Klaten - Jatinom, Dusun I, Gedaren, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57481.

Umbul Jolotundo - Klaten merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Solo dan Yogyakarta. Kabupaten ini mendapat julukan sebagai " Kota Seribu Umbul". Hal itu tak lepas karena terdapat banyak umbul yang berada di kota ini. Terdapat kurang lebih sekitar 20 wisata umbul yang berada di Klaten, salah satunya yaitu Umbul Jolotundo.

Mungkin nama umbul yang satu ini masih asing ditelinga wisatawan tidak se-terkenal Umbul Ponggok atau Umbul Sigedang. Meski begitu, wisata ini menawarkan pesona keindahan umbul yang tidak kalah bagus dengan kedua umbul di atas.

Umbul Jolotundo Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Umbul Jolotundo di Klaten (Image Source: Instagram)

Umbul Jolotundo Klaten sendiri memiliki kolam yang sangat besar namun dibagi menjadi 3 bagian. Selain itu, air ditempat ini sangat jernih dan sangat menyegarkan. Di sektiar umbul juga terdapat pepohonan yang berukuran besar sehingga membuat suasana akan semakin asri dan rindang.

Baca Juga: Gunung Wijil Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Umbul Jolotundo

Alamat Umbul Jolotundo berada di Jl. Klaten - Jatinom No.7, Dusun I, Gedaren, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

Rute Menuju Umbul Jolotundo

Jalan menuju umbul jolotundo dari prambanan tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 20 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 35 menit. Sedangkan untuk rutenya kamu dapat menggunakan rute berikut ini.

Pertama, arahkan kendaraan menuju Jl. Raya Solo - Yogyakarta kemudian menuju Jl. Progo ke Jl. Merapi. Setelah itu ambil Jl. Klaten - Ngupit dan belok ke kanan maka kamu akan sampai di lokasi wisata. Wisatawan yang berasal dari luar daerah dapat menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan.
Baca Juga: Waterpark Galuh Tirtonirmolo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo

Wisatawan yang akan menikmati kesegaran air di Umbul Jolotundo akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah dan sangat terjangkau. Selain itu terdapat juga biaya tambahan untuk parkir kendaraan,

TIKET MASUK UMBUL JOLOTUNDO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 6.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Umbul Jolotundo Klaten buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam. 

Fasilitas Umbul Jolotundo

Tempat wisata klaten ini sudah di lengkap dengan fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Adapun fasilitas yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Kamar mand
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung kuliner

Daya Tarik Wisata Umbul

Sejarah Umbul Jolotundo Klaten

Umbul Jolotundo Klaten: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Klaten Terbaru (Image Source: Instagram)
Dibalik kesegaran air di tempat ini juga terdapat kisah yang cukup menarik. Dahulu ada seorang Kyai yang sedang mencari ikan dengan menggunakan jala. Secara tidak sengaja beliau menemukan mata air dan mandi di sumber mata air tersebut. Saat sedang berendam di mata air, sang kyai merasa lapar dan memberikan mata air tersebut menjadi umbul Jolotundo (Jala).

Terlepas dari cerita tersebut, memang umbul ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Apalagi jika kamu berendam saat siang hari. Tempat ini juga memiliki tiga kolam yang berbeda untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Kedalam Kolam

Umbul ini sebenarnya hanya memiliki satu kolam saja namun dibagi menjadi tiga bagian. Kolam yang pertama memiliki kedalaman 1 meter dan diperuntukan untuk anak-anak. Kemudian kolam yang kedua memiliki kedalam sekitar 1,5 meter. Kolam ini sangat cocok untuk orang dewasa.

Sedangkan untuk kolam yang ketiga memiliki ukuran yang lebih luas dengan kedalaman sekitar 2 meter. Ketiga kolam tersebut memiliki air yang bersumber dari mata air alami yang menyegarkan. Menurut ceritanya, air kolam tersebut berkhasiat dan dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Keberadaan Ikan

Terdapat hal unik yang akan pengunjung jumpai ketika mengunjungi destinasi wisata klaten ini, yaitu terdapat aneka ragam ikan yang berwarna-warni. Ikan disini juga sudah terbiasa dengan keberadaan pengunjung sehingga tidak menjauh saat didekati.

Ikan-ikan tersebut juga dipercaya sebagai penunggu umbul, oleh sebab itu pengunjung jangan pernah untuk mengambil ikan yang berada di kolam tersebut.

Wisata Dekat Umbul Jolotundo

Umbul Gedaren

Umbul Gedaren merupakan wisata alam klaten yang menawarkan kolam dengan sumber mata air alami yang sangat jernih dan sangat menyegarkan. Sumber mata air ini juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan irigasi sawah.

Alamat Umbul Gedaren berada di Gedaren, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah wisata klaten hits karena memiliki spot foto underwater selfie. Disini pengunjung dapat merasakan sensasi berenang bersama ikan yang cantik. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling maupun diving.

Alamat Umbul Ponggok berada di Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentnag wisata umbul jolotundo klaten jawa tengah. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.